Traveling Aman di India

Kasus rudapaksa yang terjadi pada pasangan vlogger asal Spanyol, Vicente dan Fernanda oleh 7 pemuda di India, menjadi warning traveling aman di India.

Kasus pelecehan seksual di India, sangat tinggi bahkan terjadi di tempat umum yang ramai dengan lalu lalang orang. Bahkan saat kasus itu dilaporkan ke Polisi, jawabannya sungguh lucu, it’s common in here.


India Gates

Berdasarkan Catatan Kriminal Nasional, India pada tahun 2022, setiap harinya ada laporan 90 kasus pemerkosaan yang masuk ke kantor Polisi. Berkaca dari kasus Fernanda yang terjadi bersama pasangannya itu sangat menyedihkan, bayangkan sudah traveling bersama pasangan masih terjadi kasus tersebut.

Hal itulah yang membuat saya berpikir ulang untuk solo traveling ke India. Apalagi teman saya juga mengalami kasus pelecehan saat traveling di India. Seperti kita ketahui, India dengan kekayaan budaya dan keindahan alamnya, telah menjadi destinasi populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Taj Mahaal, india

Namun, bayang-bayang pelecehan seksual terhadap turis, terutama perempuan, telah menyebabkan keprihatinan yang mendalam dan meninggalkan bekas luka bagi korban-korban yang tak berdaya.

Tips Traveling Aman di India

Meskipun India menawarkan pengalaman budaya yang luar biasa, tetapi keamanan bagi wisatawan, terutama perempuan, harus menjadi prioritas utama.

Taj Mahal, Agra, India

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga keselamatan kita saat traveling di India:

1. Punya teman di India tempat kita bertanya atau partner perjalanan kita

Kalau ingin solo traveling ke India, pastikan kalian memiliki teman di India. Hal ini bisa membuat kita merasa aman, karena bisa jadi tempat kita bertanya atau bisa juga jadi partner perjalanan kita juga.

Selain itu mereka juga lebih mengenal daerah yang akan dituju, misal jika bukan ke kawasan wisata populer. Jadi sebaiknya jangan ujuk-ujuk datang tanpa riset lebih dahulu ya.

Bus Kullu

2. Pilih tour guide lokal

Untuk memudahkan traveling kita bisa memilih tour guide lokal yang akan membantu kita selama perjalanan kita.

Saat di India, saya menggunakan GetYourGuide, yang sudah bekerja sama dengan operator tour yang sudah terpercaya.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Membuat

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suzan Oktaria (@suzannita)

3. Pilihlah hotel atau penginapan yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam hal keamanan.

Untuk urusan hotel atau tempat menginap memang kembali ke budget ya, tapi jangan karena mau hemat budget jadi kita tidak memperhatikan keamanan.

Jika pun ingin tinggal di hostel pastikan sudah terpercaya dan mendapatkan rating dan review yang bagus.

Hyatt Regency Trivandrum

 

4. Hindari berjalan sendirian pada malam hari, terutama di daerah yang sepi dan tidak dikenal.

Terkadang kita merasa percaya diri dan aman berjalan sendirian di malam hari, tapi sebaiknya jangan lakukan ini di India. Apalagi di daerah yang sepi dan tidak dikenal, lebih baik mencegah hal yang tidak diinginkan.

Biasanya saat tiba di New Delhi atau kota lain di India larut malam, jadi sebaiknya langsung mencari transportasi yang aman.

 

Taxi New Delhi India

5. Gunakan transportasi resmi dan terpercaya seperti taksi yang memiliki lisensi atau transportasi umum yang resmi.

Di India ada banyak jenis transportasi, mulai dari pesawat, kereta api, bus, metro train, taxi dan online taxi seperti Ola dan Uber hingga tuk tuk.

Sebaiknya pilih yang punya lisensi seperti Ola atau Uber. Jika traveling ke kota lain di India dengan menggunakan bus malam, pastikan saat tiba di tujuan kita sudah memiliki transportasi seperti taxi yang akan mengantarkan kita ke hotel atau hostel tempat menginap.

Tuk Tuk India

 

6. Kenali lingkungan sekitar dan hindari tempat-tempat yang terasa tidak aman atau tidak nyaman.

Selalu perhatikan lingkungan sekitar kita dan hindari tempat-tempat yang terasa tidak aman atau tidak nyaman.

7. Perhatikan pakaian yang dikenakan

Kenali budaya dan norma sosial India terkait pakaian. Hindari pakaian yang terlalu terbuka atau menarik perhatian yang tidak diinginkan.

 

India Gates

8. Punya Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan kadang dianggap tidak penting, tapi ini akan sangat berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya miliki asuransi perjalanan atau asuransi yang bisa dipakai dimana saja.

9. Percayai insting kita kalau merasa gak nyaman dan aman langsung tinggalkan tempat itu.

Manfaatkan teknologi dengan menggunakan aplikasi keamanan atau pelaporan kejadian jika diperlukan.

Pedagang di India
Pelecehan seksual terhadap turis di India adalah masalah serius yang harus ditangani dengan tegas oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

Tentunya bagi yang ingin traveling aman di India, harus memperhatikan keamanan yang tepat dan tetap waspada.

Penting untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan diri sendiri selama berada di India. Ingatlah, keselamatan adalah prioritas utama saat menjelajahi destinasi manapun termasuk negeri yang indah ini.

Related Posts

  • 73
    Menjelajahi Wisata di India Dari Delhi ke Spiti ValleyMenjelajahi wisata di India dari New Delhi ke Spiti Valley bisa menjadi bucket list kalian ya.  Bagi yang ingin menikmati keindahan alam di India,  sekaligus menyelam budaya dan sejarah di…
    Tags: yang, dan, di, india
  • 69
    Panduan Lengkap Cara Membuat Visa IndiaBagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis. Apakah India masuk dalam daftar…
    Tags: india, yang, dan, di
  • 66
    India Gate Landmark Bersejarah di Jantung New DelhiIndia Gate New Delhi adalah ikon bersejarah di jantung ibukota India. India Gate bukan hanya sebuah monumen bersejarah, tetapi juga pusat kegiatan sosial dan budaya. So, masukkan India Gate ke…
    Tags: india, yang, dan, di
  • 64
    Catatan di Penghujung TahunCatatan di penghujung tahun sebuah renungan bagi diri sendiri. Selayaknya kita memang melakukan refleksi dan intropeksi diri tentang perjalanan hidup kita. Dalam satu tahun terakhir, 365 hari ada banyak hal…
    Tags: yang, di, dan, kita
  • 62
    Traveling on Budget, Ini Tips Jalan-Jalan HematTraveling on Budget, emang bisa, ya bisa dong. Kuncinya jalan-jalan hemat adalah semua tergantung dari pilihan kitatra, apakah akan berlibur saat musim liburan, tinggal di hotel, makan di restoran dan…
    Tags: yang, kita, dan, atau, traveling

3 thoughts on “Traveling Aman di India”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com