Taj Mahal India

Visits: 50

Bagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis.

Apakah India masuk dalam daftar impian destinasi perjalanan kamu? Dari pemandangan epik Taj Mahal hingga keanekaragaman budaya yang memukau, India menawarkan pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi setiap pelancong. Namun, sebelum menyelami ke dalam keajaiban India, jangan lupa siapkan paspor, kamera, dan tentunya, visa. Bagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis.

Sebelum lanjut bahas jenis dan cara membuat visa India dengan mudah, yuk simak dulu kenapa sih harus ke India, apalagi banyak yang beranggapan kalau India tidak aman dan tidak bersih a.k.a jorok.

Taj Mahal India

Mengapa Harus Ke India?

1. Keanekaragaman Budaya
India, dengan lebih dari 1.3 miliar penduduknya, adalah rumah bagi beragam kebudayaan, bahasa, dan tradisi. Dari festival yang meriah hingga ritual keagamaan yang kaya, setiap sudut India menjanjikan kejutan budaya yang menakjubkan.

2. Keajaiban Arsitektur
Siapa yang bisa melewatkan Taj Mahal? Monumen ini yang megah, yang merupakan cinta abadi dari Kaisar Shah Jahan untuk istrinya, adalah salah satu keajaiban dunia yang tak terbantahkan. Namun, India juga dipenuhi dengan istana kuno, kuil yang megah, dan arsitektur kolonial yang memukau.

3. Kuliner yang Menggugah Selera
Dari masakan pedas di daerah Selatan hingga hidangan manis di Utara, kuliner India adalah surga bagi pencinta makanan. Jelajahi rasa-rasa baru, mulai dari masakan lokal hingga makanan jalanan yang lezat.

4. Sisi Alam yang Memukau
Dari Himalaya yang menawan hingga pantai yang menakjubkan di Goa, India menawarkan lanskap alam yang menakjubkan. Jelajahi keindahan alam yang beragam, termasuk taman nasional dan pegunungan yang menghanyutkan.

Suzan - Kerala Blog Express 7th

Kenapa Butuh Visa ke India

Sebelum mempersiapkan perjalanan, penting untuk mengetahui apakah kita memerlukan visa untuk masuk ke India. Kebijakan India bervariasi tergantung pada negara asal pengunjung. Mayoritas wisatawan memerlukan visa untuk memasuki India, kecuali mereka yang berasal dari negara-negara yang memenuhi syarat untuk program visa on arrival atau e-visa.

Berikut Jenis-Jenis Visa India

1. E-Visa India
E-Visa ini adalah opsi populer bagi banyak wisatawan. Ini memungkinkan Anda untuk mengajukan visa India secara online tanpa perlu mengunjungi konsulat atau kedutaan India di negara asal Anda. Mesai memiliki batasan tertentu, termasuk tujuan kunjungan dan durasi tinggal.

2. Visa Wisata
Diberikan kepada wisatawan yang berkunjung ke India untuk tujuan liburan, rekreasi, atau pertemuan keluarga. Visa ini biasanya memiliki masa berlaku tertentu dan memungkinkan tinggal sementara di negara tersebut.

3. Visa Bisnis
Diperuntukkan bagi individu yang melakukan perjalanan untuk kepentingan bisnis, seperti pertemuan, konferensi, atau negosiasi. Persyaratan visa bisnis biasanya termasuk surat undangan resmi dari perusahaan India atau mitra bisnis.

4. Visa Pelajar
Diberikan kepada siswa yang ingin mengejar pendidikan formal di India. Untuk mendapatkan visa pelajar, Anda perlu mendapatkan surat penerimaan dari institusi pendidikan yang diakui di India.

Cara Membuat E-Visa India

1. Kunjungi Situs Resmi
Buka situs resmi https://indianvisaonline.gov.in/evisa/tvoa.html dan pilih opsi “Apply e-Visa”.

2. Isi Formulir Aplikasi
Isi formulir aplikasi dengan informasi yang akurat dan lengkap, termasuk rincian paspor dan rencana perjalanan. Sebaiknya juga diisi penanggung jawab kita selama di India dan alamat hotel atau tempat kita tinggal di India.

Formulir e-visa India

3. Pilih Jenis Visa
Pilih jenis yang sesuai dengan tujuan perjalanan, seperti turis, bisnis, pendidikan atau medis. Bahkan untuk turis juga ada beberapa jenis kunjungan ya.

4. Pembayaran
Lakukan pembayaran menggunakan salah satu metode pembayaran yang disediakan. Bagi WNI itu gratis selama kunjungan 30 hari, jadi gak perlu khawatir ya.

5. Periksa dan Kirim
Periksa kembali informasi yang dimasukkan, lalu kirimkan aplikasi pengajuan e-visa.

6. Tunggu Persetujuan
Setelah mengajukan aplikasi, tunggu konfirmasi dan persetujuan dari pihak berwenang India. Biasanya, proses persetujuan memakan waktu beberapa hari. Nanti akan email konfirmasi yang berisi status aplikasi kita atau bisa langsung cek di website tersebut. Pengalaman saya untuk pertama kali saya menunggu 3 hari baru keluar, tapi untuk yang kedua cukup butuh 1 hari sudah keluar.

7. Unduh Dokumen dan Cetak
Jika aplikasi disetujui, unduh e-visa India dan cetak untuk referensi selama perjalanan. Karena saat akan terbang pisak maskapai akan menanyakan visa kita, begitupun saat di Imigrasi baik Indonesia maupun India. Masa berlaku e-visa ini berlaku sejak tanggal kedatangan dan biasanya hanya selama 28 hari saja.

Tips Membuat Visa India

1. Persiapkan Dokumen
Sebelum mengajukan e-visa, pastikan punya paspor yang berlaku dan dokumen pendukung lainnya seperti foto paspor dan detail perjalanan, tiket dan alamat hotel tau tempat tinggal termasuk nama, nomor telp dan alamat penangggung jawab.

2. Ajukan Secara Online
Proses pengajuan e-visa India dapat dilakukan secara online melalui situs resmi pemerintah India. Isi formulir dengan cermat dan lengkap, dan ikuti petunjuk dengan seksama.

3. Pilih Tipe Visa yang Tepat
India menawarkan beberapa jenis e-visa, termasuk untuk pariwisata, medis, dan bisnis. Pilih jenis visa yang sesuai dengan tujuan perjalanan.

4. Perhatikan Waktu Proses
Meskipun prosesnya cenderung cepat, disarankan untuk mengajukan permohonan beberapa minggu sebelum tanggal keberangkatan untuk menghindari stres dekat-dekat waktu perjalanan.

5. Periksa Informasi Penting
Pastikan periksa persyaratan dan informasi terbaru, termasuk biaya, durasi tinggal yang diizinkan, dan persyaratan lainnya.

Jangan biarkan proses menjadi hambatan untuk menjelajahi India yang menakjubkan. Dengan panduan ini, semoga kalian bisa menyiapkan perjalanan dengan percaya diri dan mulai merencanakan petualangan yang tak terlupakan di tanah yang dipenuhi dengan warna, rasa, dan kehidupan yang bersemangat.

Langkah pertama menuju India yang mempesona telah diambil, kita sudah siap untuk memulai petualangan ke negeri yang kaya budaya ini. Jadi, apakah kalian siap memulai petualangan India? Bersiaplah untuk memperoleh pengalaman yang luar biasa dan kenangan tak terlupakan di negeri yang dipenuhi warna dan kehidupan ini. Namaste, India! ūüáģūüá≥‚ú®

Related Posts

  • 62
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama alamnya yang memesona dan warisan budayanya yang kaya. Kalau kalian sedang mencari petualangan yang tak terlupakan, Thekkady adalah tempat yang…
    Tags: yang, dan, di, untuk
  • 56
    Lowongan Kerja Astra 2023 Telah Dibuka, Daftar SegeraJakarta, suzannita.com - Salah satu anak perusahaan PT. Astra International yang bergerak di bidang transportasi & logistik, yaitu PT Serasi Autoraya kembali membuka lowongan pekerjaan terbaru 2023. Tersedia peluang bekerja untuk lulusan mulai D3, hingga S1. Sekilas mengenai perusahaan, PT. Serasi Autoraya (SERA) saat ini telah dikenal luas sebagai salah…
    Tags: yang, dan, di, untuk
  • 54
    Indahnya Perkebunan Teh Munnar, Kerala, IndiaMunnar selalu menjadi simbol dari keindahan perkebunan teh. Perjalanan ke Munnar tidak akan lengkap tanpa menghirup aroma segar teh dari perkebunan teh yang indah ini. Munnar memang terkenal dengan perkebunan tehnya yang menakjubkan. Keindahannya telah menarik perhatian wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Dikenal karena perkebunan tehnya yang mengagumkan, Munnar adalah…
    Tags: yang, di, dan
  • 52
    Menjelajahi Pesona Pattaya: Parasailing & Water Sport MemikatWisata Pattaya, Thailand jadi daya tarik wisatawan datang. Siapa sih yang tak tergoda oleh keindahan Pantai Pattaya. Saya pun menikmati pesona pantai Pattaya yang tak terlupakan, mulai dari atraksi parasailing yang mendebarkan hingga snorkeling dan beragam watersport lainnya di Coral Island dan Sak Island yang memikat. Pattaya, dengan pantainya yang…
    Tags: yang, dan, di, untuk
  • 52
    Petualangan Seru di Periyar Tiger Reserve, Kerala, IndiaPeriyar Tiger Reserve adalah tempat yang sangat istimewa, disinilah petualangan bertemu dengan keindahan alam yang memukau. Perjalanan saya di 7th Kerala Blog Express berlanjut menikmati Periyar Tiger Reserve yang terletak di Thekkady, Kerala, India, Periyar Tiger Reserve atau Cagar Alam Harimau Periyar adalah surga bagi para pecinta alam dan hewan…
    Tags: yang, di, dan, untuk

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers