Full Time Blogger, Siapkah Menjadi Full Time Blogger, Jurnal Suzannita
Blogosphere,  Lifestyle

Siapkah Menjadi Full Time Blogger

Sharing is caring!

Saya selalu menanyakan pertanyaan ini selama satu tahun terakhir, apakah saya sudah siap menjadi full time blogger. Ada beberapa teman saya yang memutuskan menjadi full time blogger, resign dari tempat mereka bekerja. Namun saya hingga saat ini masih menjadi part time blogger dan belum berani memutuskan jadi full time blogger.

Jujur pilihan menjadi full time atau part time blogger adalah hal serius. Karena saya harus meninggalkan zona nyaman saya menerima gaji bulanan termasuk dengan segala benefit yang saya terima dari pekerjaan saya saat ini.

Full Time Blogger, Siapkah Menjadi Full Time Blogger, Jurnal Suzannita

Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada banyak hal baik dari kebiasaan yang saya lakukan termasuk mengatur flow keuangan pribadi. Sampai saat ini saya menikmati hasil dari aktivitas blogging meski hanya paruh waktu. Penghasilan dari blog saya sendiri hampir menyamai gaji dari pekerjaan utama saya.

Memang ada banyak hal yang harus dilakukan saat menjadi part time blogger seperti harus pintar mengatur waktu hingga tetap konsisten menulis blog. Namun demikian ada banyak kelebihannya menjadi part time blogger.

Memang ada banyak hal yang harus dilakukan saat menjadi part time blogger seperti harus pintar mengatur waktu hingga tetap konsisten menulis blog. Namun demikian ada banyak kelebihannya menjadi part time blogger.

Full Time Blogger, Siapkah Menjadi Full Time Blogger, Jurnal Suzannita

1. Mendapatkan penghasilan tambahan

Saat memilih menjadi part time blogger, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog baik berupa iklan adsense ataupun placement post dan posting blog berbayar. Sehingga saya bisa mendapatkan penghasilan baru selain sumber penghasilan utama dari pekerjaan saya saat ini. Sehingga aktivitas blogging ini menjadi peluang
penghasilan tambahan yang saya dapatkan dari hobi saya. 

2. Lebih pintar mengatur waktu 

Menjadi blogger paruh waktu artinya saya harus lebih pintar dalam mengatur waktu saya dalam menentukan deadline tulisan di blog. Atauapun saat menghadiri event-event blogger dan undangan perjalanan ke suatu tempat. Meski memang saya harus terbatas oleh waktu pekerjaan yang saya jalani. 

3. Tidak ada tekanan finansial

Ketakutan terbesar hampir semua orang adalah tidak mendapatkan penghasilan atau tidak ada jaminan finansial. Karena memilih menjadi part time blogger saya bisa bebas melakukan apapun. Saya bisa melakukan sesuatu yang saya cintai, meski  tidak mendapatkan imbalan dari yang saya lakukan. Pasalnya saya masih memiliki sumber penghasilan utama dari pekerjaan saya. Sehingga tidak ada tekanan finansial yang menghadang di depan mata. Tidak ada tuntutan terlalu besar karena harus menghasilkan uang dari blog. 

4. Kesempatan belajar hal baru

Melakukan hal yang disukai atau berawal dari hobi seperti blogging ini akan memberikan kesempatan bagi kita untuk belajar hal baru. Pasalnya kita bisa melakukan seiring jalan alias learning by doing seperti bagaimana cara menghasilkan uang dari aktivitas blogging secara benar dan menguntungkan.   

Jadi kalau kalian bagaimana lebih memilih menjadi full time blogger atau part time blogger? 

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

27 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com