Memasak Ketupat Cepat Pakai Panci Presto

Ketupat

Sharing is caring!

Ketupat menjadi salah satu makanan wajib yang harus ada di setiap rumah. Agar cepat matang, Ibu saya trik khusus yakni memasak ketupat cepat pakai panci presto. Tradisi memasak ketupat sendiri menjadi yang paling ditunggu-tunggu, dari Ayag mengambil daun kelapa muda untuk dibuat ketupat hingga menganyamnya menjadi ketupat. Setelah itu kami lanjutkan dengan mengisi ketupat dengan beras yang sebelumnya sudah dicuci dan ditiriskan.

Saat ini tradisi membuat ketupat sendiri,  sudah tergantikan dengan membeli ketupat yang sudah jadi karena lebih praktis. Pasalnya banyak pedagang di pasar yang sudah menjual ketupat baik yang belum dimasak hingga yang sudah siap disantap. Bagi ibu sendiri memasak ketupat sendiri merupakan hal paling ditunggu karena bisa mendapatkan ketupat sesuai dengan keinginan.

Membuat Ketupat
Membuat Ketupat

Sudah beberapa tahun terakhir ini Ibu menggunakan panci hig pressure (presto) untuk memasak ketupat karena tidak butuh waktu lama untuk bisa memasak ketupat nan lezat. Jika biasanya memasak ketupat bisa membutuhkan waktu empat hingga enam  jam namun dengan menggunakan panci presto, kurang dari dua jam, ketupat sudah jadi.

Cara Memasak Ketupat Pakai Panci Presto

Bahan :
1 kilogram beras
20 ketupat ukuran sedang, rendam terlebih dahulu dalam air
Panci Presto

Ketupat di Panci Presto
Ketupat di Panci Presto

Cara membuat :
1. Cuci beras hingga bersih, tiriskan dan sisihkan.
2. Tiriskan ketupat.
3. Masukkan beras ke dalam ketupat, usahakan ketupat terisi hingga setengah agar hasil ketupat lembut, namun jika ingin hasil lebih keras, isi hingga 3/4 bagian ketupat. Rapatkan ketupat helai daun ketupat hingga ketupat tertutup rapat. Lalu ikat ujung dari ketupat dengan sisi helai panjang yang tersisa. Lakukan hingga semua ketupat terisi.
4. Masukkan ketupat ke dalam panci presto lalu masukkan air kedalamnya hingga menutupi dari ketupat yang berada di dalam panci tersebut.  Tutup panci dan masak hingga matang kira-kira selama 1,5 hingga 2 jam.
5. Angkat ketupat

Memasak di Panci Presto
Memasak di Panci Presto

Tips :
1. Tambahkan 2 lembar daun pandan ke dalam rebusan ketupat agar harum
2. Sebaiknya memasak ketupat saat semua sajian Lebaran yang lain sudah dimasak karena ketupat hanya tahan beberapa hari.
3. Perhatikan panci presto, pastikan semua dalam kondisi baik seperti mur-bautnya masih kencang, begitupun dengan karet pengamannya.
4. Sebelum membuka panci presto, pastikan kondisi sudah aman, katup pengaman sudah turun. Sebaiknya tidak membuka secara paksa panci presto yang masih dalam kondisi terkunci karena berbahaya.
5. Keluarkan ketupat-ketupat lalu siram dengan air dingin, tiriskan setelah gantung di tempat yang mudah dijangkau.

Ketupat
Ketupat

Nah itu tadi cara memasak ketupat cepat pakai panci presto ya. Semoga terinspirasi ya

10 comments

  1. @nurulrahma Reply

    Waks, mantab djiwa! Iya ya, kalo masak ketupat pake panci presto jauuuh lebih efektif ketimbang pake dandang
    Selamat Ramadan dan siap2 sambut Lebaran mbaaa 😀

  2. Sari widiarti Reply

    Aku juga pakai daun pandan mbak wanginya juga harum, malah biasanya pakai daun salam juga, masih belum coba panci presto, masih pakai cara yg manual

  3. Ratna Kirana Reply

    Tips saat memasukkan beras ke dalam ketupat ini penting buat dicatat! Ternyata diusahakan ketupat terisi hingga setengah agar hasil ketupat lembut, namun jika ingin hasil lebih keras, isi hingga 3/4 bagian ketupat. Mantap tipsnya!

  4. Gita Siwi Reply

    Belum pernah coba pakai panci presto. Yang pasti hemat waktu dan gas ya hahaha. Siap siap nih kak jelang lebaran. Masak berapa ketupat kak?

  5. Bowo Susilo Reply

    Waaaaaaah lebaran sebentar lagi tiba.. ketupat menjadi salah satu makanan khas yang dibuat saat lebaran. Bener2 ga sabar nih bikin opor ayam trus dimakan pakai ketupat… endes banget hehehehe

  6. Peri Hardiansyah Reply

    Wah, iya sih, kalau masak pakai panci presto jadi lebih cepat. Karena suhu masakan tidak lari kemana-mana, tekanan uap juga membantu memasak secara menyeluruh.

  7. ruziana Reply

    wah cepat ya memasak ketupat dengan panci presto
    tapi kalo kami lebaran memasak ketupatnya banyak
    jadi pake dandang besar gitu
    masak pake kayu hehehe

  8. Pingback: Tradisi Lebaran Yang Dinantikan - Jurnal Suzannita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.