Kue Kastengel, Jejak Sejarah Khas Lebaran

Views: 63

Kue Kastengel menjadi salah satu kue khas lebaran di Indonesia. Kue yang penuh jejak sejarah ini nyatanya bukan kue asli Indonesia tapi dari Belanda.

Ya seperti kita tahu, Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Dan salah satu warisan Belanda di Indonesia adalah kue kastengel ini.

Kue Kering Lebaran

Kelezatan Kastengel dalam Tradisi Lebaran

Ketika bulan Ramadan memasuki hari terakhirnya, tradisi mempersiapkan berbagai kue khas Lebaran menjadi sorotan. Salah satu kue yang paling dinantikan adalah kastengel, dengan cita rasa gurih dan renyah yang selalu menggugah selera.

Asal-usul Kastengel: Jejak Kue Belanda dalam Kue Tradisional Indonesia

Kastengel memiliki asal-usulnya dari Belanda, di mana namanya “Kaasstengels” secara harfiah berarti “jari keju”. Ketika Belanda menjajah Indonesia, mereka membawa tradisi kuliner mereka, termasuk resep kue keju yang kemudian diadaptasi dan diadopsi oleh masyarakat Indonesia.

Kue Lebaran yang Tak Tergantikan: Kastengel dalam Budaya Indonesia

Seiring berjalannya waktu, kastengel menjadi salah satu kue yang tidak bisa dilewatkan dalam perayaan Lebaran di Indonesia. Setiap rumah tangga pasti memiliki kastengel sebagai bagian dari hidangan Lebaran yang disuguhkan kepada tamu-tamu dan keluarga.

Kue Kastengel

Resep Kastengel Kue Khas Lebaran yang Gurih dan Renyah

Kastengel adalah salah satu kue khas Lebaran yang tidak pernah absen dalam hidangan perayaan. Dengan asal-usulnya yang berasal dari Belanda dan adaptasi di Indonesia, kastengel menjadi simbol kebahagiaan dan kekeluargaan dalam budaya Indonesia.

Kue khas Lebaran ini disukai banyak orang karena cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah. Kastengel menjadi camilan yang sempurna untuk menemani momen spesial bersama keluarga dan teman.

Berikut resep sederhana untuk membuat kastengel yang lezat di rumah:

Bahan-bahan

  • 250 gram mentega, suhu ruang
  • 250 gram keju cheddar parut
  • 2 butir kuning telur
  • 2½ cangkir tepung terigu
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh baking powder

Cara Membuat

1. Panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celsius. Siapkan loyang oven dan lapisi dengan kertas roti atau oles dengan sedikit mentega.

2. Campur Bahan dalam sebuah mangkuk besar, campur mentega yang telah dilembutkan dengan keju parut. Aduk hingga kedua bahan tercampur rata dan teksturnya menjadi halus.

3. Masukkan kuning telur ke dalam campuran mentega dan keju. Aduk kembali hingga telur tercampur sempurna dengan bahan lainnya.

4. Secara bertahap, tambahkan tepung terigu ke dalam adonan sambil terus diaduk. Pastikan semua tepung tercampur rata dengan adonan.

5. Tambahkan garam, merica bubuk, dan baking powder ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna dan adonan menjadi kohesif.

6. Ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi batang panjang sekitar 1 cm. Potong-potong batang adonan menjadi bagian kecil sepanjang 3-4 cm.

7. Letakkan potongan-potongan adonan di atas loyang yang telah disiapkan. Pastikan memberi jarak yang cukup antara satu potongan dengan potongan lainnya. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama 15-20 menit atau hingga kastengel berwarna keemasan.

8. Setelah matang, biarkan kastengel dingin sejenak sebelum disajikan. Kastengel siap dinikmati sebagai camilan lezat bersama keluarga dan teman.

Cukup mudah dan sederhana ya, pastinya bisa membuat kastengel sendiri di rumah untuk menambah keceriaan dalam perayaan Lebaran atau untuk dinikmati kapan pun di inginkan. Selamat mencoba ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com