Siklus Menstruasi

Hits: 58

Setiap wanita tidak memiliki siklus menstruasi yang sama termasuk juga gejala yang sama saat datang bulan datang. Dan ternyata siklus mens ini mempengaruhi produktivitas wanita untuk melakukan aktivitas selama haid. Saya pribadi mengalami masalah kesehatan selama menstruasi. Mulai dari rasa sakit yang teramat akibat kram, nyeri punggung hingga kehilangan nafsu makan.

Sehingga membuat saya pun “mager” alias malas gerak saat mens tiba. Hal itu berlangsung sejak awal mendapatkan haid, hingga akhirnya saya menjadi atlet dan saya mengerti ternyata saya bisa tetap produktif selama masa-masa haid. Pasalnya selama menjalani jadwal latihan khusus menghadapi event pertandingan, saya diharuskan berlatih tanpa libur meskipun saat saya sedang haid.

Berlari
Berlari

Setelah berlatih dan bergerak aktif, baik berlari maupun melompat, rasa rakit selama siklus menstruasi itu hilang tergantikan oleh rasa excited selama berlatih.

Baca juga : Tips Aman Bersepeda di Fase Normal Baru

Siklus Menstruasi dan Produktivitas Wanita

Masa haid setiap wanita berbeda, ada yang 4 hari, 5 hari bahkan hingga lebih dari 7 hari. Selain itu jarak antara haid pertama dengan haid selanjutnya juga beda-beda, ada yang memiliki masa 28 hari atau siklus pendek, atau ada juga yang memiliki masa 34 hari atau siklus panjang.

Selama masa-masa haid, saya pribadi mengalami gejala yang sama seperti pada wanita umumnya seperti tubuh terasa lemas,  perut terasa sangat tidak nyaman, kram, moody, jerawat maupun nyeri punggung. Namun terkadang saya mengalami nyeri haid yang sangat parah bahkan hingga membuat saya tidak bisa beraktivitas. Saat remaja saya pernah berkonsultasi kepada dokter ahli kandungan karena nyeri yang saya rasakan sampai membuat saya pingsan.

Namun ternyata menurut dokter, apa yang saya rasakan dan alami masih normal, karena hal tersebut terjadi dari hormon estrogen dan progesteron yang memberikan pengaruh langsung pada kinerja otak. Dalam situs halodokter.com, hormon estrogen berkaitan langsung dengan daya ingat pada otak. Sedangkan untuk progesteron mendukung perkembangan sel saraf di otak dan cukup berperan dalam melindungi jaringan otak dari kerusakan.

Jadwal Menstruasi
Jadwal Menstruasi

Sebenarnya reaksi tubuh wanita saat menstruasi bisa berbeda-beda tergantung dari perubahan hormon yang terjadi. Saya sendiri merasakan sangat bersemangat saat sebelum datang bulan, tapi ketika menstruasi datang, saya menjadi tidak berdaya.

Hormon estrogen dan progesteron ternyata mempengaruhi otak baik dalam memori dan daya penyelesaian masalah. Terkadang saat haid jadi sulit mengingat nama, nomor dan tidak bisa fokus. Berbeda saat sebelum haid  yang bisa jauh lebih semangat dan lebih fokus sehingga lebih mudah dalam menyelesaikan satu masalah. Apalagi hormon estrogen dan progesteron  mempengaruhi sisi otak yang berbeda-beda.

Biasanya di hari pertama siklus menstruasi, saya menjadi kehilangan energi dan tidak bersemangat karena di masa ini hormon estrogen dan progesteron menurun secara drastis. Jadi sangat wajar jika sebagian merasa mood berubah dalam waktu singkat, seperti mudah marah atau sedih dan melihat masalah dari sudut pandang negatif saja.

Siklus Menstruasi
Siklus Menstruasi

Siapa nih yang menstruasi mengalami dismenore alias nyeri haid mulai dari  kram perut yang menyebar ke punggung dan dada? Kalau ada, kita samaan ya, karena saya merasakan sakit yang sangat saat sedang haid, biasanya rasa sakit akan semakin berkurang. Terkadang juga bisa pusing dan mual-mual hingga diare. Hal ini terjadi ada peluruhan dari dinding rahim yang menebal yang memicu hormon prostaglandin yang diproduksi oleh sel lapisan rahim meningkat. Sehingga muncul reaksi kontraksi pada dinding rahim dan menimbulkan rasa sakit.

Biasanya di awal masa menstruasi, saya menjadi malas dan sangat tidak produktif. Karena rasa sakit di perut tersebut membuat tidak bisa konsentrasi. Sejak mengetahui saya harus melawan rasa sakit tersebut, saya mencoba beberapa hal agar menghilangkan rasa sakit saat haid dan tetap produktif. Salah satunya dengan minum ramuan kunyit asam, tetap memasukkan sejumlah makanan meski tidak ada nafsu makan, termasuk menambah asupan suplemen agar selalu fit dan tidak lupa tetap berolahraga meski intensitasnya berkurang dibandingkan sebelumnya.

Konsultasi Langsung dengan Dokter di Halodoc

Bagi yang masih mengalami masalah dengan siklus menstruasi bisa melakukan konsultasi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh. Meskipun saat ini tidak bisa langsung bertemu dengan dokter, kita bisa tetap berkonsultasi dengan dokter yakni di Halodoc. Disini kita bisa menanyakan semua permasalahan kesehatan yang kita alami. Selain itu, jika ada obat yang harus kita konsumsi, juga bisa langsung diresepkan oleh dokter yang bersangkutan.

Kalau kamu bagaimana siklus menstruasi nya, apakah teratur atau tidak ? Sharing pendapat kamu yuk disini.

Your doctor may want to take special care if you have any of these conditions. cialis pill Tell your doctor if you plan to have surgery.

Related Posts

  • 63
    Alasan Mengapa Banyak Pasien dari Indonesia Memilih Berobat ke MalaysiaNah, buat kalian yang belum pernah berobat ke Malaysia, pasti bakal bertanya-tanya: Rumah Sakit mana yang harus dituju ketika Berobat ke Malaysia? Mencari second opinion bukan hal yang baru di dunia medis. Mengapa? Ketika berkonsultasi dengan Dokter terutama untuk masalah kesehatan yang sifatnya kritikal atau serius, tentunya pasien menginginkan diagnosis…
    Tags: yang, di, dan, dengan, sakit, dari, terapi, hiv/aids
  • 31
    Day 3 : Sehari Bermain di ShenzhenDi hari ketiga, tujuan kami adalah melihat Shenzhen. Ini adalah sebuah kota District yang di Selatan Republik Rakyat Tiongkok. Jika pemegang paspor Indonesia ingin masuk ke China harus mengajukan atau apply visa di Kedutaan Besar RRC di Jakarta. Namun untuk masuk Shenzhen cukup dengan Visa on Arrival (VOA) di keimigrasian Shenzhen. Shenzen…
    Tags: di, yang, dan, dari, dengan

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers