Cara Ampuh Atasi Jerawat

Masker Madu Lemon

Sharing is caring!

Jerawat sangat mengganggu keindahan wajah yang mengurangi rasa percaya diri. Sehingga para kaum wanita akan melakukan berbagai cara atasi jerawat. Kehadiran jerawat menjadi musuh tersendiri bagi para kaum hawa. Di berbagai penjuru dunia pun menghadapi masalah jerawat dan memeranginya.

Cara Atasi Jerawat
Cara Atasi Jerawat

Terkadang jerawat datang tanpa diduga meski sudah membersihkan wajah sekalipun, faktor hormon dan stres bisa mendatangkan jerawat. Apalagi jika tiba-tiba jerawat muncul saat memiliki acara penting esok harinya. Untuk mengatasi jerawat bisa melakukan hal berikut ini :

1. Lakukan Double Cleansing

Jerawat hadir karena wajah yang kelebihan minyak, sebum yang menumpuk akibat sisa makeup yang tidak dibersihkan maupun kotoran yang terdapat di wajah seperti debu sehingga jika wajah tidak dibersihkan secara maksimal akan menyebabkan jerawat hadir.

Sehingga kita selayaknya memperhatikan kebersihan wajah dengan melakukan double cleansing bisa menggunakan cleansing water untuk membersihkan sisa makeup maupun kotoran di wajah. Setelah itu cuci wajah dengan face wash organik, usahakan produk dengan bahan alami, tanpa pewarna, pewangi ataupun pengawet. Cegah efek iritasi pada kulit yang berjerawat dengan melakukan gerakan memutar bukan menggosok.

2. Kompres dengan Es atau Aloe Vera Gel
Saat jerawat meradang kompres bagian yang berjerawat dengan menggunakan es. Terapi jerawat dengan es ini bisa menenangkan kulit yang berjerawat. Usahakan untuk membungkus es terlebih dahulu dengan kain bersih ataupun dengan handuk tipis agar kulit yang meradang ini menjadi sensitif dan memerah.

Kompres Jerawat dengan Es
Kompres Jerawat dengan Es

Selain itu untuk menenangkan area yang berjerawat dengan menggunakan aloe vera gel yang memiliki banyak manfaat. Aloe Vera gel ini akan langsung menyerap di kulit dan melembabkan kulit yang berjerawat. Sehingga kulit yang berjerawat bisa tetap lembab. Gunakan juga aloe vera gel ini sebagai campuran toner yang disemprotkan di area yang berjerawat.

3.  Gunakan Plester Jerawat

Kesalahan saat kulit berjerawat adalah kita tanpa sadar selalu menyentuh kulit yang berjerawat. Untuk mengatasi jerawat agar tidak semakin parah adalah dengan menggunakan acne patch atau plester jerawat. Hal ini menjadi solusi praktis dan simple untuk menyamarkan dan menyembuhkan jerawat. Apalagi saat ini sudah banyak produk plester jerawat yang menawarkan solusi menghilangkan jerawat tanpa rasa sakit. Mulai dari brand lokal hingga brand skincare Korea juga menghadirkan produk acne patch ini.

Gunakan Plester Jerawat
Gunakan Plester Jerawat

Plester jerawat mengandung bahan hydrocolloid yang digunakan untuk melindungi luka. Tugas plester jerawat ini menutupi jerawat sekaligus menyerap pustula atau isi jerawat sehingga jerawat cepat mengempes. Biasanya satu plester jerawat ini digunakan sekitar delapan jam.

4. Masker Wajah dengan Madu dan Lemon

Resep andalan hampir setiap wanita yakni menggunakan masker madu dan lemon untuk menghilangkan jerawat. Masker madu dan lemon mudah sekali dibuat cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan madu tanpa gula dengan 1/2 sendok makan air perasan lemon. Lalu oleskan masker madu dan lemon ke seluruh kulit saja dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu hapus masker dengan menggunakan air hangat dan lanjutkan membilas wajah dengan air es atau air dingin.

Masker Madu Lemon
Masker Madu dan Lemon

Lemon terbukti efektif membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat kulit wajah. Selain madu dipercaya bisa mencerahkan kulit termasuk menyamarkan bekas jerawat. Sehingga masker satu ini banyak digunakan salah satu cara atasi jerawat.

5. Atur Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat ternyata sangat berpengaruh dengan kehadiran jerawat ini. Seperti karena pengaruh stres, hormonal, kurang tidur hingga makanan bisa memicu jerawat muncul. Sehingga dengan mengatur pola hidup sehat  akan  bisa mencegah jerawat datang. Seperti dengan menjaga pola makan sehat dengan menghindari junk food, makanan olahan, produk susu maupun makanan yang mengandung lemak tinggi. Perbanyak minum air putih dan  makanan sehat mulai dari sayur, buah, dan ikan agar gizi yang masuk ke tubuh menjadi seimbang. Selain itu usahakan tidur minimal 6-7 jam dan tidak terjaga di malam hari. Pasalnya saat malam hari kulit wajah juga beristirahat.

Itu tadi cara atasi jerawat, bagi yang sedang berjuang memerangi jerawat tetap semangat ya.

19 comments

  1. Raisa Hakim Reply

    Aku belum pernah nih pakai plaster jerawat karena konon katanya gak bagus kalau ditutupi tapi entah lah ya kadang beritanya banyak simpangsiur yang jelas selalu ada dua kubu beauty hacked

  2. norma Reply

    Klo aku lebih seneng pake plaster aja mba, soalnya klo ngeracik bahan-bahan alami suka males 😉

  3. Vicky Laurentina Reply

    Sebetulnya menggunakan plester jerawat itu ada aturannya sendiri. Jika plester itu memang benar bertujuan menyerap pustula di dalam jerawat, maka lebih baik ditempelkan hanya pada siang hari. Karena pada malam hari justru kesempatan bagus untuk membuka sumbatan jerawat, bukan malah menutupinya.

    Sumbatan jerawat dibuka dengan menggunakan asam salisilat (bisa dioleskan ke jerawat). Maka kulit jerawat akan mematang, lalu membuka. Kesempatan pembukaan jerawat ini akan membuat isi pustula mengalir sendiri keluar, sehingga wajah pun bisa dibersihkan dengan menggunakan lactic acid pada waktu pagi harinya.

    Setelah wajah bersih, dan orangnya mau beraktivitas, tentu akan rentan kena debu macam-macam, padahal jerawatnya masih membuka. Di sinilah fungsinya plester jerawat untuk menutupi lubang jerawat, karena untuk menghambat debu masuk ke dalam kulit, sekaligus menyerap sisa-sisa pustula yang mungkin masih ada.

  4. Rahma Brilianita Reply

    thaks for sharing mbak. Selain dari pengobatan luar, makanan yang dikonsumsi ngaruh banget juga yak, saya sendiri setelah rutin konsumsi air putih dan hidup sehat, wajah jadi lebih bersih. Plester jerawat juga baguss banget buat melinungi jerawat ketika siang hari, apalagi sebelum bermakeup. Biar nggak terkontaminasi yak 😀

  5. Mellisa Reply

    Padahal aku setiap hari selalu double cleansing, tp tetap tumbuh jerawat :”) mungkin dari pola makan dan dari pikiran kali ya :”)

  6. Tori Chu Reply

    bermanfaat sekali infonya mbak , ak blum pernah coba jerawat yg dikompres pake es batu tp klo yg pake aloe gel sudah pernah coba dan emg bgus

  7. Beautyasti1 Reply

    Dulu aku lumayan sering pakai masker madu dan lemon, cuman ga tahan sama sticky texture nya hehehe padahal bagus buat menghempas jerawat dan bikin kulit kinclong.. thanks tips nya mba

  8. Rach Alida Reply

    Aku sekarang sediain plester jerawat, mba. Penolong deh. Hahaha. Tapi biasanya aku bersihin lalu aku kompres pakai air anget mba 🙂

  9. lendyagasshi Reply

    Aku gapernah pakai alami madu dan lemon.
    Pingin coba juga kalau bisa menghempaskan jerawat.
    Btw,
    Kalau untuk menyamarkan dark spot, masker alaminya adakah?

  10. Atisatya Arifin Reply

    Dari semua tips yang mbak suzan kasih, kayanya aku belum pernah cobain pakai plester jerawat. Emang ampuh ya? Apa karena ada semacam kandungan obatnya juga di plester itu?

  11. TIAN LUSTIANA Reply

    Pake plester jerawat saya pernah cobain juga. Dan menurut saya itu ampuh apalagi kalau mau keluar rumah jd gak kena debu

  12. Novi Reply

    Dari semua cara di atas kalo buat aku cara yang paling ampuh itu adalah atur pola hidup sehat. Itu ngaruh bgt buatku, jerawat hilangnya jadi cepet banget mba

  13. Nur Arviani Reply

    double cleansing emang bener bener bisa bantu kita atasi jerawat ya aku kalo ga bersihin wajah denga bener aja besokya lgsg jerawatan

  14. Demia Reply

    double cleansing itu emang wjaib, kudu dan harus banget yaa, aku juga nih akhir2 ini jerawat di dagu muncul terus padahal ga lagi period huhu

  15. Rizka Reply

    kompres dengan es ngefek banget tuh bantu redain jerawat yang radang, aku suka kompres pake es juga 🙂

  16. Aulia Rizky W Reply

    plester ini salah satu benda yang mempercepat penyembuhan . Aku ngerasa aman di luar pas lg ada jerawat karena dia gak kena bakteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.