Siapkah Menjadi Full Time Blogger

Ingin menjadi full time blogger? Ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk beralih dari part time ke full time blogger.

Sudah Siapkah Menjadi Full Time Blogger?

Saya selalu menanyakan pertanyaan ini selama satu tahun terakhir, apakah saya sudah siap menjadi full time blogger. Ada beberapa teman saya yang memutuskan menjadi full time blogger, resign dari tempat mereka bekerja.

Namun saya hingga saat ini masih menjadi part time blogger dan belum berani memutuskan karir sepenuhnya sebagai blogger.

Membuat Blog dari Nol

Mengapa Memilih Menjadi Full Time Blogger?

Keputusan untuk menjadi full time blogger bukanlah hal yang bisa dianggap enteng. Ini berarti meninggalkan zona nyaman dengan gaji bulanan serta berbagai benefit dari pekerjaan saat ini.

Keputusan ini akan berdampak pada banyak aspek kehidupan, termasuk kebiasaan sehari-hari dan pengelolaan keuangan pribadi.

Karena saya harus meninggalkan zona nyaman saya menerima gaji bulanan termasuk dengan segala benefit yang saya terima dari pekerjaan saya saat ini.

Penghasilan dari blog saya saat ini hampir menyamai gaji dari pekerjaan utama. Meski begitu, ada beberapa keuntungan dan tantangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjadi full time blogger.

Keuntungan Menjadi Blogger

Memang ada banyak hal yang harus dilakukan saat menjadi blogger seperti harus pintar mengatur waktu hingga tetap konsisten menulis blog. Namun demikian ada banyak kelebihannya menjadi blogger.

1. Mendapatkan penghasilan tambahan

Saat memilih menjadi part time blogger, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog baik berupa iklan adsense ataupun placement post dan posting blog berbayar.

Sehingga saya bisa mendapatkan penghasilan baru selain sumber penghasilan utama dari pekerjaan saya saat ini. Sehingga aktivitas blogging ini menjadi peluang penghasilan tambahan yang saya dapatkan dari hobi saya.

2. Lebih pintar mengatur waktu

Menjadi blogger paruh waktu artinya saya harus lebih pintar dalam mengatur waktu saya dalam menentukan deadline tulisan di blog.

Ataupun saat menghadiri event-event blogger dan undangan perjalanan ke suatu tempat. Meski memang saya harus terbatas oleh waktu pekerjaan yang saya jalani.

3. Tidak ada tekanan finansial

Ketakutan terbesar hampir semua orang adalah tidak mendapatkan penghasilan atau tidak ada jaminan finansial. Karena memilih menjadi part time blogger saya bisa bebas melakukan apapun.

Saya bisa melakukan sesuatu yang saya cintai, meski tidak mendapatkan imbalan dari yang saya lakukan. Pasalnya saya masih memiliki sumber penghasilan utama dari pekerjaan saya.

Sehingga tidak ada tekanan finansial yang menghadang di depan mata. Tidak ada tuntutan terlalu besar karena harus menghasilkan uang dari blog.

4. Kesempatan belajar hal baru

Melakukan hal yang disukai atau berawal dari hobi seperti blogging ini akan memberikan kesempatan bagi kita untuk belajar hal baru. Pasalnya kita bisa melakukan seiring jalan alias learning by doing seperti bagaimana cara menghasilkan uang dari aktivitas blogging secara benar dan menguntungkan.

Tantangan Menjadi Full Time Blogger

1. Ketidakpastian Finansial

Tidak ada jaminan gaji tetap setiap bulan. Pendapatan bisa fluktuatif tergantung pada traffic blog dan kesepakatan dengan sponsor.

2. Tekanan untuk Menghasilkan Konten

Kita harus terus-menerus menghasilkan konten baru yang menarik untuk mempertahankan pembaca dan traffic blog.

3. Manajemen Waktu

Meski fleksibel, manajemen waktu yang buruk bisa menyebabkan produktivitas menurun dan mengganggu keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional.

Langkah-langkah Siap Menjadi Full Time Blogger

1. Evaluasi Keuangan

Pastikan kita memiliki tabungan yang cukup untuk menutupi biaya hidup setidaknya selama 6 bulan ke depan sebelum memutuskan untuk memilih karir blogger sepenuhnya.

2. Tentukan Niche dan Branding Blog

Fokus pada niche yang di kuasai dan yang memiliki potensi pasar besar. Branding blog yang kuat akan membuat kita mudah dikenali dan diingat oleh pembaca.

3. Tingkatkan Traffic Blog

Gunakan teknik SEO, media sosial, dan kolaborasi dengan blogger lain untuk meningkatkan traffic blog. Traffic yang tinggi akan menarik lebih banyak iklan dan sponsor.

4. Tambah Sumber Penghasilan

Selain dari iklan, manfaatkan affiliate marketing, produk digital, dan jasa konsultasi untuk meningkatkan pendapatan.

5. Bangun Jaringan dan Komunitas

Terlibat dalam komunitas blogger dan media sosial untuk membangun jaringan yang kuat dan mendapatkan dukungan.

Menjadi full time blogger

Memilih Karir Sebagai Blogger

Pilihan untuk memilih karir sebagai blogger yang professional adalah keputusan besar yang memerlukan persiapan matang dan pertimbangan serius.

Nah dengan mempertimbangkan keuntungan dan tantangan, serta mengikuti langkah-langkah yang tepat, kita bisa sukses menjalani karir sebagai blogger.

Kalau merasa siap, mulailah rencanakan hari ini dan nikmati kebebasan dan kreativitas yang ditawarkan oleh dunia blogging.

Apakah sudah siap untuk menjadi full time blogger? Share pendapatan kalian di kolom komentar di bawah ini ya. Kalau kalian memilih yang mana?

Related Posts

  • 63
    Selamat Datang di Blog SuzannitaSelamat Datang di Blog Suzannita.com, kalian bisa temukan inspirasi, cerita perjalanan,  review produk, pengalaman, dan tips menarik. Blog ini adalah wadah untuk berbagi cerita, pandangan, dan pengetahuan yang bermanfaat bagi…
    Tags: dan, saya, yang, blog, untuk, ini
  • 57
    Standard Chartered Hong Kong Marathon 2018 Penuh CeritaStandard Chartered Hong Kong Marathon 2018 ini merupakan race pertama saya di tahun 2018 ini. Sejak awal target saya hanya bisa finish sebelum COT (cut of time). Pengalaman Mengikuti Standard Chartered HK…
    Tags: saya, yang, dan, ini, untuk, menjadi, dari
  • 55
    Cara Membuat Blog dari Nol, Panduan untuk PemulaMembuat blog dari nol juga begitu mudah. Hanya beberapa langkah saja tapi memang butuh sedikit usaha ya. Bagi yang suka menulis, tidak ada salahnya menyalurkan dengan menulis di blog. Tulisan…
    Tags: dan, yang, blog, untuk, dari
  • 54
    Mewujudkan impian bagi setiap orang, tentu menjadi satu hal yang harus dilakukan. Seperti itulah yang saya lakukan sekarang. Satu per satu impian masa kecil saya terwujudkan. Alhamdulillah meski dalam bentuk…
    Tags: saya, dan, menjadi, yang
  • 50
    Tokyo Marathon 2018 Senangnya Bawa Medali PulangTokyo Marathon 2018 menjadi pengalaman World Major Marathon yang pertama bagi saya. Alhamdulillah saya beruntung bisa menjadi salah satu peserta. Tidak mudah untuk ikut sebagai peserta karena harus melewati ballot…
    Tags: saya, yang, dan, untuk

27 thoughts on “Siapkah Menjadi Full Time Blogger”

  1. Iya tuh mbak, pilihan untuk menjadi part time blogger atau full blogger sejujurnya berat. keluar dari zona nyaman gaji bulanan itu yang ngeri 😀

    Reply
  2. setuju banget sama opini mbak suzan, jadi full time blogger bukan perkara mudah. itupun yang selama setahun ini jadi pergumulanku, dimana ingin fokus membuat konten tapi ga mau lepas dari zona nyaman, karena ya memang nggak mudah. mengingat persaingan di karir ini juga cukup berat dan tentunya ga ada jaminan. tapi suatu saat nanti aku berharap bisa jadi full time blogger sih hehe 😀

    Reply
  3. Saat ini kl aku masi part time gitu karena kerjaanku gak cuma di blogger hihi akujuga seorang mua yang jadwalnya gak nentu daaan suka tb2 banyak yg les juga tp sejauh ini aku menikmati sekali jd seorang blogger wakau hanya part-time

    Reply
  4. Salah satu hal yang kusukai dr kegiatan ngeblog emang bisa nambah pengetahuan, wawasan baru, juga pertemanan. Yaaa pendapatan jg sih hehe.
    Kalau jd full blogger kyknya saat ini blm, mungkin nanti saat anak2 besar dan aku bisa fokus dengan karya2ku kali ya.
    Ini kenapa aku numpang curhat di mari yaaaaa haha #kaboorr

    Reply
  5. Walaupun sudah resign, saya tetap belum bisa menyebut diri sebagai full time blogger, karena tetap pekerjaan utama saya saat ini sebagai ibu rumah tangga, dan blogger sebagai sampingan aja

    Reply
  6. So far aku masih jadi part time blogger nih, mbak. Pengen juga jadi full time blogger, tapi yang namanya tekanan sosial itu tetap saja ada. Karena orang-orang sekitar masih belum paham dengan job sebagai blogger. 🙁

    Reply
  7. Kalo udah nyaman di kerjaan utama, jadinya mending part time aja ya ngeblognya. Kecuali kalo udah cinta banget di blogging dan ga nyaman dgn pekerjaan utama.

    Reply
  8. betul mbak, tidak ada tekanan finansial bikin hati senang
    bekerja sesuai hal yang kita cintai dan kita dibayar untuk hal itu
    blogger memang sudah bs dikatakan sebagai profesi ya

    Reply
  9. Aku sudah resign sih dari tempat kerja Dan memutuskan kerja dari rumah saja. Tapi masih berat juga menyebut diri full time blogger soalnya masih belum konsisten ngeblognyaaa

    Reply
  10. kalo boleh dibilang aku pun sekarang udah jadi fulltime blogger Mba.. tapi merangkap ibu rumah tangga juga sih.. hehe.. profesi ini mengajarkan banyak sekali hal baru, terutama melatih kedisiplinan dan kreativitas 🙂

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com