Perkebunan teh Munnar
ASIA,  India,  Kerala Blog Express 7th,  Travel

Indahnya Perkebunan Teh Munnar, Kerala, India

Visits: 68

Munnar selalu menjadi simbol dari keindahan perkebunan teh. Perjalanan ke Munnar tidak akan lengkap tanpa menghirup aroma segar teh dari perkebunan teh yang indah ini. Munnar memang terkenal dengan perkebunan tehnya yang menakjubkan. Keindahannya telah menarik perhatian wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Dikenal karena perkebunan tehnya yang mengagumkan, Munnar adalah salah satu destinasi wisata paling populer di India.

Salah satu daya tarik utama adalah perkebunan teh Kolukkumalai di Munnar, yang terletak pada ketinggian mencapai 7900 kaki dan dapat dijangkau dengan jip. Kolukkumalai bukan hanya perkebunan teh tertinggi, tetapi juga yang terbesar di dunia. Teh Munnar terkenal karena kualitasnya yang premium dan rasa yang menyegarkan. Dari teh putih hingga teh hitam, Munnar menawarkan berbagai jenis teh yang memikat lidah.

Munnar Tea Plantation

Baca juga : Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, India

Jejak Sejarah Kisah Perkebunan Teh yang Megah

Perkebunan teh di Munnar memiliki sejarah yang kaya dan panjang, yang membangkitkan keindahan dan keharuman di pegunungan Kerala, India. Jejak sejarah ini membentuk warisan teh Munnar yang mengagumkan.

Perkebunan teh ini dimulai pada akhir abad ke-19, saat pemerintah Kolonial Inggris memperkenalkan tanaman teh di wilayah pegunungan India Selatan. Pada tahun 1877, A.H. Sharp, seorang pengusaha Inggris, mendirikan perkebunan pertama di daerah ini. Dengan kondisi iklim yang ideal dan tanah yang subur, Munnar segera menjadi pusat perkebunan teh terkemuka di India.

Perkebunan teh Munnar

Perkebunan teh Munnar saat ini dikelola oleh Tata Tea Limited, yang merupakan bagian dari Tata Group, salah satu perusahaan terkemuka di India. Tata Tea Limited, dengan pengalaman dan komitmen terhadap kualitas, telah menjaga keberlanjutan dan keunggulan perkebunan teh yang ada disini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suzan Oktaria (@suzannita)

Apa saja yang bisa dilakukan di Munnar?

Kami menikmati waktu yang indah di Munnar, Di pagi hari, petualangan dimulai dengan menjelajahi kawasan tertinggi yang ada disini, di antara daun-daun teh yang menari-nari di angin. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan selama di Munnar.

Tea Tour in Jeeps

Jeep sudah berbaris, ini adalah salah satu paket wisata yang ditawarkan yakni menikmati perkebunan teh dengan menggunakan jeep. Naik jeep ke perkebunan teh adalah salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Munnar. Jeep memungkinkan kita untuk menjelajahi area-area yang sulit dijangkau dengan kendaraan lain, memperluas cakrawala petualangan di antara tanaman teh yang hijau subur.

Tea tour in Jeeps

Di Munnar, terdapat berbagai paket wisata jeep yang ditawarkan untuk menikmati keindahan perkebunan teh. Harga paket biasanya bervariasi tergantung pada lama perjalanan, rute, dan fasilitas yang disediakan. Namun, secara umum, harga berkisar antara 1500 hingga 3000 Rupee India per orang, tergantung pada durasi dan jenis tur yang dipilih.

Menjelajahi perkebunan teh dengan tur jeep ini sangat mengasyikkan, embari menikmati keindahan alam, kita bisa belajar tentang proses pembuatan teh, dan merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan di Kerala, India.

Pekerja pemetik teh

Belajar Memetik Teh dengan Cara Menarik

Salah satu highlight dari tur perkebunan teh ini adalah pengalaman belajar memetik teh secara langsung. Dalam tur ini, kita diajarkan teknik memetik teh dengan menggunakan alat yang unik, mirip dengan gunting khusus untuk memetik daun teh. Alat ini memungkinkan kita memetik daun teh dengan cepat dan efisien, sambil menikmati proses yang menyenangkan dan mendidik.

Proses memetik teh bukan hanya tentang mengumpulkan daun teh, tetapi juga tentang menghargai kerja keras para petani teh dan proses pembuatan teh yang rumit. Dengan belajar memetik teh, kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang industri teh dan menghargai setiap cangkir teh yang kita minum.

Belajar Memetik Teh

Beli Teh Langsung dari Pabrik 

Kami berkunjung ke salah satu pabrik teh tertua di Munnar. Setibanya di pabrik teh, aroma harum teh menyelimuti udara dan pabrik-pabrik teh berdiri megah. Proses dimulai dengan pengeringan daun teh yang baru dipetik. Daun teh dikeringkan dengan hati-hati menggunakan metode tradisional atau mesin modern, tergantung pada jenis teh yang diproduksi.

Selanjutnya, daun teh yang sudah kering akan disortir dan dipilah dengan cermat sesuai dengan kualitas dan jenisnya. Proses ini memastikan bahwa hanya daun teh terbaik yang digunakan untuk produksi teh. Setelah itu, daun teh akan melewati proses penggulungan, di mana daun teh dihancurkan dan digulung untuk memperbaiki rasa dan aroma.

Aneka jenis teh dan kopi

Pabrik teh ini menghasilkan berbagai jenis teh yang memukau. Mulai dari teh hitam yang klasik hingga teh hijau yang menyegarkan, dan dari teh putih yang lembut hingga teh oolong yang kaya. Setiap jenis teh memiliki karakteristik dan cita rasa yang unik, mencerminkan keahlian dan dedikasi para pengrajin teh di pabrik ini.

Tentu saja, tidak lengkap sudah berkunjung ke pabrik teh, tanpa membawa pulang beberapa kemasan teh berkualitas. Di toko pabrik, kita dapat memilih berbagai jenis teh yang telah diproduksi di tempat ini. Dari kemasan mewah hingga kemasan yang lebih sederhana, pilihan teh yang tersedia memungkinkan kita untuk membawa pulang potongan keajaiban dari Munnar.

Trekking di Letchmi Hills

Trekking di Letchmi Hills

Saya langsung tunjuk tangan ketika diajak trekking aka hiking ke Letchmi Hills untuk berburu sunset. Dari 24 peserta hanya 6 orang yang ikut trekking ke Letchmi Hills. Kami berangkat jam 4 menuju Letchmi Hilss naik jeep menuju ke titik awal sekitar 1.420 meter di atas permukaan laut. Lalu kami berjalan kaki melewati perkebunan teh selama kurang lebih 30 sampai 40 menit, akhirnya sampai di rest point puncak bukit.

Perjalanan selanjutnya akan dilanjutkan di sepanjang punggung bukit dengan pemandangan menakjubkan di semua sisi. Kami jalan melewati padang rumput dan lereng gunung berbatu di satu sisi dan perkebunan teh di sisi lain, dengan pemandangan vegetasi hutan Shola dan pemandangan Gunung Anaimudi, puncak tertinggi di India Selatan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suzan Oktaria (@suzannita)

Mengikuti Kelas Teh

Setelah trekking kami mengikuti kelas teh di cafe milik Sebinster, yang menjadi guide kami saat trekking. Selain menjadi fotografer wildlife, Sebinster juga punya usaha tour 49 Route Adventure. Mengenal berbagai jenis teh menjadi pengalaman yang tak terlupakan karena memberikan wawasan baru. Setelah trekking kami mengikuti kelas pembuatan teh.

Jenis-jenis Teh Munnar

Teh Munnar dikenal karena kualitasnya yang premium dan rasa yang menyegarkan. Proses produksi di pabrik teh berpengaruh besar pada jenis-jenis teh yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa jenis teh Munnar yang dibedakan berdasarkan proses di pabrik:

1. Teh Hitam adalah varietas teh yang paling umum di Munnar. Daun teh yang dipetik diproses secara lengkap, memberikan cita rasa khas dan warna gelap yang kaya.

2. Teh hijau dihasilkan dengan menghentikan oksidasi daun teh setelah dipetik. Proses ini mempertahankan warna hijau cerah daun teh dan menghasilkan rasa yang segar dan ringan.

