Panduan Berobat di Rumah Sakit Melaka Malaysia

Suzan di Mahkota Medical Centre

Sharing is caring!

Saat ini banyak orang yang datang untuk berobat di rumah sakit Malaysia sekaligus jalan-jalan. Biasanya jika melakukan medical check up di pagi hari, hasilnya sudah bisa keluar di siang hari bahkan sudah bisa bertemu dengan dokter. Saat siang hari semua sudah selesai tinggal menikmati waktu sambil jalan-jalan di negeri jiran ini.

Malaysia sudah diakui secara internasional sebagai “Best Country in the World for Healthcare” dari 2015 sampai 2017 serta 2019 oleh majalah International Living yang berasal dari Amerka Serikat. Biasanya karena rekomendasi dari keluarga, teman bahkan kolega yang membuat orang percaya untuk berobat di rumah sakit Malaysia. Pada tahun 2018, terdapat 1,2 juta pasien dari berbagai negara yang datang berobat ke Malaysia, dan sebagian besarnya berasal dari Indonesia.

Mahkota Medical Centre Melaka
Mahkota Medical Centre Melaka

Ada banyak pilihan rumah sakit di Malaysia mulai dari Kuala Lumpur, Penang, Melaka hingga Johor Bahru. Tergantung dari pilihan pasien untuk berobat di rumah sakit Malaysia yang mana. Jika yang baru pertama kali pergi berobat ke rumah sakit Malaysia baik sekedar hanya konsultasi, medical check up ataupun kontrol. Tidak perlu repot dan bingung karena ada Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) yang siap memandu mereka yang ingin berobat ke Malaysia.

Baca juga : Melihat Langsung Wisata Kesehatan di Malaysia

MHTC ini adalah organisasi non profit yang bertugas mempromosikan medical tourism di Malaysia dan memberikan end-to-end service yakni melayani dengan baik sejak sebelum berangkat hingga pulang lagi ke tanah air. Mulai dari konsultasi dengan dokter, memilih rumah sakit, penjemputan pasien di bandara, pengantaran ke rumah sakit hingga pulang ke negara asal.

Farmasi Mahkota Medical Centre
Farmasi Mahkota Medical Centre

Kali ini saya akan membahas wisata kesehatan di Melaka. Sebagai kota tujuan Wisata Medis, nama Melaka sudah tidak asing lagi, karena memang banyak pasien yang berasal dari Indonesia dan berobat di Malaysia salah satunya  di rumah sakit Melaka, Malaysia.

Berikut ini panduan  proses berobat di rumah sakit Malaysia khususnya di Melaka agar jadi lebih mudah dan cepat adalah : 

1. Siapkan Budget untuk Berobat 

Ada banyak alasan banyak orang yang datang berobat ke Malaysia sepreti kepercayaan terhadap pelayanan kesehatan, kedekatan emosional, harga yang lebih rendah dibandingkan tempat lain dan lokasi yang strategis berada di pusat kota.

Untuk biaya perawatan di Malaysia ini memang sudah diatur oleh Pemerintah Malaysia melalui Medical Council yang secara penuh mengawasi sistem perawatan, dokter, obat dan rumah sakit agar standar harga yang diberikan sama dan terjangkau yang sudah ditetapkan selama 15 tahun oleh parlemen dan tidak mengalami perubahan hingga saat ini. Bahkan dokter spesialis siap melayani pasien karena stay di rumah sakit, mereka tidak membuka praktek atau bekerja di rumah sakit lain.

Daftar Asuransi Kerjasama dengan Mahkota Medical Centre
Daftar Asuransi Kerjasama dengan Mahkota Medical Centre

Bagi pasien yang ingin cashless, tidak mau repot membawa uang tunai, rumah sakit di Malaysia juga bekerja sama dengan banyak asuransi di Indonesia, cukup bayar 100RM untuk biaya awal setelahnya asuransi yang akan membayar tanpa repot claim. Tapi pastikan asuransinya bisa digunakan di luar negeri ya.

Estimasi biaya berobat di Malaysia, salah satunya di Mahkota Medical Centre,  Melaka, Malaysia.

  • Medical check-up mulai dari 498 RM (sekitar Rp 1.693.200) hingga 1.988 RM (sekitar Rp 6.759.200). 
  • Paket Angiogram RM 4.970 (Rp 17.400.000)
  • Paket operasi Bypass jantung atau Coronary Artery Bypass Surgery(CABG) mulai dari  RM 61.290 (Rp 215.000.000)
  • Paket Penggantian Tempurung Lutut (Total Knee Replacement) mulai dari RM 17.000 (Rp59.500.000)
  • Paket Dialisis dengan harga mulai RM 613 (Rp. 2.054.785)
  • Paket Operasi Pengangkatan Benjolan Payudara 12,600 RM (Rp 44.100.000)
  • Paket Terapi untuk anda yang mengalami Disfungsi Ereksi di Regency Specialist Hospital mulai RM 600 (Rp. 2.027.000)
  • Paket Konsultasi Untuk Diet di Mahkota Medical Centre mulai RM 80 (Rp. 270.000)

2. Pilih Rumah Sakit atau Dokter Tujuan

Sebelum berangkat MHTC akan memberikan fasilitas konsultasi bagi para calon pasien yang mau berobat di Malaysia. Sangat penting memilih rumah sakit dan dokter yang tepat agar tidak salah pilih dan berobat juga bisa tuntas.  Konsultasi baik untuk sekedar medical check up hingga berobat bisa dilakukan melalui telpon, chat, ataupun datang langsung ke  kantor perwakilan MHTC di Jakarta.

Laboratory Mahkota Medical Centre
Laboratory Mahkota Medical Centre

Ada 73 Rumah Sakit swasta di Malaysia yang menjadi partner MHTC baik di Kuala Lumpur, Penang, Melaka dan Johor Bahru. Setiap rumah sakit menawarkan keunggulan masing-masing dengan dokter spesialis dari berbagai disiplin medis dan bedah, yang siap melayani pasien dengan keluhan penyakit apapun. Di Melaka saya mengunjungi rumah sakit yang menjadi partner dari MHTC yakni rumah sakit Mahkota Medical Centre,  Melaka, Malaysia.

Rehabilitation Centre Mahkota Medical Centre
Rehabilitation Centre Mahkota Medical Centre

Rumah sakit ini merupakan salah satu rumah sakit terbaik di semenanjung Melaka, Malaysia, yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun dan salah satu pelopor utama Wisata Medis di Malaysia.   Lebih dari 100.000 pasien asing datang untuk berobat setiap tahunnya.

Tomotherapy Radixact - Mahkota Medical Centre
Tomotherapy Radixact – Mahkota Medical Centre

Mahkota Medical Centre yang memiliki 10 pusat layanan unggulan mulai dari

  • Pusat Penggantian Tulang & Tempurung Lutut
  • Pusat Pengobatan Kanker
  • Pusat Pengobatan Diabetes
  • Unit Gawat Darurat
  • Pusat Pengobatan Jantung
  • Pusat pengobatan Liver & Pencernaan (Gastroentrology)
  • Pusat Kesehatan Pria
  • Pusat Pengobatan Stroke, Saraf, dan Otak
  • Pusat Kesehatan / Medical Check Up
  • Pusat Kesehatan Wanita & Anak-anak
Tomotherapy Radixact Mahkota Medical Centre
Tomotherapy Radixact Mahkota Medical Centre

MMC Melaka juga menawarkan perawatan dengan teknologi mutakhir seperti Tomotherapy Radixact X7 di Mahkota Medical Centre untuk memberikan perawatan sinar pada pasien kanker ataupun PET-CT Scan untuk mendiagnosa lebih komprehensif dan masih banyak teknologi termutahir yang dapat menunjang perawatan medis.

3. Lakukan Konsultasi dan Buat Appointment dengan Dokter

Mahkota Medical Centre memiliki lebih dari 90 dokter spesialis yang siap melayani pasien dengan keluhan penyakit apapun. Sebelum berangkat berobat ke Malaysia, sebaiknya lakukan konsultasi dan buat Temu Janji dengan dokter spesial. Hal ini untuk memastikan dokter berada di tempat dan tidak sedang cuti ataupun berhalangan seperti ada jadwal operasi. Jika tidak bisa melakukan secara langsung bisa juga membuat Apointment secara online terlebih dahulu dengan mengisi Form yang tersedia.

