Wisata di Pulga Surga Tersembunyi di Pegunungan Himalaya

Wisata di Pulga, sebuah desa di Lembah pegunungan Himalaya memiliki daya tarik tersendiri. Karena pesona keindahan alam yang menawarkan pengalaman trekking, dan mengenal budaya lokal yang menakjubkan.

Pulga memang tidak populer seperti Manali atau Khasmir bagi yang wisata di India.

Wisata di Pulga

Wisata di Pulga Pesona Pegunungan Himalaya

Pulga adalah sebuah desa kecil yang terletak di Parvati Valley, Kasol, Himachal Pradesh. Destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam, budaya unik, dan ketenangan yang jarang ditemukan di tempat lain.

Dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat, perkebunan apel, pegunungan Himalaya yang menjulang tinggi dan air terjun.

Pulga adalah tempat yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan. Tempat yang ideal bagi para pencinta alam dan petualangan. Sudah siap menjelajahi pesona wisata di Pulga.

Pegunungan Himalaya di Pulga

Keindahan Alam Pulga

Pulga terkenal karena pemandangannya yang luar biasa indah. Desa ini dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau dan lembah yang subur, memberikan suasana yang sejuk dan menyegarkan.

Pemandangan pegunungan yang megah dan sungai yang mengalir deras menambah daya tarik desa ini. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam Pulga melalui berbagai aktivitas seperti trekking, berkemah, dan bersepeda.

Wisata di Pulga, Himalaya

Rumah Tradisional di Pulga

Salah satu daya tarik utama mengunjungi Pulga adalah menginap di rumah kayu tradisional milik warga setempat.

Rumah-rumah ini menawarkan pengalaman yang autentik dan nyaman, dengan pemandangan indah dari balkon dan kehangatan dari arsitektur kayu mereka.

Trekking di Pulga

Budaya Lokal dan Penginapan

Pulga tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga budaya lokal yang kaya. Desa ini dihuni oleh komunitas yang ramah dan hangat.

Wisatawan dapat berinteraksi dengan penduduk setempat dan belajar tentang tradisi dan kehidupan sehari-hari mereka.

Selain itu, Pulga menawarkan berbagai pilihan penginapan, mulai dari guest house yang nyaman hingga homestay yang memberikan pengalaman tinggal bersama keluarga lokal.

Sekolah di Desa Pulga

Fakta Menarik tentang Pulga

1. Anak-anak Pulga Mahir Menggunakan Hula Hoop

Hampir setiap anak di Pulga bisa menggunakan hula hoop dengan mahir. Ini adalah pemandangan yang menyenangkan melihat anak-anak bermain dengan gembira.

2. Transportasi Bahan Pokok dengan Kereta Gantung

Untuk urusan membawa bahan pokok dan lainnya di Pulga diangkut melalui kereta gantung dari Barshaini. Inovasi yang membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari penduduk.

3. Sejarah dan Budaya yang Kaya

Pulga memiliki sejarah yang kaya sejak abad ke-16 dan dianggap sebagai tempat tinggal dewa Shiva dan dewi Parvati.

Penduduk Desa Pulga

Eksplor Wisata di Pulga

Pulga adalah permata tersembunyi di Pegunungan Himalaya yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan berbagai aktivitas menarik.

Desa ini adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan merasakan kedamaian alam.

Berikut adalah beberapa tempat wisata dan aktivitas yang bisa dilakukan di Pulga untuk menjadikan perjalanan tak terlupakan.

Pegunungan Himalaya

Tempat Wisata di Pulga

1. Hutan Pinus Pulga

Hutan pinus yang lebat di sekitar Pulga menawarkan pemandangan yang menenangkan dan udara yang sejuk. Tempat ini ideal untuk berjalan-jalan santai, bersepeda, atau sekadar menikmati keindahan alam.

2. Parvati Valley

Lembah yang subur ini menawarkan pemandangan yang indah dengan sungai yang mengalir deras dan pegunungan yang menjulang tinggi. Tempat ini sangat cocok untuk piknik dan fotografi alam.

3. Air Terjun Pulga

Kunjungi air terjun yang menakjubkan di sekitar desa untuk menikmati suara gemericik air dan udara segar. Ini adalah tempat yang sempurna untuk relaksasi dan menikmati keindahan alam.

Salah satunya adalah elephant trunk waterfall. Air terjun ini berbentuk belalai gajah.

4. Kuil Lokal

Desa Pulga memiliki beberapa kuil lokal yang menarik untuk dikunjungi. Ini memberikan wawasan tentang budaya dan kepercayaan lokal, serta menawarkan tempat yang tenang untuk refleksi diri.

Elephant trunk waterfall

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulga

1. Trekking dan Hiking

Pulga adalah surga bagi para pecinta trekking. Daya tarik utama Pulga adalah jalur trekkingnya yang menantang namun memuaskan.

Jalur trekking di Pulga menawarkan pemandangan yang menakjubkan, termasuk Parvati Valley yang indah dan hutan pinus yang menawan.

Trekking ke desa-desa tetangga seperti Kalga dan Tosh juga sangat direkomendasikan untuk pengalaman yang lebih mendalam tentang kehidupan di pegunungan Himalaya.

2. Berkemah

Nikmati malam di bawah bintang-bintang dengan berkemah di sekitar Pulga. Lokasi berkemah menawarkan pemandangan yang indah dan pengalaman yang mendekatkan dengan alam.

3. Interaksi dengan Penduduk Lokal

Berinteraksi dengan penduduk lokal Pulga memberikan wawasan tentang kehidupan dan budaya mereka. Anda bisa belajar tentang tradisi lokal, menikmati masakan khas, dan merasakan keramahan penduduk setempat.

4. Meditasi dan Yoga

Dengan suasana yang tenang dan damai, Pulga adalah tempat yang ideal untuk meditasi dan yoga. Banyak wisatawan datang ke sini untuk mencari ketenangan dan meningkatkan kesehatan mental serta fisik mereka.

5. Memetik Apel

Selama musim panen dari Agustus hingga Oktober, kita bisa mengunjungi perkebunan apel dan memetik apel segar langsung dari pohonnya.

Pemilik perkebunan biasanya ramah dan bersedia menjual apel segar dengan harga yang terjangkau.

6. Mencoba Susu Nutella

Pulga terkenal dengan minuman susu Nutella yang lezat dan adiktif. Minuman ini bisa ditemukan di hampir setiap kafe dan rumah penginapan di Pulga.

7. Bersantai di Kafe Hippie

Pulga adalah hotspot bagi backpacker yang mencari suasana santai dan musik. Kafe seperti Fairy Forest Cafe, Boom Shankar Cafe, dan Shiva Shakti Cafe menawarkan makanan dan minuman yang beragam dengan suasana yang cozy.
Rumah di Desa Pulga

Tips Berwisata ke Pulga

1. Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Pulga adalah destinasi yang bisa dikunjungi sepanjang tahun, namun waktu terbaik tergantung preferensi masing-masing ya. Jika ingin menikmati bunga bermekaran dan buah-buahan segar bisa datang di musim semi (Maret-Mei).

Berkunjung saat musim Panas (Juni-Agustus) kita bisa menikmati udara dingin dan pemandangan hijau dengan hujan sesekali.

Musim Gugur (September-November) adalah saat tepat musim panen apel dengan dedaunan berwarna-warni. Sementara di musim Dingin (Desember-Februari) bisa menikmati pengalaman bermain salju dan olahraga musim dingin seperti ski dan snowboarding.

2. Perlengkapan

Bawa pakaian hangat, sepatu trekking, dan perlengkapan berkemah yang memadai. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Pulga.

3. Persiapan Fisik

Trekking di Pulga bisa cukup menantang, jadi pastikan kita dalam kondisi fisik yang baik. Lakukan pemanasan dan persiapan sebelum memulai trekking.

4. Perizinan

Pastikan memiliki izin yang diperlukan untuk trekking dan berkemah di daerah tersebut. Ikuti semua peraturan setempat untuk menjaga kelestarian alam dan budaya.

Old Trafford Pulga

Cara Menuju Pulga

Pulga dapat dicapai melalui jalur darat dari kota-kota besar seperti Delhi dan Chandigarh. Pulga terletak sekitar 3 km dari Barshaini, titik terakhir yang bisa dicapai dengan kendaraan di Parvati Valley.

Untuk mencapai Barshaini, bisa menggunakan bus, kereta, pesawat, atau mobil dari Delhi, Chandigarh, atau kota besar lainnya.

Bandara terdekat adalah Bandara Bhuntar, yang berjarak sekitar 50 km dari Barshaini. Stasiun kereta terdekat adalah Stasiun Kereta Joginder Nagar, sekitar 125 km dari Barshaini.

Dari Barshaini, harus berjalan kaki menuju Pulga, yang memakan waktu sekitar satu jam. Perjalanan ini sendiri menawarkan pemandangan yang luar biasa, menjadikan perjalanan ke Pulga sebagai bagian dari petualangan.

Trekking di Pulga

Siap Menikmati Wisata di Pulga

Sudah siap untuk petualangan yang tak terlupakan. Yuk rencanakan perjalanan ke Pulga sekarang. Nikmati keindahan alam, budaya lokal, dan berbagai aktivitas seru di desa tersembunyi ini. Jadikan liburan penuh dengan pengalaman tak terlupakan di Pulga.

Semoga panduan ini bisa menginspirasi untuk menjelajahi keindahan dan mengeksplor aktivitas menarik yang ditawarkan Pulga. Selamat berpetualang dan menikmati segala pesona yang ada di Pulga ya.

Untuk informasi lebih banyak tentang destinasi wisata, info perjalanan dan tips kunjungi kategori Travel ya.

Related Posts

  • 79
    Wisata di Manali Surga di HimalayaWisata di Manali, destinasi wisata populer di Himalaya menjadi tujuan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ada banyak atraksi wisata menarik di Manali dengan beragam aktivitas seru. Dan tentunya membuat…
    Tags: yang, dan, di, untuk
  • 74
    Cara Membuat Blog dari Nol, Panduan untuk PemulaMembuat blog dari nol juga begitu mudah. Hanya beberapa langkah saja tapi memang butuh sedikit usaha ya. Bagi yang suka menulis, tidak ada salahnya menyalurkan dengan menulis di blog. Tulisan…
    Tags: dan, yang, untuk, di
  • 73
    Olahraga Canoeing Aktivitas Wisata SeruOlahraga canoeing menjadi aktivitas wisata yang seru dan asyik dilakukan. Canoeing atau berkano adalah salah satu olahraga air yang menyenangkan dan menawarkan petualangan seru di alam terbuka. Baik di danau,…
    Tags: yang, dan, di, untuk
  • 73
    Wisata di Bali Menjelajahi Surga Tropis IndonesiaWisata di Bali menjadi magnet untuk orang datang menikmati keindahan surga tropis yang memukau di Indonesia. Mulai dari pantai eksotis hingga pura yang menakjubkan, memberikan pengalaman liburan tak terlupakan di…
    Tags: di, yang, dan, untuk
  • 72
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama…
    Tags: yang, dan, di, untuk

6 thoughts on “Wisata di Pulga Surga Tersembunyi di Pegunungan Himalaya”

  1. Wah kayaknya kalau kesana maret mei indah banget yaa.. Hawanya juga ga panas2 banget.. Adeeem.. Atau liat salju sekalian des – februari.. Xixixi…

    Reply
  2. Seru tentunya perjalanannya kak.
    Apalagi berjalan kaki lumayan juga itu sampai 1 jam. Namun melihat pemandangan alam sekitar dan hutan pinus jadinya terbayar ya

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com