Wisata di Agra Keindahan Sejarah Kota Taj Mahal

Wisata di Agra, India menjadi daya tarik tersendiri. Dan wajib masuk dalam itinerary jika sedang wisata di India. Agra terkenal dengan keajaiban arsitektur Taj Mahal, adalah salah satu destinasi wisata paling populer di India.

Kota ini menawarkan berbagai atraksi bersejarah, keindahan alam, serta kuliner khas yang menggugah selera.

Wisata di Agra Taj Mahal India

Pesona Agra Keindahan Sejarah di Kota Taj Mahal

Agra, sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Yamuna di negara bagian Uttar Pradesh, India, dikenal sebagai rumah dari salah satu keajaiban dunia, Taj Mahal. Kota ini menawarkan perpaduan sempurna antara keindahan sejarah dan daya tarik wisata modern.

Sejarah Agra

Agra memiliki sejarah yang kaya dan kompleks yang melibatkan berbagai dinasti dan kekaisaran. Kota ini pertama kali disebutkan dalam epik Mahabharata sebagai Agravana. Namun, Agra baru mencapai puncak kejayaannya di bawah Kekaisaran Mughal.

Pada abad ke-16, Kaisar Mughal Akbar menjadikan Agra sebagai ibu kota kerajaannya dan membangun berbagai monumen megah, termasuk Benteng Agra dan Fatehpur Sikri.

Kaisar Shah Jahan, cucu Akbar, mendirikan Taj Mahal sebagai tanda cinta untuk istrinya Mumtaz Mahal, yang menjadi ikon global keindahan dan arsitektur Mughal.

Taj Mahal India

Wisata di Agra

1. Taj Mahal

Taj Mahal adalah ikon utama Agra dan wajib dikunjungi. Salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia ini adalah mausoleum megah yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal.

Struktur marmer putih yang indah, taman yang luas, dan detail arsitektur yang memukau.

Kunjungi saat pagi hari untuk menghindari keramaian dan bisa menikmati matahari terbit yang indah. Selain itu pesan tiket secara online untuk menghindari antrian panjang.

2. Agra Fort

Benteng besar dari batu pasir merah ini merupakan bekas kediaman para kaisar Mughal. Agra Fort adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Benteng megah yang dibangun oleh Akbar, menawarkan pemandangan sejarah yang kaya dan arsitektur yang mengesankan.

Benteng besar yang berfungsi sebagai kediaman utama Kaisar Mughal hingga tahun 1638.

Luangkan waktu untuk menjelajahi berbagai istana di dalamnya, seperti Jahangir Mahal dan Khas Mahal. Jelajahi istana, aula, dan taman di dalamnya.

3. Fatehpur Sikri

Kota yang dibangun oleh Kaisar Akbar sebagai ibu kota baru, namun ditinggalkan setelah beberapa tahun. Meski sekarang menjadi kota hantu, bangunan-bangunan di Fatehpur Sikri tetap memukau dengan arsitektur Mughal yang menakjubkan.

Jangan lewatkan Buland Darwaza, gerbang terbesar di dunia. Selain itu disini juga terdapat Jama Masjid dan Panch Mahal.

4. Tomb of Itimad-ud-Daulah

Sering disebut sebagai “Baby Taj”, mausoleum ini merupakan pendahulu arsitektur Taj Mahal. Sayangnya permata arsitektur ini sering terlewatkan oleh wisatawan.

Makam ini adalah contoh awal arsitektur Mughal dengan penggunaan marmer putih dan inlay work.

Desain arsitektur yang indah dengan marmer putih dan inlay karya seni yang detail.

Kunjungi saat sore hari untuk melihat pantulan cahaya matahari di marmernya yang halus.

5. Mehtab Bagh

Taman ini terletak di seberang sungai Yamuna dan menawarkan pemandangan Taj Mahal yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam.

Tempat ini adalah spot foto yang ideal untuk melihat secara langsung keindahan Taj Mahal saat matahari terbenam.

Agra Fort

Hal Unik di Agra

1. Kerajinan Marmer

Agra terkenal dengan kerajinan tangan dari marmer. Banyak toko yang menjual berbagai barang dari marmer dengan inlay work yang indah.

Kunjungi toko kerajinan lokal untuk membeli suvenir khas Agra.

2. Kuliner Lokal

Cicipi petha (manisan yang terbuat dari labu) dan Dal Moth (cemilan gurih) yang menjadi makanan khas Agra.

Makan di restoran lokal untuk menikmati rasa autentik.

3. Pertunjukan Kalakriti

Pertunjukan teater musikal yang menceritakan kisah cinta Shah Jahan dan Mumtaz Mahal.

Beli tiket sebelumnya karena pertunjukan ini sangat populer. Pesan tiket secara online karena banyak atraksi wisata di Agra memungkinkan pemesanan tiket secara online.

Agra Fort

Panduan Wisata di Agra

Agra, kota yang terkenal dengan keajaiban arsitektur dunia, Taj Mahal, menawarkan lebih dari sekadar monumen megah. Dalam satu hari, kita dapat menikmati berbagai destinasi wisata di Agra.

Kota ini menawarkan berbagai atraksi wisata, keindahan alam, pengalaman yang luar biasa serta kuliner khas yang menggugah selera.

Berikut panduan lengkap untuk menikmati Agra dalam sehari.

Cara Menuju Agra

Agra terletak sekitar 230 km dari Delhi, ibu kota India. Ada beberapa cara untuk mencapai Agra:

1. Kereta Api

Kereta api adalah pilihan cepat dan nyaman dari Delhi ke Agra. Perjalanan memakan waktu sekitar 2-3 jam.

Shatabdi Express: Salah satu cara tercepat dari New Delhi ke Agra. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.

Gatimaan Express: Kereta api tercepat di India, memakan waktu sekitar 100 menit dari New Delhi ke Agra.

2. Bus

Bus antar kota juga tersedia dengan berbagai kelas. Ada banyak pilihan bus dari New Delhi dan kota-kota lain di India menuju Agra.

Pilihlah bus AC untuk perjalanan yang lebih nyaman. Perjalanan dengan bus memakan waktu sekitar 4-5 jam.

3. Mobil

Menyewa mobil pribadi atau taksi juga bisa menjadi pilihan fleksibel, dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

Agra terletak sekitar 230 km dari New Delhi dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam melalui Yamuna Expressway.

4. Pesawat

Bandara terdekat adalah Bandara Kheria di Agra, namun kebanyakan turis lebih memilih terbang ke Bandara Internasional Indira Gandhi di New Delhi dan melanjutkan perjalanan darat ke Agra.

Taxi ke Agra

Tips Wisata di Agra

1. Kunjungi di Musim Dingin

Waktu terbaik untuk mengunjungi Agra adalah dari Oktober hingga Maret ketika cuaca lebih sejuk. Hindari musim panas karena suhunya bisa sangat tinggi.

Kunjungi Taj Mahal di pagi hari untuk menghindari keramaian dan panas terik. Untuk menghindari kerumunan dan menikmati pemandangan matahari terbit yang indah.

Pasar dan tempat wisata bisa ramai, jadi selalu waspada terhadap barang bawaan kita.

2. Pakaian

Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai cuaca. Topi dan kacamata hitam bisa sangat membantu. Agra bisa sangat panas, terutama di musim panas. Kenakan pakaian yang nyaman dan bawa topi serta sunblock.

3. Bawa Tabir Surya dan Air Minum

Cuaca di Agra bisa sangat terik, jadi penting untuk melindungi kulit dan tetap terhidrasi. Bawa botol air sendiri untuk mengurangi sampah plastik.

Dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Tour Guide Lokal

Menyewa tour guide lokal bisa memberikan wawasan sejarah dan cerita menarik tentang setiap destinasi. Dan kita bisa mendapatkan informasi mendalam tentang sejarah dan cerita di balik monumen.

Pastikan pemandu yang kita sewa adalah resmi dan berlisensi.

5. Kamera

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah, terutama di Taj Mahal dan Agra Fort. Patuhi aturan fotografi. Beberapa situs bersejarah memiliki aturan ketat tentang fotografi. Selalu patuhi petunjuk yang ada.

Makanan Khas Agra

Makanan yang Harus Dicoba di Agra

1. Petha

Petha adalah permen khas Agra yang terbuat dari labu dan gula. Ada berbagai rasa yang bisa dicoba, mulai dari rasa klasik hingga varian modern. Termasuk varian rasa kesar (saffron) dan anguri.

2. Bedai dan Jalebi

Cobalah sarapan khas Agra yang terdiri dari Bedai (roti goreng) dengan sabzi (sayur) dan Jalebi (manisan goreng). Sarapan ini disajikan dengan kari kentang, diikuti dengan jalebi yang manis dan renyah.

3. Mughlai Cuisine

Nikmati hidangan Mughlai yang kaya rasa seperti kebab, biryani, tandori dan korma di restoran lokal. Beberapa tempat yang direkomendasikan adalah Pinch of Spice dan Jahanpanah.

4. Dalmoth

Camilan tradisional Agra yang terbuat dari campuran kacang-kacangan, lentil, dan rempah-rempah.

5. Paratha

Roti pipih India yang bisa diisi dengan berbagai bahan seperti kentang, paneer, atau sayuran lainnya.

Wisata di Agra

Itinerary Satu Hari di Agra

Pagi

  • 6:00 AM: Kunjungi Taj Mahal untuk menikmati keindahan matahari terbit.
  • 9:00 AM: Sarapan dengan Bedai dan Jalebi di kedai lokal.

Siang

  • 10:00 AM: Jelajahi Agra Fort dan pelajari sejarahnya yang kaya.
  • 1:00 PM: Makan siang di restoran dengan hidangan Mughlai.

Sore

  • 2:30 PM: Kunjungi Tomb of Itimad-ud-Daulah untuk melihat arsitektur yang menakjubkan.
  • 4:00 PM: Nikmati pemandangan Taj Mahal dari Mehtab Bagh.

Malam

  • 6:00 PM: Kembali ke Delhi atau akhiri hari Anda dengan makan malam di restoran lokal sebelum kembali.

Agar dapat memaksimalkan kunjungan sehari Anda di Agra, menikmati destinasi wisata utama, mencicipi kuliner khas, dan membawa pulang kenangan indah dari kota yang penuh sejarah ini.

Suzan Wisata di Agra

Menikmati Wisata di Agra

Agra adalah kota yang penuh dengan keajaiban sejarah dan keindahan arsitektur. Kombinasi sempurna antara sejarah, budaya, dan kuliner yang tidak boleh dilewatkan.

Dari Taj Mahal yang megah hingga kerajinan tangan yang unik, setiap sudut kota ini menawarkan sesuatu yang menakjubkan. Pastikan merencanakan perjalanan dengan baik untuk menikmati wisata di Agra. Selamat berwisata ya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang destinasi wisata menarik dan tips perjalanan, kunjungi kategori Travel di blog kami.

Related Posts

  • 87
    Wisata di Taj Mahal Keajaiban Arsitektur Dunia yang MengagumkanWisata di Taj Mahal tentu menjadi bucket list banyak orang. Mengunjungi Taj Mahal, mahakarya arsitektur yang tak tertandingi, telah menjadi impian saya selama bertahun-tahun. Taj Mahal adalah destinasi yang wajib…
    Tags: yang, mahal, taj, dan, di, untuk, dari, dengan, wisata
  • 79
    Wisata di Agra Fort Benteng Bersejarah di IndiaWisata di Agra Fort, salah satu benteng bersejarah paling terkenal di India, yang menawarkan keindahan arsitektur Mughal dan sejarah yang kaya. Wisata di Agra memang begitu indah, selain tentunya berkunjung…
    Tags: yang, dan, agra, di, untuk, dengan, ini, dari
  • 66
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama…
    Tags: yang, dan, di, untuk, dari, dengan
  • 66
    Cara Membuat Blog dari Nol, Panduan untuk PemulaMembuat blog dari nol juga begitu mudah. Hanya beberapa langkah saja tapi memang butuh sedikit usaha ya. Bagi yang suka menulis, tidak ada salahnya menyalurkan dengan menulis di blog. Tulisan…
    Tags: dan, yang, untuk, di, dengan, dari
  • 66
    Menjelajahi Pesona Pattaya: Parasailing & Water Sport MemikatWisata Pattaya, Thailand jadi daya tarik wisatawan datang. Siapa sih yang tak tergoda oleh keindahan Pantai Pattaya. Saya pun menikmati pesona pantai Pattaya yang tak terlupakan, mulai dari atraksi parasailing…
    Tags: yang, dan, di, ini, dengan, untuk, dari, wisata

1 thought on “Wisata di Agra Keindahan Sejarah Kota Taj Mahal”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com