Wat Hat Yai Nai - Sleeping Budha
Lifestyle,  Thailand,  Travelling

Melihat Sleeping Buddha di Hat Yai Thailand

Sharing is caring!

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berada di Hatyai adalah melihat sleeping Buddha Hat Yai di Wat Hat Yai Nai Temple. Tempat beribadah umat Budha di Hat Yai juga dikunjungi oleh para wisatawan yang beragama budha untuk beribadah disini. Tempat ini juga terbuka bagi umat ibadah lain.

Gerbang Wat Hat Yai Nai
Gerbang Wat Hat Yai Nai

Cara ke Wat Hat Yai Nai (Sleeping Buddha)

Untuk menuju Wat Hat Yai Nai rumah bagi Reclining Buddha yang terbesar di Hat Yai ini saya menggunakan sejenis motor songthew warna putih, lalu bilang pada sopirnya untuk turun di Wat Hat Yai Nai. Sang sopir akan langsung membawa kita di Wat Hat Yai Nai. Biaya perjalanan dengan songthew sebesar 10 Baht (Rp.3800).  Selain itu kita bisa juga menggunakan Tuk Tuk maupun kendaraan online untuk menuju Wat Hat Yai Nai Temple ini.

Komplek Wat Hat Yai Nai Temple
Komplek Wat Hat Yai Nai Temple

Baca juga : Menikmati Perjalanan Naik Kereta ke Thailand

Pelajaran berharga bagi saya adalah harus bolak balik ke guethouse tempat saya menginap untuk menanyakan secara detil kepada sang pemilik hingga mencatat tujuan saya sebelum pergi kemana-mana. Karena awalnya saya langsung pergi dan ternyata banyak masyarakat di Hat Yai tidak mengerti bahasa Inggris ataupun Melayu. Selain itu cara terbaik dengan menggunakan internet atau google maps yang tentunya juga membantu kita hanya saja, kita harus selalu siap jika kita tidak bisa terkoneksi dengan internet.

Kompleks Wat Hat Yai Nai Temple 
Kompleks Wat Hat Yai Nai Temple

Wat Hat Yai Nai Temple 

Saya sangat dibantu oleh sang driver, bahkan yang memfoto saya disini adalah driver songthew yang mengantarkan saya.  Perjalanan dari pusat kota ke Wat Hat Yai Nai Temple ini ditempuh sekitar 30 menit. Songthew langsung berhenti tepat didepan pelataran kuil.

Kompleks Wat Hat Yat Nai
Kompleks Wat Hat Yat Nai

Untuk masuk ke Wat Hat Yat Nai ini tidak dipungut biaya. Komplek Wat Hat Yai Nai ini sendiri sangat luas dan terdapat banyak bangunan besar yang berada disekitar patung Budha besar ini. Ada bangunan yang digunakan untuk retret, ada juga bangunan yang bisa disewakan untuk kelompok yang ingin merasakan pengalaman rohani disini.

Patung Sleeping Buddha Hat Yai
Patung Sleeping Buddha Hat Yai

Selain itu di kawasan ini ada juga tempat tinggal para biksu. Bahkan ada juga aula kecil yang bisa digunakan untuk berdoa. Banyak pengunjung yang datang juga mengabadikan kenangan dengan berfoto bersama patung buddha tidur terbesar ketiga di dunia tersebut.

Patung Buddha Tidur
Patung Buddha Tidur

Terdapat beberapa Patung Buddha Tidur di Thailand, salah satunya berada di Wat Hat Yai Nai. Kuil terbuka yang  terbuka untuk umum ini terbilang megah. Disini terdapat Patung Buddha Tidur berukuran 35 meter, lebar 10 meter dan tinggi 15 meter. Patung tersebut itu terbaring miring dengan posisi salah satun tangan ditekuk dan menopang kepala. Patung Buddha Tidur yang terdapat di Hat Yai ini merupakan salah satu patung Buddha tidur terbesar ketiga di dunia.

Wat Hat Yai Nai - Sleeping Budha
Wat Hat Yai Nai – Sleeping Budha

Biasanya di sekitar Patung Buddha Tidur ini ada biksu yang akan memberikan berkat atau doa untuk siapapun yang meminta. Sebagian wisatawan beragama Budha yang datang ke Wat Hat Yai Temple ini karena untuk berdoa. Bagi pengunjung yang datang ke kuil untuk berdoa biasanya dianjurkan memberikan sumbangan sebagai bentuk tanda syukur.

Patung Buddha Tidur
Patung Buddha Tidur

 

Patung Buddha Tidur ini memang menjadi magnet orang untuk datang berkunjung baik untuk berdoa maupun juga untuk foto-foto. Tidak ada larangan khusus untuk foto-foto, asalkan tidak mengganggu ketertiban dan ketenangan di dalam area kuil ini.

Wat Hat Yai Nai Temple
Wat Hat Yai Nai Temple

Di sisi lain kuil ini juga terdapat banyak ornament, patung Budha maupun  patung biksu. Dalam komplek kuil selain ada ruang aula pertemuan unik yang besar dan terlihat sudah tua. Bangunan di kawasan ini memiliki bentuk atap yang khas berundak tiga dengan ujung atap yang melengkung keatas.

Wat Hat Yai Nai Temple
Wat Hat Yai Nai Temple

Di area kompleks kuil ini terdapat salah satu ruangan karena saya tidak mengerti saya hanya masuk ke dalam ruangan dan melihat-lihat.

Wat Hat Yai Nai Temple
Wat Hat Yai Nai Temple

Sekilas saya berpikir area ini ada toko tempat penjualan pernak pernik souvenir, karena banyak juga pengunjung yang datang membeli lalu keluar lagi.

Wat Hat Yai Nai Temple
Wat Hat Yai Nai Temple

Pada dinding diseluruh ruangan ini terdapat banyak laci dan terdapat foto serta nama yang di laci tersebut. Awalnya saya tidak mengerti dan tidak mengetahui apa yang ada disana, setelah saya perhatikan secara seksama ternyata ini merupakan makam alias kuburan.

Area Makam di Wat Hat Yai Nai Temple
Area Makam di Wat Hat Yai Nai Temple

Di dalam laci itu terdapat abu-abu dari orang yang meninggal yang diletakkan disini. Sehingga yang keluar masuk dan mengantri masuk ke ruangan ini adalah para keluarga yang ingin berdoa untuk  keluarga mereka yang sudah meninggal.

Wat Hat Yai Nai Temple
Wat Hat Yai Nai Temple

Penasaran dengan Wat Hat Yai Nai dan ingin melihat patung Buddha Tidur, ayo siapkan tiket kalian sekarang juga ke Hat Yai ya.

Wat Hat Yai Nai
Alamat: 6/1 Soi Sakornmongkol, Tambon Khuan Lang, Hat Yai District, Songkhla 90110, Thailand
Jam Buka: 08:00-17:00

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

21 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com