Lifestyle,  Personal,  Tips

Pekerjaan Rumah Yang Disukai Bisa Bakar Kalori

Sharing is caring!

Setiap kaum hawa khususnya ibu rumah tangga menginginkan memiliki tubuh langsing. Dan cara paling efektif adalah dengan berolahraga secara teratur dan melakukan diet. Hanya saja banyak sekali alasan yang terlontar mulai dari tidak punya waktu hingga tidak ada budget untuk pergi ke gym.

Padahal ada cara sederhana dan murah, cukup dengan melakukan pekerjaan rumah tangga bisa membakar kalori sama seperti nge-gym. Mulai dari memasak, mencuci, lap jendela, mengepel lantai ternyata bisa membakar kalori.

1. Menyapu dan mengepel lantai

Pasalnya saat melakukan aktivitas tersebut tanpa disadari tubuh akan ikut bergerak dan membakar timbunan lemak di tubuh. Sehingga dengan melakukan pekerjaan rumah, tubuh pun semakin sehat dan otot pun ikut mengencang.Berikut ini pekerjaan rumah yang saya sukai karena bisa membakar kalori diantaranya.

Saya menyukai bersih-bersih rumah terutama menyapu dan mengepel jika dibandingkan pekerjaan rumah lainnya. Sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan ternyata menyapu dan mengepel ini bisa membakar 340 kalori dalam satu jam.

Saat menyapu dan mengepel lantai juga bisa mengencangkan otot lengan. Karena akan membentuk otot di bagian upper arm, core, dan abs.

2. Membersihkan kamar mandi

Pekerjaan rumah yang saya sukai lainnya ada membersihkan kamar mandi. Apalagi kamar mandi yang bersih mencerminkan sang pemilik rumah.

Tahukah saat membersihkan kamar mandi bisa membakar 200 kalori dalam satu jam. Kalori akan terbakar lebih banyak saat menyikat lantai, dinding, dan bak kamar mandi. Aktivitas ini bisa mengencangkan membentuk otot lengan dan paha.

3. Membersihkan kaca jendela

Saat hari libur saya suka bersih-bersih rumah. Aktivitas lain yang saya suka kerjakan adalah membersihkan kaca jendela. Tidak hanya mendapatkan jendela yang bersih namun juga otot bagian atas ikut menjadi kencang. Pasalnya saat membersihkan kaca jendela bisa membakar 125 kalori dalam 20 menit. Otot bisep pada lengan dan bahu akan mengencang karena gerakan menggosok kaca. Saat memeras kain dan membilasnya giliran membentuk otot trisep.

4. Berkebun di taman

Aktivitas berkebun seperti memotong rumput, memangkas pohon dan semak-semak ataupun menyiangi dan menggali tanah bisa membakar 325 kalori dalam satu jam.

Setelah taman bersin lanjutkan dengan menanam bunga, sayuran ataupun tanaman obat-obatan, jika lahan masih cukup jangan lupa kalau untuk menanam pohon juga. Selain mempercantik halaman, kalori pun terbakar dan otot pun ikut mengencang.

5. Memasak dan Mencuci Piring

Sebenarnya saya jarang sekali memasak dan mencuci piring. Padahal aktivitas memasak dan mencuci piring bisa membakar hingga 150 kalori dalam satu jam.

Jadi jangan menganggap remeh pekerjaan rumah ya. Jika melakukan semua aktivitas tersebut artinya lebih 1000 kalori sudah terbakar itu sama seperti mengikuti 2 jam sesi di gym. Sehingga tidak perlu repot ke gym dan membayar sepeserpun. Tidak hanya bisa membakar kalori tapi juga rumah jadi bersih ya.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com