Periyar Lake di Periyar Tiger Reserve
ASIA,  India,  Kerala Blog Express 7th,  Tips,  Travel

Petualangan Seru di Periyar Tiger Reserve, Kerala, India

Visits: 67

Periyar Tiger Reserve adalah tempat yang sangat istimewa, disinilah petualangan bertemu dengan keindahan alam yang memukau. Perjalanan saya di 7th Kerala Blog Express berlanjut menikmati Periyar Tiger Reserve yang terletak di Thekkady, Kerala, India, Periyar Tiger Reserve atau Cagar Alam Harimau Periyar adalah surga bagi para pecinta alam dan hewan liar.

Sebelum menjelajah keindahan dari Periyar Tiger Reserve dan Periyar Lake, kami mendapatkan informasi tentang lanskap konservasi harimau terbesar di Kerala. PTR memiliki sejarah konservasi yang panjang sejak tahun 1934.

Presentasi tentang Periyar Tiger Reserve

Baca juga: Kerala Blog Express Unforgettable Journey

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suzan Oktaria (@suzannita)

Petualangan Seru di Periyar Tiger Reserve

Bagi kalian yang berencana berwisata ke Kerala, India, pastikan untuk menyertakan Periyar Tiger Reserve dalam itinerary perjalanan kalian ya. Apalagi jika kamu sedang mencari petualangan tak terlupakan dan ingin menyatu dengan keindahan alam serta keanekaragaman hayati, Periyar Tiger Reserve adalah tempat yang tepat.

Periyar Tiger Reserve yang merupakan salah satu kawasan konservasi harimau terbaik di India. Kawasan ini meliputi hutan tropis hijau, hingga padang rumput, dan perkebunan eukaliptus. Ada ribuan spesies tanaman berbunga yang tercatat ada disini begitupun dengan keanekaragaman faunanya.

Rusa di Periyar Tiger Reserve

Periyar Tiger Reserve adalah cerminan kekayaan alam dan upaya konservasi yang berkelanjutan. Dari hutan lebat hingga keharmonisan ekosistemnya, PTR tidak hanya menjadi rumah bagi harimau, tetapi juga menghadirkan keajaiban alam yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Program Ekowisata ini mengundang pengunjung untuk menjelajahi lebih dekat kawasan hutan konservasi yang menjadi rumah bagi beragam hewan dilindungi di India. Inilah satu-satunya cagar harimau, kita bisa melihat hewan dari dekat dari perahu. Mulai dări gajah, bison, rusa sambar, rusa barking, babi hutan, dan berbagai burung. Kalau cukup beruntung,  kita mungkin melihat harimau, macan tutul, beruang, saat trekking.

Ada banyak program wisata alam yang ditawarkan di Periyar Tiger Reserve, mulai dari Nature Walk, Green Walk, Bamboo Rafting, Periyar Tiger Trail, Border Hiking, hingga Boating di Periyar Lake. Setiap program memiliki daya tariknya sendiri dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Periyar Lake di Periyar Tiger Reserve

Eksplorasi Keindahan Alam Periyar Lake

Salah satu pengalaman tak terlupakan di Periyar Tiger Reserve adalah menikmati keindahan pagi di Danau Periyar, Thekkady, Kerala, India Selatan. Terletak di dalam kawasan Periyar Tiger Reserve, Periyar Lake adalah destinasi yang menakjubkan dan memukau bersama keindahan dan keunikan yang ditawarkannya.

Meskipun jarang melihat harimau dan gajah di tepi danau, namun keberadaan Periyar Lake memberikan warna tersendiri bagi pengalaman wisata kita. Suara auman harimau atau jejak kaki gajah yang terlihat menjadi kenangan tak terlupakan bagi para pengunjung.

Bison di Periyar Lake

Danau Periyar terletak di pusat Periyar National Park and Wildlife Sanctuary dengan luas area mencapai 10 mil persegi atau sekitar 26 kilometer persegi. Keindahan danau ini, suasana sejuknya, serta keberadaan hewan-hewan liar di sekitarnya membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini.

Danau Periyar, adalah salah satu daya tarik utama di Periyar Tiger Reserve. Di tengah gemerlap hutan hijau dan udara segar pegunungan, danau ini menawarkan panorama alam yang memikat. kita bisa merasakan kedamaian yang memenuhi jiwa sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan di sekelilingnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suzan Oktaria (@suzannita)

Petualangan di danau Periyar ini menjadi pengalaman tidak terlupakan saat membuka hari apalagi karena kita harus sudah berada di lokasi jam 6.30 pagi. Karena  kita harus mengambil kapal pertama pada pukul 7.30 waktu setempat.

Kita harus berjalan menuju dermaga kapal. Jadwal naik perahu di danau ini tersedia sepanjang hari, mulai dari pagi hingga sore hari, memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menikmati pesona alamnya.

Berikut adalah jadwal naik boat mereka Waktu Berperahu:

  • 7:30 hingga 9:00 pagi;
  • 9:30 hingga 11:00;
  • 11:15 sampai 12:45;
  • 13:45 sampai 15:15;
  • 15:30 sampai 17:00.

Dan itu semua worth it enough karena bisa menyaksikan langsung hewan-hewan yang ada di kawasan Periyar Tiger Reserve (Konservasi Harimau Periyar) dan merasakan segarnya oksigen yang mask ke dalam paru-paru,

Saya melihat langsung Rusa, Bison, Manggus dan burung-burung, sayang tidak bisa bertemu dengan Gajah dan Harimau nya ya. Untuk si Harimau memang tidak mudah ya karena jarang ke tepian danau, bahkan penampakan Harimau di tengah hutan itu bisa dihitung dengan jari, paling hanya suara auman nya saja yang terdengar atau jejak kakinya.

Lake Palace Periyar Lake

Warisan Maharaja – Lake Palace

Di tengah Periyar Lake, terdapat sebuah bangunan yang sangat istimewa, yaitu Lake Palace. Dahulu, bangunan ini adalah vila peristirahatan musim panas milik Maharaja Travancore

Kini, Lake Palace telah berubah menjadi hotel mewah dengan sepuluh kamar yang tersedia untuk para tamu yang ingin merasakan sensasi menginap di tengah-tengah keindahan alam. Kami singgah untuk minum teh di Lake Palace dan melihat langsung betapa indahnya kawasan ini. Pulau yang berada di tengah danau Periyar yang memesona.

Bayangkan, bisa bangun di pagi hari dengan pemandangan yang menakjubkan dari jendela kamar kita, dengan air dan hutan yang membentang luas di sekeliling kita. Selain bisa menyaksikan kawanan gajah bermain di tepi danau, kita juga bisa trekking melintasi hutan mencari jejak harimau. Pengalaman menginap di Lake Palace adalah sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Periyar Tiger Reserve

Harga Tiket Masuk dan Biaya Boat

Untuk masuk ke kawasan Periyar Tiger Reserve, kita perlu membeli tiket masuk. Harganya cukup terjangkau, dan kita dapat menikmati seluruh keindahan dan fasilitas yang ditawarkan di dalamnya. Untuk Indian citizen : 255 rupees dan Foreigner : 500 rupees.

Untuk menikmati pengalaman berperahu di Periyar Lake, kita juga perlu membayar biaya boat. Namun, jangan khawatir, biaya boatnya juga cukup terjangkau hanya 255 rupees untuk dewasa, 85 rupees untuk anak-anak dan sebanding dengan pengalaman yang akan di dapatkan.

Jangan lupa untuk memeriksa jadwal keberangkatan perahu dan booking terlebih dahulu agar  tidak ketinggalan kesempatan untuk menikmati keindahan danau ini.

Tiket Boat

Cara Menuju Periyar Tiger Reserve

Dari Kochi (Cochin)

1. Naik Bus:
–  Naik bus dari Kochi ke kota terdekat yaitu Kumily atau Thekkady.
– Perjalanan dengan bus dapat memakan waktu sekitar 4-5 jam tergantung pada kondisi lalu lintas dan rute yang diambil.
– Bus biasanya tersedia dari Terminal Bus Ernakulam di Kochi.
– Pastikan untuk memilih bus yang menuju ke Thekkady atau Kumily.

2. Naik Kereta:
– Alternatif lain adalah naik kereta api dari Kochi ke stasiun terdekat adalah Kottayam.
– Setelah sampai di stasiun kereta, kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau taksi ke Thekkady atau Kumily.

Dari Trivandrum

1. Naik Bus:
– Naik bus dari Trivandrum ke Thekkady atau Kumily
– Perjalanan dengan bus dari Trivandrum biasanya memakan waktu sekitar 6-7 jam tergantung pada rute dan kondisi lalu lintas.
– Cari bus yang menuju ke Thekkady atau Kumily dari Terminal Bus Trivandrum.

2. Naik Kereta:
– Naik kereta dari Trivandrum ke stasiun terdekat seperti Kottayam.
– Dari stasiun kereta, bisa melanjutkan perjalanan dengan bus atau taksi ke Thekkady atau Kumily.

Pastikan untuk memeriksa jadwal bus atau kereta api terbaru. Selain itu, selalu pastikan untuk memilih opsi transportasi yang sesuai dengan preferensi dan jadwal perjalanan kalian ya.

Periyar Lake

Tips untuk Menikmati Perjalanan

1. Siapkan Perlengkapan yang Tepat: Pastikan Anda membawa perlengkapan yang sesuai dengan kegiatan yang Anda rencanakan. Sepatu yang nyaman, pakaian yang cocok untuk cuaca, topi atau payung untuk melindungi dari matahari, dan botol air minum adalah beberapa hal yang perlu Anda bawa.

2. Pilih Program Wisata yang Sesuai: Periyar Tiger Reserve menawarkan beragam program wisata alam, mulai dari Nature Walk, Green Walk, hingga Bamboo Rafting. Pilihlah program yang sesuai dengan minat dan kemampuan fisik Anda.

3. Ikuti Petunjuk dari Pemandu Wisata: Saat menjalani kegiatan di Periyar Tiger Reserve, ikutilah petunjuk dari pemandu wisata. Mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang lingkungan dan hewan-hewan di sekitarnya, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman wisata dengan lebih aman dan menyenangkan.

4. Jaga Kebersihan Alam: Sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, jangan lupa untuk menjaga kebersihan alam. Bawa pulang sampah-sampah Anda dan hindari merusak lingkungan sekitar.

5. Nikmati Setiap Momen: Jangan terburu-buru saat menjelajahi keindahan alam Periyar Tiger Reserve. Nikmatilah setiap momen, lepaskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari, dan biarkan diri kita terpesona oleh pesona alam yang memukau.

Periyar Tiger Reserve menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pengunjung yang mencintai alam dan petualangan. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan destinasi ini sebagai tujuan liburan berikutnya!

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menuju Periyar Tiger Reserve, kalian dapat mengunjungi situs web resmi Kerala Tourism atau bertanya kepada asisten virtual perjalanan Maya untuk panduan yang lebih rinci. 

Segera rencanakan perjalanan dan nikmati keindahan alam Kerala di Periyar Tiger Reserve. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk merasakan pengalaman yang begitu berharga ini!

Related Posts

  • 65
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama alamnya yang memesona dan warisan budayanya yang kaya. Kalau kalian sedang mencari petualangan yang tak terlupakan, Thekkady adalah tempat yang…
    Tags: yang, dan, di, untuk, dari, dengan
  • 62
    Menjelajahi Pesona Pattaya: Parasailing & Water Sport MemikatWisata Pattaya, Thailand jadi daya tarik wisatawan datang. Siapa sih yang tak tergoda oleh keindahan Pantai Pattaya. Saya pun menikmati pesona pantai Pattaya yang tak terlupakan, mulai dari atraksi parasailing yang mendebarkan hingga snorkeling dan beragam watersport lainnya di Coral Island dan Sak Island yang memikat. Pattaya, dengan pantainya yang…
    Tags: yang, dan, di, dengan, atau, untuk, dari
  • 58
    BRI 128 Tahun : Transformasi Masa Depan DigitalBank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) 128 tahun telah menjadi bagian sejarah tak terpisahkan dari bangsa Indonesia dalam perkembangan ekonomi dan keuangan negeri ini. BRI berdiri pada tahun 1895 di masa kolonial Belanda dari nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden (BHS) lalu berubah menjadi Bank Pegawai Priangan…
    Tags: yang, dengan, untuk, dan, di, dari
  • 54
    Traveling on Budget, Ini Tips Jalan-Jalan HematTraveling on Budget, emang bisa, ya bisa dong. Kuncinya jalan-jalan hemat adalah semua tergantung dari pilihan kitatra, apakah akan berlibur saat musim liburan, tinggal di hotel, makan di restoran dan pilihan transportasi yang digunakan selama di perjalanan. Buat yang budgetnya terbatas atau yang bijak mengatur keuangan, tentunya akan lebih memilih…
    Tags: yang, kita, dan, untuk, atau
  • 52
    Panduan Lengkap Cara Membuat Visa IndiaBagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis. Apakah India masuk dalam daftar impian destinasi perjalanan kamu? Dari pemandangan epik Taj Mahal hingga keanekaragaman budaya yang memukau, India menawarkan pengalaman yang tidak akan…
    Tags: yang, dan, untuk, di

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com