Ketupat
Foodie,  Lifestyle,  Memasak,  Tips

Memasak Ketupat Cepat Pakai Panci Presto

Sharing is caring!

Ketupat menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada di setiap rumah. Agar cepat matang, Ibu saya trik khusus yakni memasak ketupat cepat pakai panci presto. Tradisi memasak ketupat sendiri menjadi yang paling ditunggu-tunggu, dari Ayag mengambil daun kelapa muda untuk dibuat ketupat hingga menganyamnya menjadi ketupat. Setelah itu kami lanjutkan dengan mengisi ketupat dengan beras yang sebelumnya sudah dicuci dan ditiriskan.

Saat ini tradisi membuat ketupat sendiri,  sudah tergantikan dengan membeli ketupat yang sudah jadi karena lebih praktis. Pasalnya banyak pedagang di pasar yang sudah menjual ketupat baik yang belum dimasak hingga yang sudah siap disantap. Bagi ibu sendiri memasak ketupat sendiri merupakan hal paling ditunggu karena bisa mendapatkan ketupat sesuai dengan keinginan.

Membuat Ketupat
Membuat Ketupat

Sudah beberapa tahun terakhir ini Ibu menggunakan panci hig pressure (presto) untuk memasak ketupat karena tidak butuh waktu lama untuk bisa memasak ketupat nan lezat. Jika biasanya memasak ketupat bisa membutuhkan waktu empat hingga enam  jam namun dengan menggunakan panci presto, kurang dari dua jam, ketupat sudah jadi.

Cara Memasak Ketupat Pakai Panci Presto

Bahan :
1 kilogram beras
20 ketupat ukuran sedang, rendam terlebih dahulu dalam air
Panci Presto

Ketupat di Panci Presto
Ketupat di Panci Presto

Cara membuat :
1. Cuci beras hingga bersih, tiriskan dan sisihkan.
2. Tiriskan ketupat.
3. Masukkan beras ke dalam ketupat, usahakan ketupat terisi hingga setengah agar hasil ketupat lembut, namun jika ingin hasil lebih keras, isi hingga 3/4 bagian ketupat. Rapatkan ketupat helai daun ketupat hingga ketupat tertutup rapat. Lalu ikat ujung dari ketupat dengan sisi helai panjang yang tersisa. Lakukan hingga semua ketupat terisi.
4. Masukkan ketupat ke dalam panci presto lalu masukkan air kedalamnya hingga menutupi dari ketupat yang berada di dalam panci tersebut.  Tutup panci dan masak hingga matang kira-kira selama 1,5 hingga 2 jam.
5. Angkat ketupat

Memasak di Panci Presto
Memasak di Panci Presto

Tips :
1. Tambahkan 2 lembar daun pandan ke dalam rebusan ketupat agar harum
2. Sebaiknya memasak ketupat saat semua sajian Lebaran yang lain sudah dimasak karena ketupat hanya tahan beberapa hari.
3. Perhatikan panci presto, pastikan semua dalam kondisi baik seperti mur-bautnya masih kencang, begitupun dengan karet pengamannya.
4. Sebelum membuka panci presto, pastikan kondisi sudah aman, katup pengaman sudah turun. Sebaiknya tidak membuka secara paksa panci presto yang masih dalam kondisi terkunci karena berbahaya.
5. Keluarkan ketupat-ketupat lalu siram dengan air dingin, tiriskan setelah gantung di tempat yang mudah dijangkau.

Ketupat
Ketupat

Nah itu tadi cara memasak ketupat cepat pakai panci presto ya. Semoga terinspirasi ya

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com