Event,  Lifestyle

Uang Receh DonasiKu Alfamart Untuk Mereka

Sharing is caring!

Mbak, sisa Rp 200,- nya mau disumbangkan untuk program DonasiKu?

Begitulah saat kasir Alfamart memintaku untuk menyumbangkan uang kembalian dari pembelanjaan saya di minimarket tersebut.

Sumber : Alfamart

Apa itu Program DonasiKu

Saat kita berbelanja di minimarket Alfamart, kasir akan menawarkan kita untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan. Hal yang kita lakukan juga sangat sederhana yakni hanya mendonasikan uang sisa belanja atau uang kembalian. Program DonasiKu ini berjalan sesuai periode masing-masing. Artinya bisa saja kita tidak berpartisipasi di program sama. Kasir akan bertanya apakah kita bersedia mendonasikan uang kembalian dengan nominal dibawah Rp 500,- tersebut. 

Saat kita bersedia, kita bisa langsung menekan pilihan “Yes” yang terlihat di layar depan kasir. Jika keberatan, sebagai konsumen, kita berhak menekan pilihan “No” dan kasir akan mengembalikan sisa uang kembalian belanja tersebut.

Jika kita memperhatikan dengan seksama layar kasir, kita bisa melihat langsung program sosial yang sedang berjalan dalam program DonasiKu. Selama proses transaksi, sebagai konsumen kita juga berhak menanyakan lebih lanjut kepada kasir ke mana nantinya donasi yang kita sumbangkan tersebut  disalurkan.

Selain itu jumlah donasi juga tercantum dalam struk belanja. Jika tidak sesuai, sebagai konsumen kita berhak bertanya kepada kasir. Dan pastikan menerima struk belanja dan bukti DonasiKu tersebut.

Informasi penyaluran donasi yang tertera di toko

Penyaluran Program DonasiKu Alfamart

Banyak yang bertanya-tanya, kemana uang donasi tersebut disaluran. Seluruh uang receh donasi konsumen yang terkumpul dari Alfamart se-Indonesia digunakan untuk aksi kemanusiaan. Program DonasiKu ini telah disetujui Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sehingga laporan program donasi dari konsumen Alfamart dilakukan secara transparan.

Untuk memperoleh legalitas Alfamart secara berkala mengajukan permohonan izin penyelenggaraan pengumpulan sumbangan kepada Kantor Kementerian Sosial Republik Indonesia. Pasalnya izin ini harus selalu diperbaharui setiap periode penggalangan donasi. Jika mendapatkan persetujuan barulah Alfamart menerima SK Menteri Sosial RI yang berisi tata cara pengumpulan donasi,  wilayah pengumpulan donasi, periode program, yayasan penerima bantuan hingga kewajiban menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) selaku perusahaan ritel melaksanakan berbagai program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk kepedulian perusahaan. Selain CSR, Alfamart menjalankan program DonasiKU. Melalui program ini Alfamart mengajak seluruh konsumen ikut berpartisipasi membantu mereka yang membutuhkan selain melalui program corporate social responsibility (CSR) yang menggunakan dana perusahaan.

Penyaluran donasi kacamata bekerjasama dengan Lions Club untuk anak SD dan SMP Palembang

Penyaluran program DonasiKu ini dilakukan di seluruh Indonesia termasuk di Palembang. Seperti yang dilakukan beberapa waktu, Alfamart Branch Palembang bersama Yayasan Lions Club melakukan  penyaluran donasi kacamata untuk anak SD dan SMP Palembang.

Penyaluran donasi sepatu bekerjasama dengan Kick Andy Foundation di SD Empat Tunggal Palembang

Selain itu dilakukan juga Alfamart Branch Palembang bersama Kick Andy Foundation melakukan penyaluran donasi sepatu  di SD Empat Tunggal Palembang. Penyaluran sepatu sekolah di SD Empat Tunggal yang berlokasi tepi sungai Ogan Serikat, 15 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I Palembang (Komplek Bogenville OPI Jakabaring) langsung disambut bahagia oleh para murid sekolah ini.

Jembatan Alfamart: Jerambah Patah Sungai Kundur Kelurahan Mariana Kabupaten Banyuasin

Tidak hanya itu ada banyak lokasi CSR Alfamart Branch Palembang juga melakukan pembangunan Jembatan Alfamart. Sebelumnya jembatan ini dikenal sebagai “Jerambah Patah” (Jembatan Patah). Akhirnya warga Sungai Kundur Kelurahan Mariana Kabupaten Banyuasin bisa menikmati kemudahan akses karena jembatan ini sudah dibangun kembali.

Penyaluran Paket Aku Siap Sekolah, berupa tas, seragam sekolah dan ATK

Ada juga penyaluran paket aku siap sekolah, berupa tas, seragam sekolah dan ATK di SDN 127 Jl. Pramuka, Srijaya, Alang-Alang Lebar Palembang.

Untuk informasi lebih lengkap, publikasi penyaluran DonasiKu bisa langsung dicek  di website www.alfamartku.com, Twitter @alfamartku dan @donasi_ku, Facebook fanpage Alfamart Sahabat Indonesia dan berbagai media nasional.

Jika memiliki keluhan mengenai program DonasiKu, sampaikan melalui Call Center Sahabat Alfamart di nomor (021) 1500 959, SMS 0817 111 234 atau e-mail ke customercareho@sat.co.id.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar