Blogosphere,  Lifestyle

Alasan Kenapa Saya Menulis Blog

Sharing is caring!

Alasan kenapa saya menulis blog? Ada banyak yang bertanya kenapa saya menulis blog. Apakah karena saya bekerja di media dan akhirnya menulis.  Atau karena saya hobi menulis jadi saya menulis di blog. Ada banyak sekali manfaatyang bisa membuat kalian tertarik juga untuk menulis blog. 

Saya mulai menulis blog pada 7 Juli 2007, saat itu saya sudah hampir 2 tahun bekerja di TV lokal di Palembang. Tidak ada alasan khusus kenapa saya membuat blog. Tapi saya memang menyukai menulis sejak saya SD lalu saat SMP dan SPK (setara SMA) saya tergabung dalam klub majalah dinding. Jangan tanya usia berapa ya, kalau ikut majalah dinding sudah tahu pasti angkatan tua.

Saya pernah vakum menulis saat fokus dengan tujuan lain. Dan akhirnya saya mencari alasan untuk membuat saya kembali menulis di blog lagi. Berikut ini 7 alasan kenapa saya menulis di blog.

1. Blog melatih saya bisa menulis dengan baik

Percaya atau tidak, ala bisa karena biasa, karena semakin sering menulis membuat kemampuan saya menulis pun menjadi semakin baik. Jika kita semakin sering melakukan sesuatu tentunya kita akan semakin terampil. Begitupun dengan menulis.

Apalagi menulis berita untuk pekerjaan saya di TV agak sedikit berbeda dengan menulis di blog. Jika menulis berita untuk media, kita dilarang keras untuk memasukkan opini. Blog menjadi tempat saya bebas untuk beropini karena blog menjadi wadah saya mencurahkan ide dan isi kepala tanpa terbatas oleh aturan Pers. Meski ada aturan lain yang harus diikuti saat menulis di blog.

View this post on Instagram

A post shared by Suzannita (@suzannita) on

2. Blog menjadi tempat saya memberikan manfaat bagi banyak orang

Ada banyak kisah traveling, tips dan tulisan tentang review produk yang memberikan manfaat bagi banyak orang dan menjadi referensi. Seperti tulisan saya tentang pengalaman BAP Passport yang memberikan manfaat karena banyak kasus salah nama, salah tanggal pada passort yang tidak hanya terjadi pada saya saja.

Bahkan saya bisa menjadi influencer bagi orang lain dan berbagi banyak hal, tidak hanya dari blog namun juga secara langsung. Seperti menjadi narasumber di berbagai kesempatan dan beragam audiens mulai dari pelajar, mahasiswa hingga kaum pekerja.

Saya senang sekali blog bisa menjadi referensi bagi orang lain dan tentunya Islam juga mengajarkan kita untuk bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. 

3. Blog membuat saya memiliki banyak teman dan relasi

Saya mendapatkan banyak teman dan relasi dari menulis blog. Mulai dari teman-teman blogger dari beragam genre dan berbagai komunitas. Saya juga memiliki sahabat dari blogger Wongkito, komunitas blogger di Palembang.  Saya juga mendapatkan teman karena dia mengikuti dan membaca tulisan-tulisan di blog. Tidak hanya bertemu di dunia nyata dan di blog pun bisa menjadi teman bahkan juga partner bisnis.

Belajar Lebih Bijak, buku pertama di tahun 2011

4. Blog membuat saya berani menulis buku

Saya mulai memberanikan untuk menulis buku, meski memang 3 buku yang saya tulis diterbitkan secara indie dan belum dijual di toko buku ternama. Tapi saya bersyukur saya melakukan hal yang saya impikan. Ada banyak teman-teman yang menerbitkan bukunya di major publisher. Semoga nanti juga bisa mengikuti para teman-teman blogger yang lainnya dan buku saya juga bisa beredar di seluruh dunia ya. 

Banyak penulis yang memulai karir menulis mereka dari blog, pembaca blog yang setia menjadi cikal bakal pembaca buku mereka juga.

Teman-teman baru dari berbagai negara di My Selangor Story 2011

5. Blog memberi saya kesempatan pergi ke tempat baru dan bertemu orang baru

Saya mendapatkan banyak pengalaman berharga selama menulis blog, mulai dari bertemu orang-orang baru di berbagai event blog maupun undangan dari brand-brand. Bahkan saya juga mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan para blogger dari berbagai negara. Seperti di event My Selangor Story 2011 yang memberikan saya pengalaman untuk menikmati aneka atraksi seru dan teman-teman baru serta mengunjungi tempat yang belum saya kunjungi.

6. Blog bisa membuat saya menghasilkan uang

Tanpa saya sadari ternyata blog saya sudah menghasilkan uang, tidak hanya dari google adsense yang saya pasang di blog. Tapi juga dari paid posting dari brand-brand yang sudah bekerja sama dengan blog Suzannita.com. Tidak hanya bisa menghasilkan uang saya juga merasakan mendapatkan benefit lain seperti staycation, produk-produk terbaru yang bisa saya coba pertama kali.

7. Blog memberikan saya kebahagiaan

Ya, benar sekali blog bisa memberikan saya kebahagiaan. Karena melalui blog saya bisa memberikan manfaat bagi orang lain dengan informasi yang saya bagikan. Saya merasa bersyukur saat orang lain bisa terbantu karena sudah membaca artikel yang saya tulis di blog. Saya juga merasa bahagia karena apa yang saya lakukan ternyata bermanfaat bagi orang lain. Karena bahagia itu sederhana dan bahagia itu hanya kita yang bisa merasakannya. 

Bagi kalian yang ingin menulis blog, tidak usah takut, menulis di blog itu sangat mudah bahkan bisa dilakukan di handphone karena saat ini sudah banyak aplikasi platform blog seperti WordPress atau Blogger. Kalian bisa memulai dari yang gratisan terlebih dahulu tanpa harus ribet dengan domain dan hosting. Cukup kemauan untuk menulis dan berbagi hal yang anda sukai. Siapa tahu banyak yang membutuhkan informasi yang kalian bagi, selamat menulis ya, happy blogging. 

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

20 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar