Wat Pho Kuil Buddha Berbaring Terbesar Yang Ikonik

Bagi yang sudah menjelajahi Grand Palace Bangkok, langsung saja melanjutkan perjalanan ke Wat Pho Kuil Buddha berbaring terbesar yang ikonik.

Mau mengeksplore Grand Palace baca disini ya.

Wat Pho Kuil dengan Patung Buddha Berbaring Terbesar

Wat Pho, atau Wat Phra Chetuphon, adalah salah satu kuil terbesar dan tertua di Bangkok, Thailand. Kuil ini terkenal dengan patung Buddha Berbaring sehingga disebut juga sebagai Kuil Buddha Berbaring (Temple of the Reclining Buddha).

Sehingga Wat Pho adalah salah satu destinasi wisata paling populer di kota ini. Wat Pho bukan hanya sekedar tempat wisata ya. Bagi sebagian orang terutama umat Buddha ya, tempat ini adalah sarana perjalanan spiritualitas mereka dan juga mengeksplor budaya Thailand.

Untuk yang suka dengan sejarah dan arsitektur, patung Buddha tidur, menjelajahi keindahan kuil, atau menikmati pijat tradisional Thailand, mengunjungi Wat Pho tentu memberikan pengalaman yang kaya dan tak terlupakan.

Wat Pho

Sejarah dan Keindahan Wat Pho

Wat Pho, juga dikenal sebagai Kuil Buddha Berbaring, adalah salah satu kuil paling ikonik dan bersejarah di Bangkok, Thailand. Terletak di pusat kota, Wat Pho terkenal dengan patung Buddha berbaringnya yang megah dan sekolah pijat tradisional Thailand. Kuil ini punya nama resmi Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn.

Sejarah Wat Pho

Wat Pho merupakan salah satu kuil tertua dan terbesar di Bangkok, didirikan pada abad ke-16. Pada akhir abad ke-18, Raja Rama I melakukan renovasi besar-besaran dan memperluas kuil ini, menjadikannya pusat pendidikan dan pelestarian budaya Thailand. Wat Pho menyimpan lebih dari 1.000 gambar Buddha, menjadikannya salah satu koleksi terbesar di Thailand.

Patung Buddha Berbaring

Daya tarik utama Wat Pho adalah patung Buddha Berbaring yang sangat besar. Patung ini memiliki panjang 46 meter dan tinggi 15 meter, dilapisi dengan emas. Patung ini menggambarkan Buddha dalam momen pencerahan terakhirnya sebelum mencapai Nirvana. Telapak kaki Buddha dihiasi dengan 108 lakshana atau tanda-tanda baik Buddha, yang diukir dengan indah.

Wat Pho Kuil Buddha berbaring

Menjelajahi Kompleks Kuil Wat Pho

Phra Ubosot (Ruang Ordinasi)

Ruang utama tempat berlangsungnya upacara keagamaan penting. Di sini terdapat gambar Buddha yang sangat dihormati, dikenal sebagai Phra Buddha Deva Patimakorn.

Chedi (Stupa)

Kompleks kuil ini memiliki lebih dari 90 chedi dengan berbagai ukuran, termasuk empat chedi besar yang didedikasikan untuk empat raja pertama dinasti Chakri. Struktur-struktur ini dihiasi dengan ubin warna-warni dan ukiran yang indah.

Patung Buddha

Sekolah Pijat Tradisional

Wat Pho juga dikenal sebagai pusat pendidikan publik pertama di Thailand dan menjadi tempat lahirnya pijat tradisional Thai. Sebagai pusat pelatihan medis dan pijat “Thai Massage”, menjadikannya unik di antara kuil-kuil lainnya di Thailand.

Pengunjung dapat menikmati pijat relaksasi atau mengikuti kursus singkat untuk mempelajari teknik-tekniknya. So, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pijat tradisional Thai di Wat Pho.

Karena kuil ini memiliki sekolah pijat yang terkenal, dan kalian bisa mendapatkan pijat yang profesional di sini. Tarifnya bervariasi tergantung durasi, biasanya mulai dari 260 Baht untuk sesi pijat kaki selama 30 menit.

Wat Pho

Mural dan Patung

Kuil ini dihiasi dengan mural yang menggambarkan berbagai aspek mitologi Thailand dan ajaran Buddha. Patung batu dan patung Cina menambah keindahan artistik kuil ini.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Untuk menghindari keramaian dan panas, sebaiknya kunjungi di pagi hari atau sore hari. Hari kerja biasanya lebih sepi dibandingkan akhir pekan.

Wat pho

Cara ke Wat Pho

Lokasi dan Transportasi

Wat Pho terletak di pusat Bangkok, terletak dekat dengan Grand Palace dan Wat Arun. Jadi kalian bisa eksplore kedua tempat itu juga ya.

Mau tahu panduan wisata ke Wat Arun Bangkok bisa di baca disini ya

Wat Pho sangat mudah diakses dengan transportasi umum ya, termasuk untuk kapal di sungai dan bus.

Wat Pho

Sehingga Wat Pho sangat mudah diakses dengan transportasi umum, termasuk kapal feri sungai dan bus.

Berikut ini beberapa cara untuk menuju Wat Pho:

1. BTS Skytrain dan kapal

Naik BTS Skytrain ke stasiun Saphan Taksin (S6), lalu lanjutkan dengan kapal ekspres Chao Phraya ke dermaga Tha Tien

2. Kapal

Naik kapal ekspres Chao Phraya dan turun di dermaga Tha Tien (No. 8). Dari sini, kalian hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk bisa sampai ke kuil Buddha ini.

3. Taksi atau Tuk-Tuk

Taksi dan tuk-tuk adalah pilihan yang nyaman kalau kalian berada di dekat pusat kota. Pastikan untuk nego tarif sebelum naik tuk-tuk ya. Dan bilang hanya untuk satu lokasi saja, kalau tidak kalian akan diajak keliling-keliling dan di minta bayaran yang besar.

Loket Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Wat Pho cukup terjangkau, yaitu 200 Baht per orang. Tiket ini sudah termasuk sebotol air mineral dan akses ke seluruh area kuil, termasuk patung Buddha berbaring. Anak-anak di bawah usia 120 cm biasanya dapat masuk gratis.

Saat masuk untuk melihar patung Buddha berbaring, pengunjung diharuskan melepas alas kaki dan bisa menyimpan di tas sepatu yang tersedia di depan pintu masuk.

Pengunjung Wat Pho

Tips Berkunjung ke Wat Pho

Pakaian yang Sopan

Ketika berkunjung ke Wat Pho, penting untuk mengenakan pakaian yang sopan. Karena merupakan tempat suci, pastikan bahu dan lutut tertutup. Jika tidak membawa pakaian yang sesuai, di pintu masuk tersedia layanan penyewaan sarung atau selendang sebagai kain penutup.

Pengunjung Wat Pho Kuil Buddha Berbaring

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Wat Pho buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.30. Untuk menghindari keramaian, sebaiknya datang pagi-pagi atau menjelang sore hari. Waktu pagi juga lebih nyaman karena suhu udara masih sejuk.

Fotografi

Fotografi diperbolehkan di sebagian besar area kuil, namun hargailah para umat Buddha yang sedang beribadah dan hindari penggunaan flash di dalam ruang utama.

Menghormati Tempat Ibadah

Selama di dalam kuil, selalu bersikap hormat dan tenang. Hindari berbicara dengan suara keras dan jangan duduk dengan posisi kaki menghadap patung Buddha, karena ini dianggap tidak sopan dalam budaya Thai.

Wat Pho

Ayo Kunjungi Wat Pho Sekarang

Wat Pho adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang berwisata ke Bangkok. Keindahan arsitektur, patung Buddha berbaring yang mengagumkan, dan suasana religius yang damai membuat kunjungan ke Wat Pho wajib masuk itinerary kalian ya jika ke Bangkok.

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan keajaiban Wat Pho. Rencanakan perjalanan ke Wat Pho dan nikmati keindahan serta keunikan yang ditawarkannya. Yuk baca pesona budaya Thailand yang autentik disini ya .

Related Posts

  • 56
    Eksplor Keindahan Grand Palace ThailandJika wisata di Bangkok, salah satu atraksi yang bisa dilakukan adalah eksplor keindahan Grand Palace. Bangunan ikonik Thailand ini adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dan kaya sejarah. Wisata…
    Tags: yang, dan, di, ini, untuk, dengan
  • 54
    Menjelajahi Wisata di India Dari Delhi ke Spiti ValleyMenjelajahi wisata di India dari New Delhi ke Spiti Valley bisa menjadi bucket list kalian ya.  Bagi yang ingin menikmati keindahan alam di India,  sekaligus menyelam budaya dan sejarah di…
    Tags: yang, dan, di, ini
  • 52
    Wisata di Agra Keindahan Sejarah Kota Taj MahalWisata di Agra, India menjadi daya tarik tersendiri. Dan wajib masuk dalam itinerary jika sedang wisata di India.  Agra terkenal dengan keajaiban arsitektur Taj Mahal, adalah salah satu destinasi wisata…
    Tags: yang, dan, di, untuk, dengan, ini
  • 52
    ASUS ROG Phone 8 Beyond GamingASUS ROG Phone semakin membuktikan reputasinya sebagai smartphone gaming terdepan di dunia. ROG Phone 8 resmi dirilis pada tahun 2024 dan akan menjadi pilihan utama bagi para gamer. Ponsel gaming…
    Tags: yang, dan, dengan, untuk, di
  • 50
    Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata DuniaPesona Sumatera Selatan memukau dunia  dengan kekayaan alam, budaya, sejarah, dan kuliner yang luar biasa. provinsi ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Pesona Sumatera Selatan Yang Memukau Sebagai salah…
    Tags: yang, di, dan, dengan, ini

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com