Blogosphere,  Teknologi,  Tips

Memilih Tema Blog Sesuai Passion

Sharing is caring!

Bagi yang ingin mulai menulis blog tentu akan kesulitan menentukan tema atau topik apa yang harus ditulis di blog. Kalau saya sendiri melakukan dari hal terkecil yakni dari apa yang menjadi passion saya. Hal yang saya sukai tersebut mulai dari traveling, olahraga, menulis, membaca, fotography hingga kecantikan.

Do what you love and love what you do

Itu seperti hukum alam yang membuktikan apapun yang dilakukan berasal dari hal yang kita cintai dan kita mencintai apapun yang kita lakukan. InsyaAllah semua akan berjalan lancar dan seperti yang kita inginkan. Jadi memilih tema blog harus sesuai dengan passion kita. Passion sendiri agak berbeda dengan sekadar rasa suka kita pada satu hal. Memilih tema blog sesuai passion berarti kita akan menulis apa yang benar-benar kita cintai. Dan tentunya tulisan kita tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Saat menulis sesuai dengan passion, kita tidak akan kesulitan untuk merangkai kata atau malah kebingungan apa yang mau kita tulis. Semua akan mengalir layaknya air dan membuat kita akan konsisten mengelola blog dengan memberikan update tulisan terbaru. Tentunya saat kita menulis dari hati, kita akan terhindar dari plagiarism, yang saat ini banyak menghantui para blogger. Isu plagiat dengan tindakan copy paste tentu tidak baik juga bagi blog kita.

Tema blog yang saya sukai sendiri berasal dari passion saya, sehingga blog saya isinya beragam dari mulai cerita traveling,  lifestyle, olahraga, fashion, beauty hingga kuliner. Menurut saya yang terbaik memang menulis hanya dengan satu tema dibandingkan menulis dengan banyak tema. Karena blog kita akan lebih spesifik, suzannita.com sendiri menurut saya merupakan lifestyle blog. Blog gado-gado yang memberikan banyak informasi, karena saya ingin seperti kertas putih yang dipenuhi dengan warna warni.

Traveling

Tema blog traveling akan selalu menjadi yang favorite bagi saya ataupun bagi para pecinta jalan-jalan. Setiap yang ingin bepergian tentu akan mencari referensi, informasi dan pengalaman dari mereka yang sudah mengunjungi destinasi wisata tersebut. Konten tentang traveling sendiri selalu menarik, meski bagi mereka yang sekedar cuci mata saja.  Ada banyak travel blogger yang bisa dijadikan referensi sebut saja Arief Rahman, Kadek Arini, Sutiknyo aka Mas Bolang dan masih banyak lagi.

Lifestyle

Saat ini tema blog lifestyle juga merupakan salah satu topik blog yang juga sangat populer dan banyak menarik minta orang untuk membaca, Karena tulisan di blog lifestyle ini bisa merangkum berbagai kalangan pembaca. Didalam blog lifestyle bisa memuat tulisan tentang gaya hidup mulai dari tulisan tentang traveling, olahraga, seni dan budaya, event, kesehatan dan kecantikan hingga keuangan sekalipun.  Saya sendiri memiliki sub topik yang beragam di blog suzannita.com. Saat ini yang paling banyak dibaca dari tulisan masih seputar informasi traveling.

Fashion 

Para kaum hawa tentu akan mencari referensi tentang fashion terkini. Blog tentang fashion akan selalu mengundang pembacanya terutama kalangan fashionista. Para kaum hawa akan mencari inspirasi panduan gaya berbusana, make-up ataupun pernak pernik aksesoris termasuk juga tips mix and match alias padu padan busana.  Saat ini para fashion blogger seolah menjadi kiblat untuk mencari inspirasi gaya. Bahkan seiring trend busana muslim kini semakin banyak fashion blogger yang berhijab yang menjadi inspirasi gaya bagi para wanita muslim. Sebut saja Indah Nada Puspita yang berbagi gaya berbusananya di blog-nya.

Beauty 

Bagi pecinta make-up dan kecantikan aka beauty enthuasiast. Blog dari para beauty blogger akan selalu menjadi incaran untuk mengetahui produk make-up terbaik ataupun skincare pilihan dari para beauty blogger. Pasalnya informasi dan referensi dari para beauty blogger ini menjadi acuan dalam membeli suatu produk. Tidak hanya itu para beauty blogger kerap mendapatkan produk pertama kali dari satu brand kecantikan untuk dicoba dan direview langsung.

Kuliner

Berbicara soal makanan, wisata kuliner termasuk juga resep masakan tidak kan habisnya. Tema blog soal kuliner akan menjadi pilihan bagi banyak orang. Sebut saja saat kita jalan-jalan tentunya kita akan mencari referensi tempat makan enak di destinasi wisata yang mereka kunjungi. Blog tentang kuliner tentu saja menjadi satu referensi bagi kita untuk memilih tempat makan tersebut. Lain lagi bagi kaum ibu atau mereka yang hobi memasak dan ingin mencari resep makanan tertentu juga akan mencari jawabannya di blog kuliner yang menjadi referensi dan panduan mereka dalam memasak.

Jadi sudah menentukan tema blog apa yang kalian pilih, just be yourself…

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar