Lifestyle,  Palembang,  Travelling

Taman Pulau Cempaka TWKS Nan Instagramable

Sharing is caring!

Ada yang baru nih di Palembang, salah satu spot foto instagramable yang menggoda untuk langsung dikunjungi. Taman Pulau Cempaka yang berada didalam kawasan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang kini menjadi Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya sebagai salah satu tempat yang banyak diperbincangkan saat ini.

Selain sebagai salah satu alternatif menghabiskan waktu di akhir pekan. Pengunjung yang datang ke kawasan seluas 72 hektar ini tidak hanya bisa belajar sejarah dan melihat langsung peninggalan kerajaan Sriwijaya. Tapi para pengunjung bisa bercengkrama dan foto-foto di Taman Pulau Cempaka.

Apalagi di saat musim liburan seperti ini, ingin liburan tapi dana tidak ada, ya taman wisata ini bisa langsung dikunjungi. Pasalanya taman ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Palembang. Selain berada di dalam kota Palembang, pengunjung hanya perlu merogoh kocek 5 ribu saja untuk membayar tiket masuk. Taman Pulau Cempaka ini diresmikan langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, dan Kepala UPTD Taman WIsata Kerajaan Sriwijaya, Adi, pada Jum’at, 15 Desember 2017.

 

 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di taman tersebut. Pihak penggelola menyediakan gembok cinta seharga 25 ribu agar pengunjung bisa mengabadikan cinta mereka disini. Caranya cukup dengan memasang gembok cinta di kawat sling yang ada di sepanjang area taman Pulau Cempako. Setelah itu kunci gembok tersebut dibuang di danau yang ada di hadapan kita. 

Tidak hanya itu para pengunjung Pulau Cempaka juga bisa menikmati atraksi mengelilingi danau dengan menggunakan rakit bambu yang disediakan secara gratis. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan “pecicilan” (terlalu lincah diatas rakit) karena bisa-bisa tercebur didalam danau tersebut. 

Rakit ini sendiri hanya bisa menampung maksimal 4 orang, jika semuanya berukuran besar mungkin 2 orang hanya dalam satu rakit ya. Dan tips selanjutnya adalah lebih baik berdiri untuk menjaga keseimbangan dan tidak basah, pastikan untuk melepaskan alas kaki dan tidak membawa handphone juga ya.

Selain Pulau Cempaka, di Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya ini juga terdapat Pulau Nangka yang akan segera ditata agar lebih menarik. Kedua pulau tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang belum di gali. Karena belum mengetahui waktu penggalian kedua pulau tersebut, pihak pengelola menata kawasan tersebut agar bisa memberikan PAD bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. 

Selain itu ada juga infografik yang menarik untuk dibaca dan untuk foto-foto sehingga memberikan informasi menarik kepada masyarakat. Kawasan ini merupakan wisata edukatif bagi anak-anak muda karena menjadi salah satu cara belajar sejarah namun dengan cara kekinian.

Di pulau ini para pengunjung bisa ber-swa foto di spot-spot yang unik dan menarik yang ada di kawasan ini. Selain itu kesadaran pengunjung juga sangat dibutuhkan untuk bisa menjaga kebersihan dan segala fasilitas yang ada di kawasan Pulau Cempaka.

Selain itu udara di kawasan ini masih begitu segar, sehingga jangan lupa ajak teman, saudara dan keluarga serta pasangan ke Taman Pulau Cempaka ya. Tidak hanya bisa kembali fresh namun menambah wawasan tentang kebesaran Kerajaan Sriwijaya di masa lampau.

Lokasi Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya Palembang ini terletak di kawasan Karang Anyar, Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30139. Kawasan ini sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan umum seperti angkot jurusan Tangga Buntung-Gandus, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa bahkan dengan menggunakan taksi online dan ojek online.

Bagi yang membawa kendaraan sendiri, bisa menggunakan Google Maps.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar