naik kereta ke Thailand
Lifestyle,  Malaysia,  Thailand,  Transportasi

Menikmati Perjalanan Naik Kereta ke Thailand

Sharing is caring!

Bagi yang memiliki budget terbatas, ada banyak cara untuk menikmati perjalanan wisata seperti ke Thailand, yakni dengan naik kereta ke Thailand. Memang cara tercepat adalah menggunakan pesawat, jika dari Malaysia ke Thailand hanya butuh waktu sekitar 55 menit. Namun bagi yang ingin mengeksplore sisi lain Thailand bisa menggunakan kereta.

KL Central Station
KL Sentral Station

Perjalanan kereta api di Thailand nyaman dan mudah. Untuk kereta jarak jauh kita bisa keberangkatan siang hari atau juga malam. Ada sleeping train kelas 1 dengan kabin 2-tempat tidur dan kelas 2 yang tidur dengan tempat tidur terbuka.

Naik kereta ke Thailand
Naik kereta ke Thailand

Ada dua rute yang bisa dipilih dari Kuala Lumpur naik kereta ke Thailand. Kita bisa memilih memilih rute dari Kuala Lumpur ke Bangkok ataupun Phuket via Hat Yai ataupun via Butterworth.

1. Rute Kuala Lumpur – Hat Yai – Phuket / Bangkok
Bagi yang ingin menuju Phuket kita bisa naik kereta dari Kuala Lumpur – Hat Yai – Phuket.  Perjalanan ini ditempuh sekitar 20 Jam.  Tiba di Hat Yai kita bisa memilih menggunakan bis menuju Phuket. Sedangkan untuk tujuan ke Bangkok kita bisa memilih dari 3 jenis kereta yakni Rapid Trains, Special Express Trains dan Special Express Diesel Railcar.

2. Rute Kuala Lumpur– Butterworth – Bangkok
Selain itu ada juga rute kedua yang juga dari Kuala Lumpur namun menggunakan kereta menuju Butterworth. Dari Butterworth ke Bangkok, kita bisa naik Kereta Antarbangsa dengan nomor 36. Budget yang dikeluarkan sekitar Rp. 360.000.

Tiket Kereta KTM
Tiket Kereta KTM

Kuala Lumpur – Padang Besar

Saya memilih menggunakan sleeping train milik KTM, saat berangkat  Lama perjalanan dari KL ke Padang Besar sekitar 12 jam. Saya berangkat jam 00.00 waktu Kuala Lumpur dan tiba pukul 06.00 waktu setempat. Harap diperhatikan tiket keberangkatan karena saya sendiri sempat salah, karena berangkat di pukul 00.00 itu adalah menunjukkan mengawali hari. Tiket saya di tanggal 19 November pukul 00.00 karena lalai saya berangkat di tanggal 20 November sehingga membuat saya harus membayar kembali tiket.

KTM Sleeping Train
KTM Sleeping Train

Merasakan Sleeper Train 

Saya memilih mencoba menggunakan sleeping train karena ingin merasakan sensasi naik kereta malam dan tidur seperti ini. Disini saya memilih di bed atas karena menurut saya lebih aman.  Sebenarnya kita tidak bisa langsung tidur saat tiba, karena ada pengecekan tiket dari petugas.

Sleeping Train KTM
Sleeping Train KTM

Kereta berangkat sesuai jadwal, jangan khawatir jika ingin mengganti tempat bisa dilakukan saat perjalanan ke Hat Yai dari Padang Besar. Tempat tidur nya juga sangat nyaman dan aman dengan AC yang sejuk. Di tempat tidur sudah tersedia selimut dan bantal yang dibungkus plastik serta botol air plastik.

Kereta di Padang Besar Station
Kereta di Padang Besar Station

Setelah tiba di Stasiun Padang Besar, saya langsung bergegas turun sembari membawa seluruh tas dan bawaan. Karena untuk melintasi imigrasi semua barang akan diperiksa secara seksama.

Transit di Padang Besar

Mengisi data imigrasi masuk ke Hatyai
Mengisi data imigrari masuk ke Hatya

Padang Besar merupakan kota perbatasan antara Malaysia dan Thailand. Kota ini sendiri sebagian merupakan wilayah Malaysia dan ada bagian lain dari wilayah Thailand.  Begitupun untuk stasiun keretanya terdapat peron bagian Malaysia dan Thailand. 

Antri di Imigrasi Padang Besar
Antri di Imigrasi Padang Besar

 

Saat tiba di Padang Besar, petugas di peron akan langsung mengarahkan seluruh penumpang untuk menuju bagian imigrasi agar melakukan proses keimigrasian. Proses imigrasi ini sendiri berjalan sangat cepat. Saya hanya perlu memberikan paspor ke petugas imigrasi Malaysia lalu berjalan ke imigrasi Thailand, kemudian paspor saya terima dan selesai. Proses sendiri hanya butuh waktu sekitar 5 menit. Tidak ada pertanyaan khusus ataupun antrian panjang.

Padang Besar Station
Padang Besar Station

 

 

Setelah menyelesaikan proses imigrasi saya pun transit sebentar di Padang Besar, sembari menunggu waktu keberangkatan ke Hat Yai. Di stasiun ini terbilang cukup lengkap tidak hanya ada tempat menunggu, toilet berbayar  lengkap dengan tempat mandi, mushola hingga water fountain untuk mengisi air minum.

Padang Besar Station
Padang Besar Station

Ada banyak kios yang menjual makanan Malaysia seperti nasi lemak, nasi Kandar maupun kue-kue dan roti. Penjual di stasiun ini menerima mata uang Baht dan Ringgit. Jadi kalau masih ada sisa ringgit bisa dihabiskan disini.

Kedai Makan di Padang Besar Station
Kedai Makan di Padang Besar Station

Padang Besar – Hat Yai

Setelah waktu keberangkatan tiba, saya pun melanjutkan perjalanan ke Hat Yai.  Jalur dari Padang Besar menuju Hat Yai dan sebaliknya merupakan hasil kerjasama State Railways of Thailand (SRT) dan Malaysian Railways (KTM Berhad). Untuk lama perjalanan dari Padang Besar ke Hat Yai hanya sekitar 55 menit saja.

Hat yai Train Station
Hat Yai Train Station

Stasiun Kereta Api Hat Yai

Stasiun Kereta Api Hatyai terletak di pusat kota dan merupakan stasiun kereta api utama dan pusat transportasi untuk perjalanan antara Provinsi Selatan Thailand serta Surat Thani, Bangkok, Koh Lipe dan Malaysia. Stasiun Kereta Api Hatyai juga menjadi titik penghubung utama antara jaringan kereta api serta layanan bus menuju selatan menuju Malaysia dan Singapura.

Hat Yai Train Station
Hat Yai Train Station

Kita bisa menuju Bangkok dari Hatyai, stasiun kereta ini mengoperasikan lima kereta per hari sedangkan enam kereta tersedia dari Hatyai ke Sungai Kolok. Kereta Api Negara Thailand saat ini mengoperasikan operasi kereta api di dalam Stasiun Kereta Api Hatyai. Tiket kereta api sendiri saat ini sudah bisa dibeli secara online di situs web bersama dengan jadwal kereta masing-masing.

Hat Yai Train Station
Hat Yai Train Station

Disini terdapat berbagai tempat makan murah serta restoran juga dapat diakses dalam platform yang sama. Selain itu ada juga mushola, customer service, tidak hanya melayani pembelian tiket ada juga pengiriman paket dan kargo.

Hat Yai Train Station
Hat Yai Train Station

Hat Yai – Bangkok

Bagi yang ingin menuju Bangkok, ibu kota Thailand. Kita bisa memilih 3 jenis kereta yang ada yakni Rapid Trains (kereta bisnis, ber-AC dan tersedia tempat tidur), Special Express Trains (kereta eksekutif dan tersedia tempat tidur) dan Special Express Diesel Railcar (kereta bisnis dengan fasilitas makan dan minum). Harga sleeper train non-AC sekitar 505 Baht.

Sleeping Train
Sleeping Train

Perjalanan dari Hat Yai ke Bangkok ditempuh sejauh 945 km yang membutuhkan waktu 16-18 jam sesuai jenis kereta yang dipilih. Saat tiba di Stasiun Hua Lampong di Bangkok, kita bisa langsung mengeksplor wilayah Bangkok dengan mudah karena disini banyak tersedia transportasi umum. Jika sudah lelah dengan perjalanan jauh kita juga bisa menggunakan taxi untuk langsung menuju hotel dan beristirahat.

Hat Yai – Phuket 

Bagi yang ingin menuju ke Phuket, setibanya di Hat Yai, kita harus melanjutkan dengan menggunakan bus. Untuk yang solo traveling atau backpacker tentunya tidak terlalu ribet, hanya bagi yang membawa keluarga dan anak, agak sedikit repot ya.  Kita bisa membeli tiket secara online, ada bus yang murah seharga Rp30.000-50.000,- namun jika ingin lebih nyaman kita bisa memilih bus besar premium class dengan harga tiket 535 Bath per orang sekitar Rp250.000,- dan 344 Bath atau Rp 160.000,- untuk executive class.

Transit di Hat Yai
Transit di Hat Yai

Transit dan City Tour Hat Yai

Hat Yai dikenal sebagai tujuan wisata akhir pekan. Hatyai terkenal dengan patung Buddha yang berada di perbukitan, pasar terapung, wisata kuliner, taman, dan pemandangan unik. Kota ini terkenal meski berada di ujung selatan Thailand, apalagi di wilayah ini terkenal dengan wisata belanja, atraksi hiburan, dan wisata kuliner. Disini terdapat destinasi wisata budaya Wat Hat Yai Nai serta Municipal Park yang ramai dikunjungi wisatawan.

Bagaimana menurut kalian, berminat tidak mencoba kereta menuju Thailand? Ayo siapkan paspor kalian ya dan berangkat mengeksplore Thailand.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com