Komunitas

Yoyo, Permainan Penuh Tantangan

Sharing is caring!

Tentunya kalian pasti tahu permainan yoyo. Banyak orang yang senang dengan permainan yoyo karena seru dan penuh tantangan. Hal itulah yang membuat yoyo disenengi tidak hanya oleh anak-anak tapi juga orang dewasa. Memainkan yoyo itu susah-susah gampang,  tapi kalau sudah ditekuni yoyo bisa menjadi atraksi menarik.

Yoyo, Permainan Penuh Tantangan
Komunitas Spinner Palembang

Yoyo merupakan permainan yang tersusun dari dua cakram yang sama. Biasanya terbuat dari kayu plastik dan logam. Awalnya yoyo terdiri dari dua piringan yang dihubungkan dengan tongkat kecil lalu terdapat senar kecil yang diikat keras di tongkatnya dan senar lainnya dipegang oleh jari pemain piringan itu bisa naik dan turun jika senarnya dikendalikan oleh pemainnya.

Permainan ini berasal dari negara tirai bambu Cina, dari Cina permainan ini dibawa ke Eropa waktu itu namonyo bukan yoyo tapi incroyable dan emigrette.  Lalu pada 1791 permainan ini menyebar ke negara Inggris, di Inggris permainan yoyo saat itu dinamakan bandalore.

Namo yoyo sendiri diberikan oleh pria asal Filipina, Pedro Flores. Pada 1920 Pedro mendirikan perusahaan mainan di California, Amerika. Kemudian pada 1928 perusahaan miliknya memproduksi mainan yoyo.

Setelah Pedro menjual perusahaannya pada pebisnis Amerika, Donald F. Duncan yang juga penemu es krim eskimo pada 1929. Duncan inilah yang kemudian mengembangkan dan memasarkan yoyo ke seluruh dunio bahkan yoyo juga pernah dibawa dalam pesawat ruang angkasa milik Amerika pada 12 April 1985 untuk diikutkan pada satu proyek.

Yoyo, Permainan Penuh Tantangan

Bermain yoyo itu susah-susah gampang, ada banyak teknik bermain yoyo yang paling sederhana yakni putar bawah (slepping) dengan cara membuat yoyo berputar di ujung tali bawah dan diem untuk beberapa saat.

Kemudian lompatan (looping) teknik yoyo selalu dalam keadaan bergerak atau tidak perlu kembali ke tangan pemain untuk dilempar lagi. Lalu off-string, teknik ini menggunakan ikatan longgar tali pada yoyo sehingga yoyo bisa berputar disumbunya kemudian pemain bisa melakukan akrobat dengan yoyo yang masih berputar bisa mendarat di tali dan memantul, jenis yoyo kupu-kupu paling cocok untuk trik ini karena punya celah yang lebar dan pinggir yoyo yang tumpul.

Bermain yoyo bukan sekedar melemparkan dan menangkap lagi yoyo. Variasi permainan yoyo telah begitu berkembang dengan banyak trik. Seperti komunitas yoyo Palembang atau Spinner Palembang. Para anggota komunitas ini tidak hanya sekedar berkumpul untuk berbincang tapi juga berlatih dan bertukar ilmu tentang yoyo. Tempat berkumpul yang dipilih biasanya di kambang iwak besak atau KIF Park.

Mereka ternyata tidak bermain yoyo dengan “seadanya” tapi mereka membawa beberapa koleksi yoyo serta perlengkapan pendukung pecak tali atau bahkan sarung tangan. Komunitas yoyo yang didirikan tahun 2007   ini sudah mememangi kejuaraan.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar