Skip to toolbar
Suzan di KPJ Johor
Health,  Lifestyle,  Malaysia,  Tips,  Travelling

Tips Hemat Berobat Ke Johor Bahru Malaysia

Salah seorang teman saya yang melihat postingan di Instagram bertanya “Zan, kamu kan sudah ke rumah sakit di Malaysia, apa tips hemat berobat ke Malaysia? Aku pengen banget berobat tapi takut biayanya membengkak nih”.

Pertanyaan itu memang bukan tanpa alasan, karena teman saya saat ini sedang membutuhkan perawatan intensif untuk menyembuhkan penyakitnya. Malaysia kini menjadi magnet untuk orang berobat atau sekedar melakukan medical check up.

Penjemputan Pasien di Airport
Penjemputan Pasien di Airport

Meski biaya berobat di Malaysia jauh lebih murah jika dibandingkan di Indonesia. Namun memang sebaiknya memperhitungkan biaya yang dikeluarkan selama berobat ataupun medical check up. Apalagi untuk pengobatan jangka panjang ya.

Tidak hanya menjadi tempat jalan-jalan, Malaysia kini juga dikenal dengan wisata medis-nya. Tidak sedikit orang Indonesia memutuskan pergi berobat atau sekedar medical check up saja. Malaysia menjadi pilihan karena rumah sakit berstandar internasional dengan dokter berpengalaman, alat medis dengan teknologi yang lebih cangih, diagnosis penyakit yang lebih tepat, cepat dan akurat, pelayanan medis terbaik, biaya berobat yang jauh lebih murah serta mudahnya klaim asuransi.

Baca juga :Panduan Berobat di Rumah Sakit Melaka Malaysia

Pilihan untuk berobat ke rumah sakit di Malaysia pun mulai dari Kuala Lumpur, Penang, Melaka hingga Johor Bahru. Kali ini saya berbicara soal berobat ke Johor Bahru. Wilayah ini sangat dekat dengan Indonesia terutama Batam dan Kepulauan Riau. Cukup naik Ferry sudah bisa tiba di Johor Bahru.

Suzan di MHTC Lounge
MHTC Lounge

Di Johor Bahru terdapat beberapa rumah sakit yang bisa jadi rekomendasi. Saya mengunjungi dua rumah sakit terbaik di Johor Bahru.

1. Regency Specialist Hospital 

Salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan di Johor Bahru adalah Regency Specialist Hospital. Sister hospital Mahkota Medical Centre, Melaka ini berdiri tahun 2009. Sebagai rumah sakit perawatan terkemuka, Regency Specialist Hospital bisa menampung 145 ribu pasien setiap tahun dengan jumlah tempat tidur rawat inap 218. Rumah sakit memberikan pelayanan medis berkualitas dengan harga terjangkau. Bahkan menariknya ada fasilitas free wifi yang ditawarkan rumah sakit ini.

Regency Hospital - Johor Bahru, Malaysia
Regency Hospital – Johor Bahru, Malaysia

Ada 5 Pusat Keunggulan dengan lebih dari 50 dokter spesialis yang semuanya bisa berbahasa Indonesia. Kelima 5 pusat keunggulan tersebut diantaranya:

  • Spesialis Jantung Kardiologi & Paru-paru (Dewasa & Anak)
  • Spesialis Usus/Pencernaan (Gastroentrology)
  • Spesialis Saraf & Otak
  • Spesialis Wanita & Anak
  • Spesialis Gawat Darurat

Alamat: 1, Jalan Suria, Bandar Baru Seri Alam, 81750 Masai, Johor, Malaysia

2. KPJ Johor Specialist Hospital 

Rumah sakit swasta yang menjadi rujukan di Johor Bahru adalah KPJ Johor Specialist Hospital  yang berdiri pada Mei 1981.   Rumah sakit swasta pertama di Johor ini memiliki jaringan rumah sakit KPJ Healthcare yang beroperasi di beberapa negara termasuk di Indonesia. Rumah sakit ini banyak dikunjungi orang Indonesia, terutama dari Kepulauan Riau, Batam dan Sumatera Barat.

Pusat Radiotherapy & Onkologi KPJ Johor
Pusat Radiotherapy & Onkologi KPJ Johor

Di rumah sakit ini terdapat sepuluh jenis program layanan yakni Onkologi – Cancer Centre, IVF Centre,Cardiothoracic Centre, CT Scanning, Mammography Centre, Audiology Services, Dietetics Services, Laboratory Services, MRI Centre, PACS,  dan Special Diagnostic Services.

Alamat: 39-B, Jalan Abdul Samad 80100 Johor Bahru, Johor – Malaysia

Tips Hemat Berobat ke Johor Bahru Malaysia

Berobat di Malaysia memang terjangkau, namun masih banyak yang merasa takut berobat ke luar negeri dengan alasan tidak bisa hemat. Jika alasannya budget, ada  banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat budget berobat.

Regency Specialist Hospital
Regency Specialist Hospital

Berikut ini tips hemat berobat ke Johor Bahru:

Tentukan perawatan/pengobatan dan rumah sakit tujuan

Sebaiknya tentukan perawatan ataupun pengobatan yang akan dilakukan di Johor Bahru. Lakukan Medical Check Up untuk melihat tindakan perawatan lebih lanjut yang bisa dipilih.  Pasalnya medical check up akan memberikan hasil yang jelas tentang kondisi fungsi organ utama di tubuh mulai dari jantung, hati, ginjal, kelenjar, mata hingga tulang.

Ada beberapa rumah sakit yang bisa dipilih di Johor Bahru. Setelah memilih rumah sakit baik untuk medical check up ataupun melakukan perawatan. Pasien bisa membuat appointment untuk bertemu dokter sehingga bisa langsung melakukan medical check up atau perawatan, Hal ini juga mengantisipasi dokter berada di tempat tidak sedang cuti ataupun jadwal lain seperti operasi.

Foto bersama di Regency Hospital
Foto bersama di Regency Hospital

Minta Perkiraan Biaya Berobat

Saat ingin melakukan perawatan, pasien bisa meminta perkiraan biaya yang diperlukan selama proses perawatan. Sebaiknya bawa uang tunai 50% dari jumlah biaya perawatan, kekurangannya bisa pakai debit atau kartu kredit. Pastikan memisahkan budget berobat dan liburan.

Biaya Medical Check Up mulai dari  358 RM atau sekitar Rp 1.217.200,- hingga 2.388 RM atau sekitar Rp 8.119.200,-. Sedangkan untuk tindakan Medis lainya di Regency Specialist Hospital yakni

  • Histerektomi (Operasi Angkat Rahim): Rp. 35.000.000
  • Extra Corporeal Shock Wave Lithotripsy: Rp. 19.000.000
  • Pasang Ring Jantung (Angioplasty): Rp. 93.000.000
  • Penggantian Panggul Total (Total Hip Replacment): Rp. 95.000.000
  • Penggantian Lutut (Total Knee Replacment): Rp. 95.000.000
Pak Johar - Mantan Pasien Regency Hospital
Pak Johar – Mantan Pasien Regency Hospital berbagi pengalaman dirawat dari tidak bisa berjalan karena stroke kini Pak Johar sudah bisa beraktivitas kembali

Selain itu pasien bisa memilih kamar rawat inap sesuai kebutuhan mulai dari kamar 4 tempat tidur, kamar 3 tempat tidur hingga Kamar VIP, ICU dan kamar isolasi. Tentunya dengan biaya sesuai dengan fasilitas di kamar tersebut. Seperti untuk Regency Specialist Hospital ruang perawatan nya

  • Kamar VIP (1 bed) :  RM380 atau 1.284.000 / Malam
  • Kamar 1 bed : RM250 atau 844.000 / Malam
  • Kamar 2 bedded : RM150  atau 506.000 / Malam
  • Kamar 4 bedded :  RM100  atau 337.000 / Malam
  • Unit Perawatan Intensif (ICU) RM280 atau 946.000 / Malam
  • Kamar Isolasi RM140  atau 473.000/Malam
Ruang Perawatan di KPJ Johor Specialist
Ruang Perawatan di KPJ Johor Specialist

Sedangkan di rumah sakit KPJ Johor tarif rawat inap harian yakni:

  • Kamar Premier VIP RM600 atau 2.100.000/malam
  • Premier Deluxe 2 RM390 atau 1.365.000/malam
  • Kamar 2 Bedded RM120 atau 525.000/malam
  • Kamar 4 Bedded RM95 atau 332.500/malam
  • Day Case RM100 atau 350.000/malam
  • NICU RM160 atau 560.000/malam

Baca juga : Melihat Langsung Wisata Kesehatan di Malaysia

Bawa anggota keluarga secukupnya

Saat hendak melakukan perawatan medis atau medical check up, sebaiknya bawa anggota keluarga secukupnya untuk menghemat biaya berobat. Pasalnya semakin banyak anggota keluarga yang ikut semakin besar pengeluaran.

Pilih hotel yang dekat rumah sakit

Usahakan cari hotel atau tempat menginap yang dekat dengan rumah sakit. Karena tidak membutuhkan biaya tambahan untuk transportasi bisa menghemat pengeluaran. Ada banyak hotel atau tempat menginap yang berada di dekat rumah sakit, sebaiknya booking hotel jauh-jauh hari untuk menghindari hotel penuh.

Trove Hotel Johor Bahru
Trove Hotel Johor Bahru

Pesan tiket penerbangan dan hotel jauh hari

Sebaiknya jika sudah mendapatkan janji temu dengan dokter, pasien sudah bisa memesan tiket penerbangan dan hotel. Hal ini dilakukan agar mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih rendah jika dibandingkan membeli dekat hari keberangkatan. Termasuk memilih hotel atau tempat menginap kalau bisa dilakukan jauh-jauh hari. Agar bisa mendapatkan kamar di hotel yang diinginkan. Bisa juga memanfaatkan promo kerjasama MHTC dengan Traveloka yang bisa menghemat hingga 25% dari harga kamar.

Gunakan asuransi  kesehatan

Ada banyak asuransi Indonesia yang mengcover layanan perawatan di luar negeri. Pasalnya dengan menggunakan asuransi, tentu bisa menghemat biaya berobat. Pastikan dokumen asuransi telah diisi dengan lengkap oleh agen asuransi agar bisa diterima pihak rumah sakit. Bagi yang tidak memiliki asuransi, seluruh biaya menjadi tanggung jawab diri sendiri.

MHTC End to End Service

Gunakan jasa MHTC 

Sebaiknya gunakan jasa  Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) yang bisa melayani end to end service mulai dari  berangkat hingga pulang lagi ke tanah air. Dari rujukan rumah sakit, anggaran hingga itinerary perjalanan. Apalagi konsultasi di MHTC ini bisa didapatkan tanpa biaya alias gratis loh.

Tentunya tips ini bisa membantu menghemat biaya berobat ke Johor ya.

Related Posts

  • 31
    Day 3 : Sehari Bermain di ShenzhenDi hari ketiga, tujuan kami adalah melihat Shenzhen. Ini adalah sebuah kota District yang di Selatan Republik Rakyat Tiongkok. Jika pemegang paspor Indonesia ingin masuk ke China harus mengajukan atau apply visa di Kedutaan Besar RRC di Jakarta. Namun untuk masuk Shenzhen cukup dengan Visa on Arrival (VOA) di keimigrasian Shenzhen. Shenzen…
    Tags: di, yang, dan, ini, untuk, dari, dengan, ke

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

10 Comments

  • Reyne Raea

    Sejujurnya orang sehat saja berharap dilayani dengan baik, apalagi kalau kita lagi sakit ya, karenanya memberikan pelayanan terbaik itu penting banget.

    Makanya banyak orang yang rela mengeluarkan biaya lebih demi hal tersebut.
    Ah apapun itu, semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan semoga nantinya banyak yang terbantukan dengan info ini

  • Diani Sekaring

    Keren banget memang sistem healthcare-nya Malaysia sampai orang-orang Indonesia berbondong-bondong untuk berobat di sana ya Mba. Sampai ada badan khusus yang menangani hal tersebut juga, sebagai bukti bahwa potensi Malaysia sebagai daerah tujuan wisata memang serius untuk dikembangkan.

  • Alfa Kurnia

    Sistem healthcare Malaysia ini harus banget ditiru oleh Indonesia. Sekarang banyak orang Indonesia lebih memilih berobat di Malaysia daripada di negara sendiri karena fasilitas yang disediakan memang kadang lebih bagus daripada Indonesia. Terutama dari segi pelayanan. Karena memang pelayanan kesehatan yang baik dan nggak ribet bisa membuat pasien dan keluarga lebih tenang dan nyaman. Infonya bermanfaat sekali, Mbak.

  • renayku

    malaysia ini lagi giat banget meningkatkan kualitas health care ya.. aku pikir cuma di Penang yang ada rumah sakit keren dengan dokter yang handal… ternyata di Johor Bahru juga ada toh.. berharap sih ga sakit yang macem2.. hehe flu influenza aja deh jadi bisa berobat murah di sini aja

  • April Hamsa

    Pokoknya hubungin MHTC kalau emang niat berobat ke Malaysia ya mbak.
    Apalagi biaya berobat di sana lebih murah plus kepastian diagnosa kita. Tapi maunya sih ke sana pas gak sakit, cuma mau pelesir aja hehe

  • Heizyi

    Sama kayak temene samean mbak. Aku juga suka mikir,” berobat disini aja biayanya muahal. Apalagi jika perlu perawatan intensif. Lah, gimana dengan biaya di luar negeri?”

    Tapi ternyata gak semua perlu dibikin ruwet ya mbak. Asal biaya dan persiapan oke, insyallah semuanya lancar

  • Siska

    Aku baru tahu ternyata ada juga asuransi Indonesia yang bisa digunakan saat berobat di luar negeri ya? Keren nih pelayanan MHTC nya juga gratis, makin hemat buat berobat nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com