Panduan Wisata di Wat Arun Bangkok

Views: 47

Thailand terkenal dengan ribuan kuil Buddha yang memesona, salah satunya Wat Arun. Berikut panduan wisata di Wat Arun Bangkok.

Destinasi wisata di Bangkok ini menarik minat banyak pengunjung untuk datang.

Eksplore Keindahan Wat Arun, Kuil Ikonik Bangkok

Wat Arun dikenal sebagai Temple of Dawn. Salah satu ikon destinasi wisata Thailand yang menggambarkan keindahan arsitektur dan kekayaan budaya negara ini.

Kuil ini berdiri megah sejak abad ke-17 loh dan menawarkan pesona keindahan yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Wat Arun Bangkok

Sejarah Asal Usul Wat Arun

Nama “Wat Arun” berasal dari bahasa Thailand. Arti “Wat” sendiri adalah candi Buddha, dan “Arun” diambil dari nama dewa fajar dalam mitologi Hindu. Nama ini mencerminkan hubungan yang dalam antara budaya Thailand dengan warisan Hindu yang kaya.

Wat Arun telah berdiri sejak abad ke-17. Tapi puncak menara kuil yang menjulang tinggi baru dibangun pada abad ke-19. Restorasi yang dilakukan oleh berbagai raja Thailand selama berabad-abad mencerminkan pentingnya kuil ini dalam sejarah dan identitas negara.

Sebagai salah satu destinasi yang menakjubkan di Bangkok, Thailand. Wat Arun banyak dikunjungi oleh para pengunjung. Arsitekturnya yang megah dengan detail ukiran yang khas indah. Membuat Wat Arun memikat hati para pengunjung dari seluruh dunia.

Bangunan Wat Arun Bangkok

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Ikon wisata Thailand ini menawarkan pesona yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung saat datang ke kuil Buddha ini.

Berkeliling Menelusuri Keindahan Wat Arun

Para pengunjung bisa menelusuri keindahan Wat Arun dengan berkeliling kuil sembari belajar sejarah dan budaya. Pengunjung bisa didampingi oleh tour guide yang akan memandu mengeksplor keindahan arsitekturnya.

Kecantikan Arsitektur Wat Arun, Karya Seni Berharga

Ciri khas dari Wat Arun adalah menara utama setinggi 81 meter. Bangunan menara ini dikelilingi oleh menara-menara kecil yang indah. Kuil ini menggambarkan kemegahan dan keanggunan budaya Thailand.

Lukisan-lukisan mural yang menghiasi dinding kuil menambahkan nuansa mistis dan kecantikan yang tak terlupakan. Wat Arun menggambarkan arsitektur Thailand yang megah dan berwarna-warni.

Menara tengah kuil, yang dikenal sebagai prang, menjulang tinggi ke langit dengan dekorasi yang rumit dan ukiran yang memukau. Setiap detailnya dipenuhi dengan makna spiritual dan budaya yang dalam, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Menara Kuil Wat Arun

Pesona Budaya dan Spiritual

Selain jadi landmark di Bangkok yang sangat terkenal. Wat Arun adalah tempat suci bagi umat Buddha Thailand. Pengunjung dapat merasakan atmosfer spiritual yang khusyuk saat menjelajahi kompleks kuil ini.

Ada kuil di dekat pintu masuk tempat umat Buddha berdoa. Nuansa tenang dan pemandangan sungai Chao Phraya yang menakjubkan. Wat Arun memberikan pengalaman yang mempesona bagi para pengunjung yang mencari kedamaian dan refleksi.

Selain itu keindahan arsitektur yang mengagumkan dan atmosfer yang memikat, Wat Arun adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi siapa pun yang berkunjung ke Bangkok. Pesona dan keajaiban kuil ini yang telah menjadi salah satu ciri khas budaya dan spiritual Thailand.

Wat Arun Bangkok

Berfoto dengan Pakaian Tradisional Thailand

Salah satu hal yang banyak dilakukan wisatawan saat ke Wat Arun adalah menjadi Raja dan Ratu sehari dengan menggunakan pakaian tradisional Thailand.

Di Wat Arun, banyak tempat penyewaan pakaian tradisional yang indah yang menarik pengunjung untuk mengabadikan momen istimewa dalam baju khas Thailand.

Cara Sewa Pakaian Tradisional di Wat Arun

Proses sewa pakaian tradisional di Wat Arun sangat mudah. Cukup datang ke tempat penyewaan baju tradisional di sekitar kompleks kuil. Pilih baju sesuai ukuran dan gaya.

Biaya sewa bervariasi tergantung pada jenis, kualitas pakaian dan aksesoris yang di pilih. Biasanya, biaya sewa baju tradisional berkisar antara 100 hingga 500 Baht. Pastikan menawar dengan sopan ya.

Pakaian Tradisional Thailand

Tips Sewa Pakaian Tradisional di Wat Arun

1. Pilihlah Busana yang Nyaman

Pastikan untuk memilih pakaian tradisional yang nyaman dipakai, terutama jika Anda berencana untuk berjalan-jalan atau berfoto di sekitar kompleks kuil.

2. Abadikan kenangan

Gunakan kesempatan ini untuk mengabadikan momen istimewa Anda di Wat Arun. Berposelah dengan anggun di antara arsitektur yang megah atau di tepi Sungai Chao Phraya yang indah.

Belanja Oleh-Oleh Khas Thailand

Tidak lengkap jika pulang dari Wat Arun tanpa bawa oleh-oleh ya. Ada banyak toko oleh-oleh yang berjejer di sepanjang jalan menuju Wat Arun.

Beragam barang dijual mulai dari magnet kulkas, tas, aksesoris hingga pakaian.

Wat Arun Bangkok

Sunset di Wat Arun

Salah satu hal yang bisa dilakukan di Wat Arun adalah menikmati keindahan sunset dari kuil ini. Saat matahari mulai terbenam dan lampu-lampu mulai hidup. Suasananya menjadi begitu syahdu.

Apalagi jika menyusuri Sungai Chao Phraya dengan perahu. Keindahan suasana sunset begitu magis. Saya menyaksikan keindahan sunset dari atas kapal Meridian Cruise. Melihat Wat Arun yang merona diterpa matahari terbenam.

BTS Sky Train

Cara Menuju Wat Arun

Untuk menuju Wat Arun bisa langsung menggunakan taksi. Atau bisa juga dengan menggunakan BTS Train dan Express Boat.

Dan salah satu cara paling nyaman untuk menuju Wat Arun adalah dengan menggunakan transportasi umum di Bangkok. Jadi no tipu-tipu dari abang-abang taksi ya.

Naik BTS (Skytrain) menuju stasiun Saint Louis. Dari stasiun ini lalu berjalan menuju dermaga Saphorn. Lalu naik kapal ekspres Chao Phraya Express Boat yang mengarah ke arah Wat Arun. Harga tiket untuk satu kali perjalanan 30 Bath.

Setelah sampai di Dermaga 8 (Tha Tien Pier), lalu naik feri ke Wat Arun, yang terletak di sisi seberang sungai.

Tiket Masuk Wat Arun Bangkok

Harga Tiket Masuk dan Waktu Terbaik Berkunjung

1. Cara beli tiket masuk

Tiket masuk ke Wat Arun dapat dibeli langsung di lokasi. Biaya masuknya terjangkau yakni 100 Bath. Dan pengunjung langsung mendapatkan air mineral gratis.

Biasanya tidak ada antrian panjang untuk masuk. Namun, pastikan bawa uang tunai Thai Baht untuk membayar tiket masuk ini ya.

2. Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Kunjungi Wat Arun pada pagi hari untuk menghindari kerumunan pengunjung dan menikmati suasana yang lebih tenang.

Selain itu, sore hari juga jadi waktu yang baik untuk mengunjungi Wat Arun karena bisa menyaksikan matahari terbenam yang mempesona dari sisi seberang sungai.

Panduan Wisata di Wat Arun Bangkok

Tips untuk Pengunjung

1. Kenakan Pakaian yang Tepat

Karena Wat Arun adalah kuil Buddha yang suci, pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

2. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan

Pastikan untuk membawa topi, payung, kacamata hitam, dan sunscreen ya. Sebagai cara melindungi diri dari sinar matahari yang terik. Pasalnya meski baru jam 9 pagi, udara sudah terasa panas di sini.

3. Jaga Kebersihan

Selalu jaga kebersihan dan hargai lingkungan sekitar. Hindari membuang sampah sembarangan dan ikuti aturan-aturan yang berlaku di tempat suci ini.

Saat masuk kuil diharuskan untuk melepas alas kaki.

Wat Arun, dengan sejarahnya yang kaya dan arsitektur yang megah, adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang ingin merasakan keajaiban dan keindahan budaya Thailand.

Dari nama yang bermakna hingga kecantikan arsitekturnya, kuil ini memberikan pengalaman spiritual dan estetika yang tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Semoga panduan ini, bisa membantu kalian menikmati pengalaman yang tak terlupakan saat mengunjungi Wat Arun. Salah satu keajaiban arsitektur dan spiritual Bangkok yang paling mengesankan. Jelajahi keindahan dan pesona budaya Thailand yang kaya di sini.

Mau tahu lebih banyak tentang destinasi wisata di Bangkok baca disini ya

1 thought on “Panduan Wisata di Wat Arun Bangkok”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com