Kelas Teh

3. Teh oolong adalah campuran antara teh hitam dan teh hijau. Daun teh dioksidasi sebagian, menghasilkan rasa yang unik dan aroma yang kompleks.

4. Teh putih adalah varietas teh yang paling murni, dengan daun teh yang belum mengalami oksidasi. Ini memberikan rasa lembut dan aroma bunga yang halus.

Dengan berbagai jenis teh yang ditawarkan, pengalaman menikmati teh Munnar menjadi lebih berwarna dan menarik.

Menginap di Tea County

Rekomendasi buat yang ingin menginap di mana selama di Munnar adalah Tea County. Ini adalah resort  mewah. Saya mendapatkan banyak bantuan selama menginap di @ktdcteacountymunnar saat meminta tolong untuk menyiapkan bubur untuk Sylvia yang sakit hingga minta dibuatkan ginger shot.

Di setiap kamar terdapat penghangat ruangan jadi bisa membantu tidur dengan nyenyak walau udara sangat dingin di Munnar.
Tidak hanya itu ada camp fire di malam kedua disini, api unggun yang memang sengaja disiapkan untuk kami. Terima kasih banyak Tea County untuk 2 hari 2 malam yang sangat berkesan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Suzan Oktaria (@suzannita)

Perkebunan teh Munnar tidak hanya menyajikan minuman yang lezat, tetapi juga merupakan warisan budaya yang penting bagi Kerala dan India. Dengan keindahan alam yang menakjubkan dan kualitas teh yang luar biasa, Munnar terus menjadi destinasi yang dicari oleh pecinta teh di seluruh dunia.

Munnar tidak hanya tentang secangkir teh, tetapi juga tentang petualangan di antara kehijauan perkebunan teh yang memikat hati. Jadi, masukkan Munnar dalam daftar perjalanan kalian ya, dan nikmati pengalaman yang tak terlupakan di antara daun-daun teh yang menari di angin.

Related Posts

  • 55
    Pantai Pandawa Bali: Surga Tersembunyi Pulau DewataPantai Pandawa atau yang dikenal dengan sebutan Pantai Kutuh. Dibalik tebing-tebing batu yang kokoh, tersimpan keajaiban alam yang membuat pantai ini disebut juga sebagai "secret beach." Surga tersembunyi di ujung selatan Pulau Dewata ini bersembunyi di antara tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi, pantai ini punya pesona alam yang bikin mata…
    Tags: yang, di, dan
  • 55
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama alamnya yang memesona dan warisan budayanya yang kaya. Kalau kalian sedang mencari petualangan yang tak terlupakan, Thekkady adalah tempat yang…
    Tags: yang, dan, di
  • 54
    Panduan Lengkap Cara Membuat Visa IndiaBagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis. Apakah India masuk dalam daftar impian destinasi perjalanan kamu? Dari pemandangan epik Taj Mahal hingga keanekaragaman budaya yang memukau, India menawarkan pengalaman yang tidak akan…
    Tags: yang, dan, di
  • 52
    Lowongan Kerja Astra 2023 Telah Dibuka, Daftar SegeraJakarta, suzannita.com - Salah satu anak perusahaan PT. Astra International yang bergerak di bidang transportasi & logistik, yaitu PT Serasi Autoraya kembali membuka lowongan pekerjaan terbaru 2023. Tersedia peluang bekerja untuk lulusan mulai D3, hingga S1. Sekilas mengenai perusahaan, PT. Serasi Autoraya (SERA) saat ini telah dikenal luas sebagai salah…
    Tags: yang, dan, di
  • 49
    Menjelajahi Pesona Pattaya: Parasailing & Water Sport MemikatWisata Pattaya, Thailand jadi daya tarik wisatawan datang. Siapa sih yang tak tergoda oleh keindahan Pantai Pattaya. Saya pun menikmati pesona pantai Pattaya yang tak terlupakan, mulai dari atraksi parasailing yang mendebarkan hingga snorkeling dan beragam watersport lainnya di Coral Island dan Sak Island yang memikat. Pattaya, dengan pantainya yang…
    Tags: yang, dan, di

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com