Setelah mengisi data yang tepat mulai dari Nama, Kota Asal dan alamat Email atau Nomor telepon aktif, biasanya pihak rumah sakit akan melakukan konfirmasi. Kalau tidak ingin repot bisa menggunakan layanan dari MHTC yang akan membantu membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit yang dipilih.

Jadwal praktek dokter umumnya pada hari Senin – Jumat (08.30 – 17.00), Sabtu (08.30 – 12.30).  Jangan khawatir terkendala bahasa ya karena dokter dan staff di Rumah Sakit dapat berbicara dalam bahasa Melayu yang sangat mirip bahasa Indonesia. Mereka pun dapat memahami dengan baik jika pasien berbicara dalam bahasa Indonesia.

Air Asia
Air Asia

4. Booking Penerbangan ke Malaysia

Setelah membuat janji temu dengan Dokter, tentukan tanggal keberangkatan lalu pesan tiket pesawat ke Malaysia. Tentunya ketika sudah booking appointment dan mendapatkan janji temu dengan dokter, pasien tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di Malaysia. Sehingga jangan pesan tiket terlebih dulu jika belum dapat janji temu dengan dokter. Untuk medical check-up saja hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari dari sejak keberangkatan hingga kepulangan ke Indonesia.

Pastikan sebelum beli tiket, masa berlaku passport lebih dari 6 bulan ya, karena jika kurang dari 6 bulan tidak bisa masuk ke Malaysia. Untuk medical check up, sekurang-kurang nya anda akan membutuhkan waktu 2 hari dari sejak keberangkatan hingga kepulangan ke Indonesia. Ada banyak pilihan maskapai penerbangan dari Indonesia menuju rumah sakit di Malaysia. Untuk Palembang sendiri ada penerbangan langsung ke Kuala Lumpur.

5. Siapkan Transportasi selama di Malaysia

Karena belum ada direct flight menuju Melaka, tentunya harus melalui Kuala Lumpur lalu melanjutkan perjalanan menuju Melaka dengan transportasi darat sekitar 2 jam. MHTC akan membantu menyiapkan transportasi selama di Malaysia hingga ke rumah sakit tujuan atau hotel. Biasanya rumah sakit di Malaysia menyediakan layanan penjemputan dari Bandara menuju rumah sakit atau hotel. 

Jika ingin naik bus tanpa bantuan MHTC bisa memilih StarMart tarifnya 35 RM/pax. Sedangkan jika memilih taksi tarifnya 160 RM untuk berdua atau bertiga. Untuk tiket Bis sendiri bisa dibeli secara online atau langsung ke loket atau counter bis di bandara KLIA/KLIA2. Sedangkan untuk transportasi selama di Melaka bisa menggunakan taksi online.

 

6. Pilih Akomodasi selama di Malaysia

Setelah menentukan hari keberangkatan ke Malaysia, sekarang saatnya memilih akomodasi selama menjalani pengobatan di Malaysia. Tidak perlu perlu khawatir kesulitan mendapatkan hotel karena ada banyak pilihan hotel yang bisa disesuaikan dengan budget mulai dari hotel bintang 2 hingga bintang 5.  Mulai dari rate Rp.180,000 sampai Rp.1.200.000 bisa dipilih sesuai kemampuan.

Sebaiknya pilih hotel yang berada di dekat rumah sakit sehingga memudahkan pasien bisa bolak balik rumah sakit dan hotel tanpa harus repot memikirkan tranportasi.  Setelah berobat atau medical check-up bisa langsung  menikmati tempat wisata di Melaka seperti Stadthuys hingga pusat perbelanjaan yang bisa ditempuh dengan  jalan kaki sekitar 3-5 menit saja.

Hatten Hotel Melaka
Hatten Hotel Melaka

 

Untuk persediaan uang ringgit, tidak perlu khawatir di sekitar hotel ada banyak banyak sehingga bisa tarik uang tunai menggunakan ATM Bank Indonesia terutama yang sudah berlogo Mastercard, Cirrus, Alto. Untuk kursnya berlaku di hari tersebut.

7. Manfaatkan Promo dari Traveloka 

Bagi yang ingin mendapatkan harga yang lebih murah bisa memanfaatkan promo dari Traveloka yang sudah berkerja sama dengan Malaysia Healthcare. Sehingga bisa pesan hotel dekat Rumah Sakit pilihan di Malaysia dan nikmati diskon menginap hingga 25%.

Suzan di Mahkota Medical Centre

Nah tentunya perjalanan berobat ke Malaysia dijamin adi lebih mudah. Jika butuh bantuan rekomendasi rumah sakit, cek jadwal, atau minta perkiraan biaya, langsung saja  hubungi tim MHTC ya. 

15 comments

  1. Diani Sekaring Reply

    “Best Country in the World for Healthcare” wah keren ya predikat yang disandang Malaysia! Padahal negara tetangga, tapi kita masih belum bisa seperti itu ya. Sangat mengharapkan sistem kesehatan Indonesia bisa berubah menjadi lebih baik, dan menjadi rujukan wisata kesehatan dunia.

  2. Siska Reply

    Malaysia lagi semangat banget ya mempromosikan pelayanan kesehatan mereka buat para traveler. Btw, biaya kesehatan di sana lebih mahal bukan sih dari dalam negeri?

    • Liza Reply

      Wah emang sering sih denger Rumah Sakit di Malaysia bagus. Beberapa temen juga ada yang berobat ke sana. Aku pikir karena gaya aja berobat keluar negeri tapi ternyata kualitas juga bagus banget

  3. Mellisa Reply

    Membuka wawasan aku banget tentang dunia kesehatan di Malaysia. Ternyata bagus banget ya pelayanan kesehatan di sana. Apalagi jaraknya nggak jauh dari indonesia.

  4. Larasati Neisia Reply

    Semakin kenceng nih Malaysia promosi layanan kesehatannya. Memang sudah banyak yang membuktikan juga ya Mba pengobatan di sana bagus. Dan Traveloka bisa membantu cari penginapan terjangkau sekitaran rumah sakit di sana.

  5. Rella Sha Reply

    Wooow lengkap sekali informasinya, mbaak.
    Pengobatan di Malaysia ini lagi digandrungi banget sama orang Indo ya, emang layanannya bagus juga sih dan mereka promosinya besar-besaran.

  6. Syarifani Mulyana Reply

    Fasilitas kesehatan di Malaysia memang standarnya udah internasional maka ngga heran dinobatkan jadi best country in the world for healthcare. Buat penduduk Indonesia di Sumatra, Sulawesi, Kalimantan yang pengen dapet pengobatan bagus memang lebih deket ke Malaysia ketimabang harus ke Jakarta. Apalagi tiket penerbangan ke KL sekarang lebih terjangaku ketimbang domestik.

  7. Fazirotul Firdaus Reply

    Malaysia ini terkenal banget soal pelayanan kesehatan dan sistemnya. Gak heran kalo banyak yang jauh-jauh kesana buat berobat. Thank you for sharing mbak, artikelnya berguna banget

  8. Afifah Haq Reply

    Jujur aku baru dengar ada ternyata ya istilah wisata medis. Aku tau nya Melaka sebagai destinasi untuk jalan2 biasa, ternyata cocok juga untuk tujuan berobat ya.

    Aku cuma tau Penang aja, biasanya yg mau berobat seringnya ke Penang, tapi ternyata ke Melaka juga bisa. Bahkan transportasi dan akomodasi nya pun dimudahkan. Keren nih.

  9. Wian Reply

    Woww sampe ada MHTC segala? Saking banyaknya yang kesana untuk berobat ya? Adanya MHTC bisa ngebantu pasien dan keluarganya ya.

  10. Triyatni Reply

    Kalau soal pelayanan rumah sakit kok keren-keren ya dengernya kalau dari luar negeri. Sampai-sampai banyak dari orang Indonesia yang keluar untuk itu. Semoga nanti Indonesia bisa belajar banyak 🙂

  11. Visya Al Biruni Reply

    Wow the best country for world healthcare? Pantas saja banyak jadi rujukan, hehe. Btw Tomotherapy-nya ada tulisan kanji atau sejenisnya yah Mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.