Lifestyle,  Personal,  Tips

Libur Berkualitas dan Produktif

Sharing is caring!

Waktu libur menjadi salah satu hal yang sangat saya nikmati. Rutinitas saya yang begitu padat membuat saya sangat memanfaatkan waktu libur saya dengan hal yang bermanfaat. Saya bekerja sebagai jurnalis televisi yang membuat waktu kerja saya berbeda dengan pegawai negeri atau pegawai BUMN dan bank yang bisa libur 2 hari dalam seminggu dan tidak harus pulang malam.

Saya sendiri hanya mendapatkan jatah libur satu kali dalam seminggu. Sehingga saat waktu libur tersebut saya akan benar-benar memanfaatkannya untuk hal-hal yang menjadi prioritas bagi saya. Tentu yang menjadi prioritas pertama saya memang berkumpul bersama keluarga hingga me time.  

Bersama Ibu saat liburan di Pekanbaru

Bagi saya hari libur harus berkualitas dan tetap bisa produktif ya. Libur berkualias adalah waktu tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin bersama keluarga atau orang-orang yang disayangi. Libur produktif artinya meski libur tetap bisa menghasilkan karya. Karena waktu adalah hal yang sangat berharga yang tidak boleh dibuang percuma. Berikut ini yang bisa saya lakukan saat hari libur: 

1. Waktunya Bersama Keluarga

Keluarga menjadi prioritas pertama saya jika saya mendapatkan waktu libur kerja. Pasalnya saya memang jarang berkumpul dengan keluarga karena pekerjaan saya yang menyita waktu. Seperti di hari Lebaran idul Fitri saya juga masih bertugas memberikan informasi berita kepada masyarakat. Sehingga saat hari libur menjadi waktu berharga yang bisa saya habiskan bersama keluarga.

Bermain bersama keponakan

Meski saya belum menikah, tapi saya senang sekali bisa menghabiskan waktu bersama para keponakan saya. Bahkan saya kerap mengajak mereka staycation bersama atau bermain hingga menonton  film bersama. Karena bagi saya memberikan kenangan bagi mereka adalah hal yang tidak bisa tergantikan dengan apapun. 

2. Olahraga

Saat hari libur saya selalu berusaha untuk berolahraga biasanya saya memilih olahraga lari. Di hari libur seperti hari Sabtu atau Minggu, saya bisa berlari bersama teman-teman saya mengelilingi kota Palembang. Bahkan jika ada race atau lomba lari, saya ikut serta menjadi salah satu peserta.

View this post on Instagram

A post shared by Suzannita (@suzannita) on

Atau jika tidak berlari, saya biasanya juga bersepeda bersama teman mengelilingi kota Palembang tempat saya tinggal. Jika tidak berlari atau bersepeda bersama teman-teman, saya bisa memilih berolahraga di gym. Apalagi saya nge-gym di Celebrity Fitness yang memang memberikan banyak pilihan kelas bagi saya untuk berolahraga. Kalian bisa mencobanya juga untuk berolahraga tentunya badan menjadi sehat dan kembali fresh saat kerja keesokan hari.

3. Kumpul Bersama Teman

Jika para keponakan saya tidak datang ke rumah dan mereka menghabiskan waktu bersama orangtuanya. Saya akan berkumpul bersama teman-teman. Kami biasanya akan melakukan banyak kegiatan bersama, seperti mencoba cafe baru atau datang ke tenpat wisata baru yang ada di kota saya tinggali. Karena saya jarang hangout bersama teman-teman sehingga waktu libur ini bisa menjadi pilihan saya menghabiskan waktu bersama. 

5. Update blog/Chanel Youtube

Saat hari libur biasanya saya manfaatkan sebaik mungkin untuk bisa menuntaskan PR konten di blog atau chanel Youtube yang saya miliki. Sampai saat ini masih banyak PR tulisan tentang cerita perjalanan yang belum saya tuntaskan karena akhirnya kalah dengan deadline tulisan ataupun video review lainnya. 

5. Mencoba hobi baru

Merajut adalah hobi menyenangkan yang bisa dicoba

Tidak ada salahnya untuk mengcoba hal yang baru atau hobi baru karena sesuatu hal baru yang kita pelajari akan memberikan kita semangat tersendiri untuk menjalani hidup. Saat kita mempelajari hobi baru tersebut akan memberikan emosi dan motivasi positif sehingga bisa memicu produktivitas kerja. 

6. Me Time 

Me time

Libur merupakan hak bagi tubuh kita untuk beristirahat dari segala rutinitas. Tidak ada salahnya untuk menikmati waktu me time di hari libur. Memanjakan diri saat hari libur tentu bisa memacu semangat saat kerja keesokan hari. Seperti melakukan perawatan di salon. Jika tidak ke klinik kecantikan atau rumah kecantikan biasanya saya juga me time sendiri di rumah seperti maskeran atau spa sendiri. 

Itulah beberapa hal yang saya lakukan jika saya libur kerja, kalau kalian melakukan apa saat hari libur kerja? 

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com