Skip to toolbar

Belajar Lebih Bijak

Belajar Lebih Bijak

Belajar Lebih Bijak

Semua kesulitan sesungguhnya merupakan kesempatan bagi jiwa kita untuk tumbuh. Sayang, lebih banyak orang yang menganggap masalah sebagai sesuatu yang harus dihindari.

Mereka tak mampu melihat betapa mahalnya mutiara yang terkandung dalam setiap masalah. Allah SWT sangat mengetahui kemampuan kita masing-masing. Ia tak akan pernah memberikan suatu beban yang kita tak sanggup memikulnya.

Dan semua hal yang kita hadapi tersebut adalah bentuk pembelajaran bagi kehidupan kita agar mampu menjadi menjadi pribadi yang lebih bijak.

Hidup adalah anugerah, jalani dan nikmatilah, bersyukurlah dengan setiap hal yang kau dapatkan. Nikmatilah setiap saat dalam hidupmu, karena hidup hanya satu kali dan tidak akan terulang lagi

Dan Musa berkata: “Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. —- QS. Ibrahim:8.

Saya pun bertanya kepada pak Abu, “Pak, apa makna kebahagiaan bagi bapak?” .

“Kebahagiaan hanya akan dirasakan oleh orang yg memiliki sikap selalu bersyukur. Tanpa sikap tersebut, seseorang tidak akan pernah merasakan bahagia meski pun telah memiliki segalanya” jawab pak Abu.

Subhanallah, jawaban pak Abu sungguh menyentuh di hati. Dari lelaki sederhana itu, saya belajar tentang mengucap syukur.

Hanya sedikit orang yang ingat bagaimana keadaan hidup sebelumnya dan lebih sedikit lagi yang ingat terhadap siapa harus berterima kasih karena telah menyertai dan menopang bahkan di saat yang paling menyakitkan.

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” —QS. Ar-Rahman 38.

6 Comments

  1. perjalanan hidup seseorang terkadang tak selamanya indah…meski terjatuh ..berusaha untuk bangkit..itu lebih baik…daripada berputus asa…

  2. wow keren mbak! udah bikin buku..
    jadi pengen nulis juga -__-

    1. hayuk… nulis ya, mari kita berkarya dan menjadi abadi 😀

  3. chitra saputra says:

    klo kira2 sy mau belajar ato kursus tentang gizi kira2 bisa ato tidak?

  4. Ratna Silvi says:

    Ketika berlatih berjalan, seorang anak terkadang jatuh. Bahkan, pada awal mulai bisa jalan, berkali-kali jatuh. Tetapi, dengan jatuh itu si anak tertempa untuk mampu berjalan dengan tegap. Bahkan, akhirnya bisa lari dengan kencang. Itu perjalanan hidup hampir semua orang melalui. Jatuh selalu memberikan pelajaran berharga untuk menjalani masa depan yang lebih panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com