tips memutihkan gigi, Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang, Jurnal Suzannita
Beauty,  Lifestyle,  Tips

Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang

Sharing is caring!

Gigi putih dan senyum cemerlang menjadi impian setiap orang. Ada banyak tips memutihkan gigi untuk menghasilkan senyum yang indah. Banyak yang dilakukan orang yang ingin mendapatkan barisan gigi putih nan bersih termasuk dengan merogoh kocek yang dalam untuk bisa mendapatkan gigi yang putih bersih. Pasalnya gigi putih yang bersih bisa menambah kepercayaan diri seseorang.

Seiring bertambahnya umur, warna gigi ikut mengalami perubahan mulai dari kekuningan hingga meninggalkan noda di gigi. Termasuk karena pengaruh makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa mengubah warna gigi. Ada banyak produk pemutih gigi yang dijual bebas mulai dari pasta gigi dengan pemutih, gel yang ditempelkan gigi hingga treatment laser di klinik gigi.

tips memutihkan gigi, Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang, Jurnal Suzannita
Tips Memutihkan Gigi

Produk pemutih gigi biasanya menggunakan zat kimia yang bisa menyebabkan gangguan gigi dan mulut lainnya. Sehingga memang sangat penting untuk mengkonsultasikan permasalahan gigi yang dialami dengan dokter gigi terlebih dahulu.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sendiri untuk mendapatkan gigi putih. Berikut ini tips memutihkan gigi.

1. Jaga kebersihan gigi dan mulut
Hal paling utama mendapatkan gigi yang putih adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, seperti dengan menyikat gigi lakukan minimal dua kali sehari khususnya setelah makan.  Pasalnya dengan menyikat gigi kita bisa mencegah noda menempel termasuk menghilangkan plak pada gigi. Cara terbaik membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan adalah dengan menggunakan dental floss atau benang gigi termasuk juga dengan menggunakan obat kumur setiap hari. Hal yang paling diperhatikan adalah jika mengkonsumsi makanan asam, usahakan tidak menyikat gigi karena bisa  menghilangkan email gigi.

tips memutihkan gigi, Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang, Jurnal Suzannita
Menggosok Gigi

2. Lakukan pola hidup sehat
Untuk mendapatkan gigi yang putih lakukan dengan pola hidup sehat seperti tidak mengkonsumsi makanan dan minuman manis dalam jumlah banyak. Lebih baik menambah asupan buah dan sayuran segar. Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi yang mengandung serat tinggi seperti bayam, brokoli maupun kacang-kacangan yang juga bisa menambah jumlah produksi air liur. Selain cegah kerusakan enamel atau email gigi dengan mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan asam sitrat yang tinggi seperti lemon ataupun jeruk.

 

3. Kurangi minum teh, kopi dan soda
Tidak hanya melakukan pola hidup sehat, untuk memutihkan gigi juga dilakukan dengan mengurangi konsumsi minum teh, kopi dan soda karena minuman ini kerap meninggalkan noda di gigi. Apalagi seiring bertambahnya usia, enamel sebagai lapisan terluar gigi akan terus menipis sehingga tinggal lapisan selanjutnya yaitu dentin berwarna lebih kuning. Hal yang bisa diperhatikan jika minuman atau makanan yang kita konsumsi bisa menempel di baju putih dan meninggalkan noda, tentu saja hal sama juga terjadi pada gigi.

4. Berhenti merokok
Cara memutihkan gigi yang lain adalah dengan menghentikan kebiasaan buruk yakni merokok. Pasalnya tembakau akan meninggalkan noda yang sulit dibersihkan. Bahkan noda tembakau bisa menembus enamel gigi, jika semakin lama merokok,  Noda tersebut akan menembus enamel gigi. Semakin lama seseorang merokok, maka noda tembakau akan masuk semakin dalam, sehingga dapat menyebabkan radang gusi, bau mulut, hingga kanker.

5. Gunakan Bahan Alami
Untuk mendapatkan gigi yang putih, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami dan resep rumahan yang sudah dilakukan di hampir setiap rumah. Ada banyak yang bisa kita pilih untuk memutihkan gigi mulai dari sunah Nabi Muhammad SAW yakni dengan menggunakan siwak, arang hingga menggunakan baking soda dan strawberry.

a. Siwak
Siwak sudah dikenal sebagai sunnah Nabi Muhammad SAW untuk membersihkan gigi dan mulut. Bahkan ada pasta gigi yang sudah menggunakan bahan siwak. Sejak zaman Rasulullah, siwak dipercaya bisa menghalau bakteri berkembang pada gigi dan mulut, selain itu mencegah gigi berlubang, efektif mengikis plak dan bisa untuk memutihkan gigi. Caranya cukup sederhana dengan menggosokkan serabut kayu siwak pada gigi secara merata. Selain itu bisa juga dicampurkan dengan pasta gigi ya agar semakin memutihkan gigi.

tips memutihkan gigi, Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang, Jurnal Suzannita
Siwak

b. Arang
Saat saya kecil, ibu saya mengambil kayu arang sisa pembakaran dan menumbuhkan secara halus lalu menggosokkan arang tersebut di gigi. Ternyata saya baru mengetahui jika arang dengan sifat alkali bisa menghilangkan noda pada gigi dan membuat gigi putih. Meski terlihat kotor, namun ternyata banyak yang sudah menggunakan produk ini baik sebagai pemutih gigi maupun untuk skincare. Untuk memutihkan gigi dengan arang, sebaiknya pilih arang dari batok kelapa, lalu tumbuk secara halus. Kemudian campurkan dengan lemon lalu gosokkan di gigi. Diamkan beberapa saat baru bilas dengan air.

tips memutihkan gigi, Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang, Jurnal Suzannita
Arang

c. Strawberry 
Strawberry ternyata juga bisa menjadi salah satu untuk memutihkan gigi. Kandungan asam malat dalam strawberry ternyata digunakan sebagai bahan pemutih gigi.  Cara penggunaannya sendiri cukup sederhana hancurkan 2-3 buah strawberry lalu campurkan dengan 1sdm baking soda yang juga sering digunakan untuk memutihkan gigi. Namun cukup gunakan 1-2 kali dalam 1 minggu ya karena jika terlalu sering bisa merusak enamel gigi. Resep ini bisa membersihkan gigi, membunuh bakteri dan tentunya membuat gigi menjadi lebih putih.

tips memutihkan gigi, Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang, Jurnal Suzannita
Strawberry dan Baking Soda

Lemon dan Baking Soda
Bahan lain yang sering dilirik untuk memutihkan gigi adalah campuran lemon dengan baking soda. Kandung asam dalam lemon bersifat alkali alami yang bisa menyeimbangkan pH didalam mulut. Selain itu lemon juga bisa membunuh bakteri yang menjadi penyebab gigi kuning. Caranya juga cukup mudah yakni cukup campurkan air perasan 1/2 sdm lemon dengan 2 sdm baking soda. Lalu gosokkan di gigi dan bersihkan dengan air.  Hanya saja jangan terlalu sering menggunakan ramuan ini karena bisa mengikis enamel gigi.

tips memutihkan gigi, Tips Memutihkan Gigi Agar Senyum Cemerlang, Jurnal Suzannita
Lemon dan Baking Soda

Itu tadi cara mendapatkan gigi yang putih, jika masih ingin mendapatkan hasil maksimal yang lebih putih segera konsultasikan dengan dokter gigi agar bisa mendapatkan perawatan  memutihkan gigi yang tepat

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com