Hat Yai Municipality Park
Lifestyle,  Thailand,  Travelling

Eksplore Keindahan Hat Yai Municipality Park

Sharing is caring!

Jika sudah berada di Hat Yai sempatkan untuk mengekplore keindahan Hat Yai Municipality Park, taman kota Hat Yai. Destinasi wisata favorite di Hat Yai ini karena terdapat patung Buddha (Phra Buddha Mongkol Maharaj) berlapis emas dan berukuran besar, berdiri menjulang dan sangat iconic di Hat Yai.

Hat Yai Municipality Park
Hat Yai Municipality Park

Kawasan wisata yang terkenal di Hat Yai berlokasi di Kanchawanit Road, area perbukitan ini juga memiliki tempat berdoa bagi umat Buddha karena ada patung Buddha, Dewa Brahma, dan Dewi Welas Asih Kuan Im. Cuaca di kawasan ini terkadang tidak menentu, saat tiba cuaca mendung dan hujan mengguyur. Saya pun menunggu hingga hujan reda.

Danau Buatan
Danau Buatan dan Pemandangan Yang Menyegarkan

Di kawasan ini terdapat danau buatan, taman-taman yang indah dan tentunya hamparan tanaman hijau nan subur yang menjadikan udara disini sangat segar. Setelah dari Wat Hat Na Yai, saya langsung mengunjungi kawasan wisata yang terkenal di Hat Yai.

Baca juga : Melihat Sleeping Buddha di Hat Yai Thailand

Menikmati Pemandangan di sekitar Danau
Menikmati Pemandangan di sekitar Danau

Cara ke Hat Yai Municipality Park

Ada banyak cara menuju Hat Yai Municipal Park ini, salah satunya dengan sewa ojek, naik grab, tuk tuk atau pun songthew.  Ternyata mengeksplore wilayah Hat Yai sendirian itu sangat menyenangkan, setelah dari Wat Hat Yai Nai, saya bertemu dengan seorang bapak-bapak yang menawarkan jasanya. Berbekal tulisan dari pemilik hostel, sang bapak pun langsung setuju mengantarkan saya menuju Hat Yai Municipality Park.

Ojek di Hat Yai
Ojek di Hat Yai

Sang bapak mengantarkan saya langsung ke tujuan, jarak Hat Yai Municipality Park. dari pusat kota Hat Yai sendiri hanya sekitar 15 menit saja sudah tiba di tujuan. Sang bapak akan menjemput saya kembali sekitar 2 jam dari waktu saya tiba. Jangan tanya pakai bahasa apa ya, saya pakai bahasa isyarat dan google translate.

Naik Ojek ke Hat Yai Municipality Park
Naik Ojek ke Hat Yai Municipality Park

Jika sudah tiba di kawasan taman ini dan tidak membawa kendaraan, tenang dan jangan khawatir karena ada kendaraan yang bisa ditumpangi untuk naik ke atas bukit dan melihat kawasan Hat Yai Municipality Park ini. Beruntungnya saya diantarkan langsung oleh salah seorang petugas yang sangat baik bahkan dia tidak mau dibayar. Meskipun saya tidak kenal dengan bapak satu ini. Alhamdulillah.

Bertemu petugas baik di Hat Yai Municipal Park
Bertemu petugas baik di Hat Yai Municipal Park

Jalan menuju puncak kawasan ini sangat terjal, menanjak dan berliku itu terpal. Jarak dari pintu masuk ke puncak bukit sekitar 2 km. Jika berjalan membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit dari bawah  mencapai puncak bukit.

Hat Yai Municipal Park

Di kawasan Hat Yai Municipal Park terdapat banyak objek wisata Hat Yai yang menarik, yang paling terkenal adalah patung Buddha berdiri atau Standing Buddha (Phra Buddha Mongkol Maharaj). Patung berlapis emas dan berukuran besar ini tegak berdiri dan menjadi icon di kawasan ini. Patung Buddha terbesar dalam postur blesing di Thailand Selatan ini dibangun pada tahun 1999 dengan ketinggian 19,90 meter tidak termasuk dasarnya dan beratnya mencapai 200 ton.

Patung Buddha berdiri (Phra Buddha Mongkol Maharaj)
Patung Buddha berdiri (Phra Buddha Mongkol Maharaj)

Untuk melihat seluruh kawasan ini sendiri tidak dipungut biaya alias gratis. Seperti Wat yang lainnya, di bawah patung Buddha ini terdapat ruangan yang digunakan untuk berdoa dan kita pun bisa masuk untuk melihat-lihat. Saya sendiri memilih tidak masuk dan menghabiskan waktu dengan foto-foto di luar. 

Pemandangan Hat Yai dari atas bukit
Pemandangan Hat Yai dari atas bukit

Karena letak patung Buddha ini di atas perbukitan, saat tiba disini di puncak kawasan ini, kita bisa melihat pemandangan kota Hat Yai.  Alhamdulillah saya beruntung karena cuaca cerah dan langit pun berwarna biru setelah diguyur hujan. Di kawasan ini juga ada wahana kereta gantung yang bisa kita naiki tiketnya seharga 200 Baht. Letaknya sendiri persis berada di area samping Patung Buddha ini.

Hat Yai Observatory
Hat Yai Observatory

Karena ditemani oleh petugas yang baik, saya tidak naik Cabble Car. Di kawasan ini  ada juga four face Buddha, Guan Yin Temple atau Kuil Dewi Kwan Im, Hat Yai Cable Car hingga Hat Yai Observatory. Saya pun langsung diajak melihat seluruh kawasan tersebut.

Di depan Hat Yai Observatory
Di depan Hat Yai Observatory

Setelah itu perjalanan dilanjutkan melihat daya tarik kawasan wisata ini seperti kuil Brahman,  Guan Yin Temple hingga patung Budha perut besar hingga Kaisar Giok di lereng bukit.

Guan Yin Temple
Guan Yin Temple

Kawasan yang disebut sebagai tempat sejuta doa ini dikunjungi oleh umat Buddha dari seluruh penjuru dunia termasuk juga dari Indonesia.  Banyak juga yang datang untuk berdoa dan memberikan sumbangan di kuil Dewi Kuan Im sebagai ucapan terima kasih setelah doa dan harapan mereka terkabul.

Kaisar Giok di Hat Yai Municipality Park
Kaisar Giok di Hat Yai Municipality Park

Kawasan yang buka dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam ini selalu ramai dikunjungi terutama saat puncak musim doa. Selain banyak yang berwisata, berdoa, kawasan ini juga cocok dijadikan tempat berolahraga. Banyak juga yang jogging disekeliling taman.  Terkadang ada banyak acara istimewa digelar di sini, seperti Lantern Festival dan Ice Dome.

Memberi makan ikan di danau
Memberi makan ikan di danau

Selain itu kita juga bisa memberi makan ikan-ikan yang ada di danau, untuk makanan ikan bisa kita beli di toko-toko yang berada di dekat danau ini. Selain itu kita juga bisa menikmati makanan lokal yang dijual disini selain bisa puas mengambil foto dan melihat panorama keindahan Hat Yai.

Memorial Park
Memorial Park

Bagi yang ingin berkunjung ke kawasan ini siapkan waktu yang cukup panjang untuk bisa mengeksplore keindahan Municipal Park ini ya.

Hat Yai Municipality Park
Alamat: Kanchanawanit Rd., Kho Hong, Hat Yai, Songkhla 90110 Thailand
Jam Buka: 06:00-21:00

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com