Masker Madu Lemon

Jerawat sangat mengganggu keindahan wajah yang mengurangi rasa percaya diri. Sehingga para kaum wanita akan melakukan berbagai cara atasi jerawat. Kehadiran jerawat menjadi musuh tersendiri bagi para kaum hawa. Di berbagai penjuru dunia pun menghadapi masalah jerawat dan memeranginya.

Cara Atasi Jerawat
Cara Atasi Jerawat

Terkadang jerawat datang tanpa diduga meski sudah membersihkan wajah sekalipun, faktor hormon dan stres bisa mendatangkan jerawat. Apalagi jika tiba-tiba jerawat muncul saat memiliki acara penting esok harinya. Untuk mengatasi jerawat bisa melakukan hal berikut ini :

1. Lakukan Double Cleansing

Jerawat hadir karena wajah yang kelebihan minyak, sebum yang menumpuk akibat sisa makeup yang tidak dibersihkan maupun kotoran yang terdapat di wajah seperti debu sehingga jika wajah tidak dibersihkan secara maksimal akan menyebabkan jerawat hadir.

Sehingga kita selayaknya memperhatikan kebersihan wajah dengan melakukan double cleansing bisa menggunakan cleansing water untuk membersihkan sisa makeup maupun kotoran di wajah. Setelah itu cuci wajah dengan face wash organik, usahakan produk dengan bahan alami, tanpa pewarna, pewangi ataupun pengawet. Cegah efek iritasi pada kulit yang berjerawat dengan melakukan gerakan memutar bukan menggosok.

2. Kompres dengan Es atau Aloe Vera Gel
Saat jerawat meradang kompres bagian yang berjerawat dengan menggunakan es. Terapi jerawat dengan es ini bisa menenangkan kulit yang berjerawat. Usahakan untuk membungkus es terlebih dahulu dengan kain bersih ataupun dengan handuk tipis agar kulit yang meradang ini menjadi sensitif dan memerah.

Kompres Jerawat dengan Es
Kompres Jerawat dengan Es

Selain itu untuk menenangkan area yang berjerawat dengan menggunakan aloe vera gel yang memiliki banyak manfaat. Aloe Vera gel ini akan langsung menyerap di kulit dan melembabkan kulit yang berjerawat. Sehingga kulit yang berjerawat bisa tetap lembab. Gunakan juga aloe vera gel ini sebagai campuran toner yang disemprotkan di area yang berjerawat.

3.  Gunakan Plester Jerawat

Kesalahan saat kulit berjerawat adalah kita tanpa sadar selalu menyentuh kulit yang berjerawat. Untuk mengatasi jerawat agar tidak semakin parah adalah dengan menggunakan acne patch atau plester jerawat. Hal ini menjadi solusi praktis dan simple untuk menyamarkan dan menyembuhkan jerawat. Apalagi saat ini sudah banyak produk plester jerawat yang menawarkan solusi menghilangkan jerawat tanpa rasa sakit. Mulai dari brand lokal hingga brand skincare Korea juga menghadirkan produk acne patch ini.

Gunakan Plester Jerawat
Gunakan Plester Jerawat

Plester jerawat mengandung bahan hydrocolloid yang digunakan untuk melindungi luka. Tugas plester jerawat ini menutupi jerawat sekaligus menyerap pustula atau isi jerawat sehingga jerawat cepat mengempes. Biasanya satu plester jerawat ini digunakan sekitar delapan jam.

4. Masker Wajah dengan Madu dan Lemon

Resep andalan hampir setiap wanita yakni menggunakan masker madu dan lemon untuk menghilangkan jerawat. Masker madu dan lemon mudah sekali dibuat cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan madu tanpa gula dengan 1/2 sendok makan air perasan lemon. Lalu oleskan masker madu dan lemon ke seluruh kulit saja dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu hapus masker dengan menggunakan air hangat dan lanjutkan membilas wajah dengan air es atau air dingin.

Masker Madu Lemon
Masker Madu dan Lemon

Lemon terbukti efektif membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat kulit wajah. Selain madu dipercaya bisa mencerahkan kulit termasuk menyamarkan bekas jerawat. Sehingga masker satu ini banyak digunakan salah satu cara atasi jerawat.

5. Atur Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat ternyata sangat berpengaruh dengan kehadiran jerawat ini. Seperti karena pengaruh stres, hormonal, kurang tidur hingga makanan bisa memicu jerawat muncul. Sehingga dengan mengatur pola hidup sehat  akan  bisa mencegah jerawat datang. Seperti dengan menjaga pola makan sehat dengan menghindari junk food, makanan olahan, produk susu maupun makanan yang mengandung lemak tinggi. Perbanyak minum air putih dan  makanan sehat mulai dari sayur, buah, dan ikan agar gizi yang masuk ke tubuh menjadi seimbang. Selain itu usahakan tidur minimal 6-7 jam dan tidak terjaga di malam hari. Pasalnya saat malam hari kulit wajah juga beristirahat.

Itu tadi cara atasi jerawat, bagi yang sedang berjuang memerangi jerawat tetap semangat ya.

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers