Nastar
Foodie,  Lifestyle,  Memasak,  Resep

Nastar Si Renyah Yang Wajib di Saat Lebaran

Sharing is caring!

Saat Lebaran tiba, Kue Nastar menjadi salah satu kue kering wajib yang harus ada di setiap rumah. Kue dengan tekstur yang lembut berisikan selai nanas yang manis, asam dan legit ini selalu mendapatkan hati di setiap yang bertamu saat hari raya lebaran di Indonesia.

Nastar ini selalu tersaji saat hari raya Idul Fitri atau hari raya agama lainnya. Kue nastar seolah menjadi menu wajib yang disajikan untuk tamu yang datang ke rumah. Bahkan saat mendekati hari raya lebaran ini, Nastar selalu menjadi incaran di toko-toko kue maupun di supermarket. Mulai dari harga puluhan ribu hingga  Nastar yang dibandrol ratusan ribu tetap laku terjual.

Bahkan banyak juga yang membuat Nastar sendiri di rumah. Tradisi membuat kue Nastar ini masih menjadi salah satu yang paling ditunggu bagi saya dan keluarga. Sepintas memang terkesan sulit, namun ternyata Nastar ini mudah dibuat. Tentunya dengan membuat Nastar sendiri, kita mengetahui kualitas bahan dan kebersihan dari kue Nastar yang akan kita konsumsi atau disajikan kepada tamu.

Nastar
Nastar

Dan tentu saja dengan membuat nastar  sendiri kita akan memberikan topping sesuai selera begitu pun dengan bentuk nastar. Ada banyak bentuk kue Nastar ini mulai dari bentuk yang sederhana bulat, bentuk kantong belanja, bentuk lonjong hingga bentuk panjang. Begitupun dengan toppingnya mulai dari toping cengkeh hingga toping keju juga ada.

Sejarah Nastar ini sendiri berasal dari Belanda, dengan nama asli Ananas Tart, yang artinya kue nanas. Kue ini juga sangat populer loh di kalangan orang Belanda. Mulai dari berbentuk pai atau kue tar yang berlapis nanas, blueberry, atau selai stroberi. Hanya saja di Indonesia sendiri untuk blueberry sangat sulit ditemukan sehingga nanas ataupun strawberry lah yang menjadi pilihan diolah menjadi selai.

Bahan utama untuk membuat nastar adalah tepung, mentega, dan telur yang diisi selai nanas. Namun untuk isiannya selain selai nanas, Nastar juga bisa dibuat dengan menggunakan selai stroberi ataupun selai blueberry.

Resep Nastar

Bahan selai nanas:
250 g nanas parut
200 g gula pasir
2 cm kayu manis

Cara membuat selai nanas:

1. Masukkan nanas parut dan gula pasir, masak di atas api kecil hingga kental dan berwarna kecokelatan. Angkat, dinginkan.
2. Bentuk selai nanas jadi bulatan kecil lalu sisihkan.

Kue:
150 g margarin
50 g mentega
2 kuning telur ayam
1 putih telur ayam
275 g tepung terigu
1/4 sdt vanili bubuk
100 g keju edam, parut

Olesan:
2 kuning telur ayam, kocok

Adonan Nastar
Adonan Nastar

Cara membuat:

1. Campur margarin dan mentega lalu kocok hingga lembut.
2. Lalu asukkan 2 butir telur kocok hingga rata.
3. Kemudian secara perlahan masukkan tepung terigu yang dicampur dengan vanili dan keju Edam. Aduk hingga rata. Diamkan selama 30 menit.
4. Ambil sekira 1 sdm adonan lalu pipihkan. Isi dengan selai nanas bentuk menjadi bulatan. Lakukan untuk semua sisa adonan.
Nastar
Nastar
5. Letakkan kue di loyang datar yang sebelumnya sudah diolesi margarin. Olesi permukaan kue dengan menggunakan kuning telur.
6. Kemudian panggang kue dalam oven dengan suhu sekitar 160 C selama 25 menit hingga kue berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.
7. Setelah dingin simpan dalam wadah kering bertutup.
Nastar
Nastar

Untuk 600 gram.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com