Chicken Avocado Salad
Lifestyle,  Resep

Menu Sahur Praktis, Hari Penuh Energi Berat Badan Terjaga

Visits: 21

Salah satu kunci menjalani puasa dengan lancar adalah puasa dengan menu sahur praktis dan bergizi yang akan membuat harimu penuh energi dan berat badan terjaga.

Buat yang sedang diet atau lagi  menjaga berat badan, bisa tetap berenergi tanpa harus merasa lapar atau lemas saat berpuasa. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serta serat.

Sahur Sehat untuk Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga pola makan sehat saat bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang ingin menjaga berat badan ideal. Tapi jangan khawatir, dengan menu sahur praktis dan tepat, kita tetap bisa menjaga kesehatan dan berat badanmu.

Sahur adalah waktu yang sangat penting selama bulan Ramadan, karena menyediakan energi yang dibutuhkan untuk menjalani puasa seharian.

Namun, seringkali saat sahur, kita cenderung makan berlebihan atau memilih makanan yang kurang sehat, yang dapat berdampak pada kesehatan dan berat badan.

Untuk menjaga berat badan ideal sambil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, berikut adalah beberapa tips sahur sehat:

1. Pilih Karbohidrat Kompleks: Saat sahur, pilihlah sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, atau nasi merah. Karbohidrat kompleks memberikan energi yang bertahan lama dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama puasa.

2. Tambahkan Protein: Protein penting untuk menjaga kenyang lebih lama. Tambahkan sumber protein seperti telur, daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan ke dalam menu sahur Anda.

3. Santap Sayuran dan Buah: Sayuran dan buah-buahan rendah kalori namun tinggi serat, vitamin, dan mineral. Sajikan sayuran dan buah segar atau tambahkan dalam salad atau smoothie untuk sahur yang lebih sehat.

4. Hindari Makanan Tinggi Lemak dan Gula: Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, gula tambahan, dan makanan olahan yang kurang bergizi. Pilihlah makanan rendah lemak, rendah gula, dan tinggi serat untuk sahur yang lebih sehat.

5. Minum Air yang Cukup: Pastikan untuk minum banyak air selama sahur dan setelahnya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hindari minuman berkafein dan beralkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi.

6. Jangan Lupa Serat: Serat membantu menjaga pencernaan lancar dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sertakan sumber serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam menu sahur Anda.

7. Porsi yang Sesuai: Perhatikan ukuran porsi makanan Anda saat sahur. Hindari makan berlebihan dan perhatikan kebutuhan kalori harian Anda untuk menjaga berat badan ideal.

Contoh Menu Sahur Praktis dan Sehat:

– Oatmeal dengan potongan buah-buahan segar dan kacang-kacangan.

– Roti gandum panggang dengan telur rebus dan salad sayuran.

– Smoothie buah-buahan dengan yogurt rendah lemak dan tambahan biji chia atau flaxseed.

Baca juga : Ini Penurunan Badan Efektif

Chicken Avocado Salad

Salad adalah pilihan sahur yang segar dan rendah kalori. Salah satu menu sahur yang menyehatkan dan menyegarkan adalah Chicken Avocado Salad atau Salad Ayam Alpukat.

Kombinasi ayam yang gurih dan alpukat yang lembut menjadikan hidangan ini tidak hanya lezat tetapi juga memberikan energi yang cukup untuk menjalani puasa seharian.

Menu Sahur Praktis
Chicken Avocado Salad

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Chicken Avocado Salad:

Chicken Avocado Salad:

Bahan-bahan:
– Dada ayam, potong dadu
– Telur Ayam rebus
– Alpukat matang, potong dadu
– Daun selada, iris tipis
– Tomat ceri, potong menjadi dua
– Timun, potong dadu
– Lemon, peras untuk sari lemon
– Minyak zaitun
– Garam dan merica secukupnya
– Biji wijen dan bunga matahari (opsional)

Cara membuat: 
1. Pertama, panaskan sedikit minyak zaitun di atas wajan. Tumis potongan dada ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
2. Siapkan mangkuk besar, tambahkan potongan telur rebus, alpukat, daun selada, tomat ceri, timun.
3. Campurkan dada ayam yang sudah dimasak ke dalam mangkuk dengan bahan-bahan lainnya.
4. Tambahkan sari lemon, minyak zaitun, garam, dan merica secukupnya ke dalam mangkuk. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam salad.
5. Taburkan biji wijen dan bunga matahari di atas salad sebagai hiasan jika diinginkan.
6. Chicken Avocado Salad siap disajikan!

Salad Ayam Alpukat ini cocok disantap saat sahur karena mengandung banyak nutrisi dan memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

Alpukat kaya akan lemak sehat dan serat, sedangkan ayam mengandung protein yang dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tubuh. Tambahan sayuran segar seperti selada, tomat, dan timun juga memberikan tambahan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Selain itu, salad ini juga mudah disiapkan dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Anda dapat menambahkan atau mengurangi bahan-bahan sesuai dengan preferensi dan ketersediaan di rumah. Dengan Chicken Avocado Salad, sahur akan menjadi lebih beragam dan menyehatkan. Selamat mencoba dan selamat menikmati sahur yang lezat dan sehat.

Dengan ide menu sahur praktis, kita bisa memulai hari dengan penuh energi dan semangat untuk menjalani ibadah puasa dengan baik. Selamat mencoba dan nikmati sahur bersama keluarga tercinta. Semoga Ramadan ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua!

Selamat mencoba dan semoga bulan Ramadan ini memberikan berkah dan kesehatan bagi kita semua.

Related Posts

  • 65
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama alamnya yang memesona dan warisan budayanya yang kaya. Kalau kalian sedang mencari petualangan yang tak terlupakan, Thekkady adalah tempat yang…
    Tags: yang, dan, untuk, dengan
  • 65
    ASUS ROG Phone 8 Beyond GamingASUS ROG Phone semakin membuktikan reputasinya sebagai smartphone gaming terdepan di dunia. ROG Phone 8 resmi dirilis pada tahun 2024 dan akan menjadi pilihan utama bagi para gamer. Ponsel gaming terbaru ini telah membuat heboh pasar teknologi dengan kualitas spesifikasi yang luar biasa. ROG Phone tetap menjadi raja pasar smartphone…
    Tags: yang, dan, dengan, untuk
  • 63
    ASUS Zenfone 10 Mighty on Hand: Kekuatan Hebat Dalam GenggamanZenfone 10 hadir sebagai jawaban buat kalian yang suka dengan gaya kompak tapi bergaya seperti flagship dan Mighty on Hand. Kehadiran gadget bukan hanya sekadar kebutuhan, tapi juga mencerminkan gaya hidup kita, apalagi buat kita, anak muda yang selalu ingin tampil kece dan up-to-date. Nah, ngomongin soal pilih handphone, yuk…
    Tags: yang, dan, dengan
  • 61
    Tips Berpuasa di Bulan RamadanBulan Ramadan yang penuh keberkahan telah tiba. Tentunya ada tips berpuasa di bulan Ramadan. Agar kita semua semangat  menyambut Ramadan dengan penuh kegembiraan dan kesadaran. Selain menjalankan puasa, bulan Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Ikhtiar…
    Tags: dan, yang, untuk, dengan
  • 59
    Panduan Lengkap Cara Membuat Visa IndiaBagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis. Apakah India masuk dalam daftar impian destinasi perjalanan kamu? Dari pemandangan epik Taj Mahal hingga keanekaragaman budaya yang memukau, India menawarkan pengalaman yang tidak akan…
    Tags: yang, dan, untuk

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com