Wisata di Agra Fort Benteng Bersejarah di India

Wisata di Agra Fort, salah satu benteng bersejarah paling terkenal di India, yang menawarkan keindahan arsitektur Mughal dan sejarah yang kaya.

Wisata di Agra memang begitu indah, selain tentunya berkunjung ke Taj Mahal. Jadi Agra Fort wajib dimasukkan ke dalam bucket list jika sudah berada di Agra ya.

Keindahan dan Sejarah Agra Fort

Agra Fort, juga dikenal sebagai Red Fort of Agra, adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di kota Agra, Uttar Pradesh, India.

Benteng ini merupakan salah satu contoh paling menakjubkan dari arsitektur Mughal dan menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa penting dalam sejarah India.

Mahakarya arsitektur Mughal yang megah, terletak di kota Agra, India. Dibangun pada abad ke-16 oleh Kaisar Akbar, benteng ini berfungsi sebagai istana kerajaan dan pusat kekuatan militer.

Agra Fort mencerminkan kejayaan dan kemegahan masa lalu dengan struktur batu pasir merah yang megah dan berbagai bangunan yang mempesona di dalamnya.

Wisata di Agra Fort

Sejarah Agra Fort

Agra Fort dibangun pada abad ke-16 oleh Kaisar Mughal, Akbar, antara tahun 1565 dan 1573. Benteng ini dibangun sebagai benteng militer dan juga tempat tinggal kerajaan.

Terbuat dari batu pasir merah, Agra Fort menampilkan perpaduan gaya arsitektur Islam dan Hindu yang dikenal dengan gaya Indo-Islam.

Selain Akbar, beberapa kaisar Mughal lainnya seperti Shah Jahan juga berkontribusi dalam pembangunan dan pemeliharaan benteng ini.

Arsitektur Agra Fort

Arsitektur Agra Fort

Arsitektur Agra Fort merupakan perpaduan yang menakjubkan dari gaya arsitektur Indo-Islam, yang menggabungkan elemen-elemen arsitektur India dengan pengaruh Islam. Benteng ini terbuat dari batu pasir merah, yang memberikan kesan megah dan kokoh. Banyak bangunan di dalam benteng dihiasi dengan marmer putih dan batu semi mulia, mencerminkan kekayaan dan seni tinggi pada masa itu.

Agra Fort memiliki dinding luar yang sangat tebal dan tinggi, dengan panjang sekitar 2,5 kilometer. Benteng ini memiliki dua gerbang utama yakni Gerbang Delhi dan Gerbang Amar Singh. Gerbang Delhi awalnya merupakan pintu masuk utama, namun sekarang Gerbang Amar Singh digunakan sebagai pintu masuk utama untuk wisatawan.

Benteng ini juga dilengkapi dengan parit yang lebar, menambah sistem pertahanan yang kuat. Desain keseluruhan benteng ini menunjukkan keahlian luar biasa dari para arsitek dan pengrajin Mughal, menjadikannya salah satu situs bersejarah paling mengesankan di India.

Agra Fort India

Apa Saja yang Ada di Agra Fort

Agra Fort, selain menjadi benteng yang kuat, juga merupakan rumah bagi banyak bangunan indah dan bersejarah yang menunjukkan kekayaan arsitektur dan budaya era Mughal. Berikut adalah beberapa bangunan utama di Agra Fort yang patut dijelajahi:

1. Diwan-i-Aam (Hall of Public Audience)

Diwan-i-Aam adalah ruang audiensi umum di mana kaisar Mughal, terutama Shah Jahan, bertemu dengan rakyatnya untuk mendengarkan keluhan dan permohonan mereka.

Ruangan ini dirancang dengan kolom-kolom besar dan atap yang megah, mencerminkan kekuasaan dan keagungan kaisar. Area ini dilengkapi dengan platform marmer yang tinggi di mana tahta kaisar ditempatkan, memberikan pandangan langsung ke arah kerumunan.

2. Diwan-i-Khas (Hall of Private Audience)

Diwan-i-Khas adalah ruang audiensi pribadi yang digunakan oleh kaisar untuk mengadakan pertemuan dengan tamu-tamu penting, pejabat tinggi, dan duta besar.

Dibangun dengan kemewahan yang luar biasa, Diwan-i-Khas dihiasi dengan karya seni yang indah dan detail arsitektur yang rumit, termasuk penggunaan marmer putih yang dipadukan dengan batu semi mulia, memberikan kesan elegan dan eksklusif.

3. Moti Masjid (Masjid Mutiara)

Moti Masjid, juga dikenal sebagai Masjid Mutiara, adalah sebuah masjid kecil yang terkenal karena arsitekturnya yang elegan dan keindahan marmer putihnya.

Dibangun oleh Shah Jahan, masjid ini memiliki tiga kubah yang terbuat dari marmer putih, menciptakan tampilan yang bersih dan suci. Interiornya sangat sederhana namun anggun, memberikan tempat yang tenang untuk beribadah.

Agra Fort India

4. Musamman Burj

Musamman Burj adalah menara oktagonal yang terletak di dalam Agra Fort dan terkenal karena pemandangan indah yang ditawarkannya, termasuk pemandangan Taj Mahal di kejauhan.

Dibangun oleh Shah Jahan, menara ini dihiasi dengan marmer dan batu semi mulia. Tempat ini juga dikenal sebagai lokasi di mana Shah Jahan ditahan oleh putranya, Aurangzeb, selama sisa hidupnya, memberikan sentuhan emosional dan sejarah pada tempat ini.

5. Shish Mahal (Istana Cermin)

Shish Mahal, atau Istana Cermin, adalah sebuah ruangan yang dinding dan langit-langitnya dihiasi dengan cermin-cermin kecil yang menciptakan efek visual yang menakjubkan.

Ketika cahaya lilin dipantulkan oleh cermin-cermin ini, ruangan tersebut tampak seperti dipenuhi dengan ribuan bintang berkelap-kelip. Shish Mahal merupakan contoh sempurna dari keahlian pengrajin Mughal dalam menciptakan dekorasi interior yang megah.

6. Jahangir’s Palace

Jahangir’s Palace adalah sebuah istana yang dibangun oleh Kaisar Akbar untuk putranya, Jahangir. Istana ini merupakan salah satu bangunan tertua di dalam Agra Fort dan menampilkan perpaduan gaya arsitektur Hindu dan Islam.

Istana Jahangir ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemewahan bagi penghuninya, dengan dekorasi yang indah dan halaman yang luas.

Shish Mahal

Panduan Wisata di Agra Fort

Agra Fort adalah salah satu destinasi wisata utama di Agra selain Taj Mahal. Wisatawan dari seluruh dunia datang untuk melihat keindahan dan merasakan sejarah yang terpancar dari setiap sudut benteng ini.

Dengan keindahan dan sejarahnya yang kaya, Agra Fort tidak hanya menjadi saksi bisu dari masa lalu tetapi juga menjadi simbol kebesaran dan keagungan dinasti Mughal.

Bagi para wisatawan dan pecinta sejarah, Agra Fort adalah tempat yang wajib dikunjungi untuk merasakan langsung kemegahan dan cerita yang tersembunyi di dalam setiap sudutnya.

Arsitektur Agra Fort India

Cara Menuju Agra Fort

Agra Fort dapat dijangkau dengan mudah dari berbagai kota besar di India. Kota Agra terhubung dengan baik melalui jalur udara, kereta api, dan jalan darat.

Bandara terdekat adalah Bandara Internasional Indira Gandhi di Delhi, yang berjarak sekitar 200 km dari Agra.

Dari Delhi, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan kereta api atau bus menuju Agra.

Tiket Masuk Agra Fort

Harga Tiket Masuk Agra Fort

Harga tiket masuk berbeda untuk wisatawan domestik dan internasional. Pastikan untuk memeriksa harga tiket terbaru sebelum berkunjung.

Berikut adalah harga tiket masuk Agra Fort per 2024:

  • Warga negara India: INR 50
  • Wisatawan mancanegara: INR 600
  • Anak-anak di bawah 15 tahun: Gratis

Tiket dapat dibeli langsung di lokasi atau secara online untuk menghindari antrian panjang.

Agra Fort

Tips Menikmati Wisata di Agra Fort

1. Waktu Kunjungan

Pagi atau sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Agra Fort untuk menghindari panasnya terik matahari. Selain itu untuk menghindari keramaian dan menikmati pemandangan yang lebih tenang, disarankan datang pagi-pagi sekali.

2. Kenakan Pakaian Nyaman

Mengingat luasnya area yang harus dijelajahi, pastikan untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Selain itu lebih baik untuk berkunjung di musim dingin antara Desember hingga Maret agar lebih nyaman.

3. Bawa Air Minum

Cuaca di Agra bisa sangat panas, jadi pastikan untuk membawa air minum agar tetap terhidrasi selama perjalanan.

Pengunjung Agra Fort

4. Jaga Kebersihan

Selalu buang sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan situs bersejarah ini.

5. Larangan Membawa Makanan

Pengunjung tidak bisa membawa makanan ke dalam Agra Fort. Para pengunjung harus memakan makanan yang dibawa sebelum masuk, atau makanan itu ditinggalkan di pintu masuk.

6. Gunakan Jasa Tour Guide

Pertimbangkan untuk menyewa jasa tour guide yang dapat memberikan informasi sejarah dan cerita menarik tentang setiap bangunan di Agra Fort.

7. Fotografi

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan arsitektur dan pemandangan indah dari Agra Fort.

Wisata di Agra Fort

Agra Fort adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika wisata di India. Keindahan arsitekturnya, sejarah yang kaya, dan pemandangan yang memukau menjadikannya tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi budaya dan warisan Mughal

Salah satu benteng bersejarah paling penting di India ini tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur tetapi juga menyimpan banyak cerita dari masa lalu.

Bagi para pecinta sejarah dan arsitektur, mengunjungi Agra Fort adalah pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, pastikan untuk menambahkan Agra Fort dalam daftar destinasi wisata kalian saat berkunjung ke India ya.

Untuk informasi lebih tentang tips dan panduan wisata terbaik kunjungi kategori Travelya. Selamat berwisata

Related Posts

  • 79
    Wisata di Agra Keindahan Sejarah Kota Taj MahalWisata di Agra, India menjadi daya tarik tersendiri. Dan wajib masuk dalam itinerary jika sedang wisata di India.  Agra terkenal dengan keajaiban arsitektur Taj Mahal, adalah salah satu destinasi wisata…
    Tags: yang, dan, agra, di, untuk, dari, dengan, ini
  • 69
    Menjelajahi Wisata di India Dari Delhi ke Spiti ValleyMenjelajahi wisata di India dari New Delhi ke Spiti Valley bisa menjadi bucket list kalian ya.  Bagi yang ingin menikmati keindahan alam di India,  sekaligus menyelam budaya dan sejarah di…
    Tags: yang, dan, di, adalah, ini
  • 66
    Cara Membuat Blog dari Nol, Panduan untuk PemulaMembuat blog dari nol juga begitu mudah. Hanya beberapa langkah saja tapi memang butuh sedikit usaha ya. Bagi yang suka menulis, tidak ada salahnya menyalurkan dengan menulis di blog. Tulisan…
    Tags: dan, yang, untuk, di, dengan, dari
  • 66
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama…
    Tags: yang, dan, di, untuk, dari, dengan
  • 66
    Eksplor Keindahan Grand Palace ThailandJika wisata di Bangkok, salah satu atraksi yang bisa dilakukan adalah eksplor keindahan Grand Palace. Bangunan ikonik Thailand ini adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dan kaya sejarah. Wisata…
    Tags: yang, dan, di, ini, untuk, dengan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com