Aman Bersepeda

Bersepeda kini menjadi olahraga yang banyak dipilih banyak orang menyusul trend gaya hidup sehat terus digaungkan. Hampir setiap saat dan di jalanan terlihat orang bersepeda. Karena tidak hanya menyehatkan ataupun sebagai alat transportasi, sebagian orang juga memilih bersepeda sebagai salah satu bentuk menghilangkan penat.

Agar aman selama bersepeda tentu harus memperhatikan apa tujuan bersepeda, apakah sekedar untuk berolahraga atau hanya sekedar sebagai sarana berwisata. Selain itu tentu saja harus memperhatikan jarak tempuh yang ideal serta durasi bersepeda.

Pakai Masker
Pakai Masker

Karena setiap orang memiliki daya tahan yang berbeda selama bersepeda, apalagi jika menderita cedera lutut atau mengalami masalah di lutut, harus benar-benar memperhatikan masalah ini. Pasalnya bersepeda tentu berbeda dengan olahraga jalan sehat atau berlari.  

Selain itu kita harus memastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan benar-benar prima. Jika kondisi tubuh tidak fit sebaiknya jangan memaksakan diri untuk berolahraga. Karena tujuan berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan kita bukan malah sebaliknya.

Baca juga : 7 Outfit Olahraga Bagi Wanita Berhijab Rekomendasi Lifestyle Blogger Suzan Oktaria

Periksa Sepeda
Periksa Sepeda

Tips Aman Bersepeda

Bagi yang memilih olahraga bersepeda baik untuk aktivitas sehari-hari, rekreasi atau benar-benar untuk berolahraga harus memperhatikan beberapa hal berikut, agar tetap aman bersepeda.  Ada beberapa tips aman bersepeda terutama di masa normal baru

1. Bersepeda Sendiri

Agar tidak masuk dalam kerumunan masa dan mengurangi terpapar Covid-19, sebaiknya kita bersepeda sendiri atau hanya berdua saja, dan tidak dalam kelompok atau rombongan dalam jumlah besar. Pastikan juga kita bersepeda dengan orang-orang terdekat seperti dengan keluarga yang tinggal bersama kita dan kita bisa memastikan mereka dalam kondisi sehat,

2. Alat Pelindung Diri

Ketika bersepeda pastikan sudah melengkapi diri kita dengan alat pelindung diri seperti menggunakan helm. Terkadang helm atau pelindung kepala ini dianggap remeh dan tidak penting. Padahal sama halnya saat kita mengendarai motor, kita juga harus melindungi kepala kita dengan menggunakan helm standar sepeda. Tidak hanya itu pastikan sepeda juga memiliki bel yang bisa digunakan sebagai penanda dan lampu penerang untuk melindungi saat kita berada di jalan gelap.

Aman Bersepeda
Aman Bersepeda

3. Masker

Sebagai salah satu bentuk kesadaran kita mengikuti protokol kesehatan, kita harus memakai masker. Pastikan masker yang kita gunakan adalah masker khusus untuk olahraga dengan bahan yang cepat kering. Tidak hanya melindungi diri kita dari paparan Covid 19, tapi menggunakan masker bisa melindungi diri kita dari debu dan asap kendaraan bermotor di jalan raya.

4. Minum

Agar melindungi diri selama bersepeda dan tubuh terhidrasi dengan baik, kita harus menyiapkan minum. Hal ini membuat kita bisa tetap memenuhi kebutuhan cairan selama kita bersepeda. Dan tentunya membuat kita tidak perlu membeli air minum. Sehingga kita tidak perlu mampir ke warung atau mini market dan mengurangi bersinggungan banyak orang.

Tempat Minum Sepeda
Tempat Minum Sepeda

5. Memilih Timing Bersepeda

Saat kita bersepeda sebaiknya kita memilih waktu dan tempat yang tidak membuat kita bersinggungan dengan banyak orang. Selain itu kita harus menghindari tempat yang dinilai ada kerumunan massa. Atau kondisi jalan yang padat sehingga membuat kita terjebak kemacetan. Waktu terbaik untuk bersepeda di jalan raya di jam 05.30 pagi hari karena di waktu ini masih belum banyak orang yang bersepeda.  Untuk menjaga kesehatan sebaiknya waktu bersepeda hanya dibatasi 30 atau 60 menit saja.

Semoga tips diatas bisa membantu kita semua tetap aman dan nyaman bersepeda meski di masa normal baru.

Related Posts

  • 59
    Body Burn 45 Cara Kilat RampingTidak ada yang instan di dunia ini, termasuk untuk mendapatkan tubuh ideal harus ada perjuangan.  Saya melakukan program Body Burn 45 karena menjadi cara kilat ramping. Berat badan saya pernah naik hingga 70kg karena sempat menjalani perawatan untuk maag kronis. Sehingga saya harus menaikkan berat badan dari 57kg ke 65kg.…
    Tags: yang, dan, berat, badan, tidak, dengan, untuk, cara, turunkan, sehat
  • 36
    Madu 369 Menambah Berat Badan AnakMenambah berat badan anak memang menjadi PR bagi seorang ibu. Apalagi jika ditambah anak tidak mau makan. Darrel rutin mengkonsumsi madu 369 untuk menambah berat badan, yang awalnya kurus kini Darrel pun bisa gemuk dan mau makan. Orangtua mana yang tidak sedih jika badan anaknya kurus dan tidak mau makan.…
    Tags: dan, yang, untuk, badan, tidak, berat, dengan, cara

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers