Wisata di Qutub Minar “Warisan UNESCO Dunia”

Bagi yang ingin jalan-jalan ke India, wisata di Qutub Minar bisa masuk dalam itinerary. Qutub Minar adalah menara batu tertinggi di India dan situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain bisa menikmati keindahan arsitektur Indo-Islam. Juga bisa menjelajahi monumen bersejarah, dan mencicipi kuliner lokal di sekitar kompleks Qutub.

Wisata di Qutub Minar

Wisata Sejarah di Qutub Minar

Qutub Minar, salah satu destinasi wisata dari banyak tempat wisata menarik di India lainnya. Berikut daftar tempat wisata di India ya

Situs warisan dunia UNESCO, adalah menara bersejarah yang megah di Delhi, India. Arsitektur yang menakjubkan dan sejarahnya, membuat Qutub Minar menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan lokal maupun asing.

Mengenal Qutub Minar

Qutub Minar adalah menara batu tertinggi di India dan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada abad ke-12 oleh Qutb-ud-din Aibak, menara ini merupakan contoh megah arsitektur Indo-Islam.

Menara ini tingginya sekitar 73 meter terdiri dari lima lantai. Qutub Minar berdiri kokoh dan memukau dengan ukiran dan kaligrafi indah ayat-ayat dari Al-Quran, yang menghiasi setiap bagiannya.

Qutub Minar juga merupakan bagian dari kompleks Qutub, yang mencakup beberapa monumen bersejarah lainnya. Warna yang menara ini sangat menarik, merah bata berpadu cokelat dan putih.

Sepertinya inilah yang menjadikan warna menara ini tidak pudar, meski terkena sinar matahari sekian lama.

Qutub Minar Delhi India

Arsitektur Qutub Minar

Arsitektur Qutub Minar adalah perpaduan sempurna antara seni Islam dan Hindu. Menara ini terdiri dari lima lantai, masing-masing dihiasi dengan balkon yang menjorok keluar.

Setiap lantai memiliki desain yang berbeda, mencerminkan keahlian dan kreativitas para arsitek zaman itu. Bahan utama yang digunakan adalah batu pasir merah dan marmer, memberikan keunikan tersendiri pada struktur ini.

Wisata di Qutub Minar

Bagian-Bagian Qutub Minar

1. Menara Utama

Qutub Minar menara utamanya setinggi 73 meter dengan diameter dasar 14.3 meter dan puncak 2.7 meter. Menara lima lantai ini memiliki ukuran dan balkon berbeda setiap lantainya. Semakin tinggi lantai menara semakin kecil juga balkonnya.

Sayang karena tragedi pada 1981, menara ini ditutup jadi tidak ada lagi pengunjung yang bisa masuk ke dalam menara.

2. Alai Darwaza

Gerbang indah yang dibangun oleh Alauddin Khilji, menunjukkan keindahan seni arsitektur Indo-Islam. Qutub Minar ini menandai Islam di India.

3. Quwwat-ul-Islam Mosque

Masjid pertama yang dibangun di India oleh Qutb-ud-din Aibak. Menara Qutub Minar menjadi tempat muazin untuk mengumandangkan azan.

4. Iron Pillar

Pilar besi yang tidak berkarat meskipun telah berusia lebih dari 1600 tahun. Ini juga salah satu alasan pengunjung penasaran untuk melihatnya.

Wisata di Qutub Minar

Keunikan dan Atraksi di Qutub Minar

Qutub Minar tidak hanya menara tinggi, tetapi juga situs bersejarah dengan banyak monumen penting lainnya.

Keunikan menara ini terletak pada ukiran-ukiran yang menghiasi setiap lantai, mencerminkan kemegahan arsitektur Indo-Islam.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari puncak menara, meskipun akses ke atas sekarang dibatasi demi keamanan.

Wisata di Qutub Minar

Panduan Wisata di Qutub Minar

Untuk menikmati Qutub Minar sepenuhnya, pengunjung disarankan untuk menghabiskan waktu menjelajahi setiap sudut kompleks.

Cara Menuju Qutub Minar

Qutub Minar terletak di Mehrauli, Delhi, dan dapat dicapai dengan berbagai moda transportasi:

1. Kereta Metro

Naik Jalur Kuning (Yellow Line) dan turun di stasiun Qutub Minar. Dari sana, lalu bisa naik otocar atau berjalan kaki sekitar 1,5 km ke situs.

2. Taksi atau Otocar sharing:

Setelah keluar stasiun Metro, banyak taksi dan otocar atau tuk tuk khas India. Jika sendirian atau hanya berdua bisa sharing dengan penumpang lain. Biasanya sopir meminta 120 INR atau sekitar Rp 24000,- per orang untuk diantarkan ke Qutub Minar.

3. Bus

Beberapa bus juga berhenti dekat dengan Qutub Minar. Cek rute bus lokal untuk memastikan bisa turun di halte yang tepat.

Loket tiket masuk Qutub Minar

Harga Tiket Qutub Minar

Harga tiket masuk ke Qutub Minar berbeda untuk warga lokal dan turis asing:

– Warga Lokal: INR 40

– Turis Asing: INR 550 (ATM/Card) INR 600 (cash)

Anak-anak di bawah 15 tahun biasanya dapat masuk gratis. Sebaiknya cek harga tiket terbaru sebelum berkunjung karena harga dapat berubah.

Jam Buka Qutub Minar

Qutub Minar buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari untuk menghindari keramaian dan panas siang hari.

Arsitektur Qutub minar

Tips Menikmati Qutub Minar

1. Datang Pagi Hari

Kunjungi situs warisan dunia UNESCO ini di pagi hari untuk menikmati pemandangan dengan lebih tenang dan menghindari keramaian.

2. Pakai Pakaian Nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang nyaman juga. Karena disini kita akan banyak berjalan.

3. Bawa Air Minum

Usahakan untuk membawa air minum agar bisa menjaga hidrasi selama berkeliling. Karena di dalam komplek Qutub, tidak ada yang berjualan makanan dan minuman.

4. Tour Guide atau Audio Guide

Pertimbangkan untuk menyewa tour guide lokal atau menggunakan audio guide untuk mendapatkan informasi mendalam tentang sejarah dan arsitektur Qutub Minar.

Saat membeli tiket, biasanya petugas akan menawarkan untuk menggunakan audio guide. Sehingga pengunjung bisa dapat informasi mendetail tentang sejarah dan arsitektur setiap monumen.

5. Fotografi

Jangan lupa membawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen indah di Qutub Minar. Waktu terbaik untuk fotografi adalah pagi atau sore hari. Cahaya matahari sore membuat hasil foto menara tampak lebih dramatis.

6. Kunjungi Monumen Lain di Kompleks Qutub

Selain Qutub Minar, kompleks ini juga memiliki beberapa monumen menarik lainnya seperti Quwwat-ul-Islam Mosque, Alai Darwaza, dan makam Iltutmish.

Makanan dan Minuman di Sekitar Qutub Minar

Setelah menjelajahi Qutub Minar, kita dapat menikmati berbagai kuliner lokal di sekitar situs. Banyak warung dan restoran yang menyajikan makanan khas India seperti kebab, biryani, dan roti naan.

Beberapa tempat populer termasuk Qutub Institutional Area yang terkenal dengan kafe dan restorannya.

Kebijakan Membawa Tripod

Bagi para fotografer, penting untuk mengetahui kalau membawa tripod ke dalam kompleks Qutub Minar dilarang. Tripod saya pun tidak bisa dibawa dan harus ditetapkan.

Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan terhadap pengunjung lain dan menjaga kelancaran arus wisatawan. Namun, kita masih bisa mengambil foto-foto menakjubkan dengan kamera tanpa tripod.

Wisata di Qutub Minar

Wisata di Qutub Minar

Qutub Minar, menara batu tertinggi di India dan situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu destinasi wisata di India, yang bisa masuk dalam itinerary kalian.

Menikmati keindahan arsitektur Indo-Islam, sembari menjelajahi monumen bersejarah, dan mencicipi kuliner lokal di sekitar kompleks Qutub.

Tentunya ini memberikan pengalaman tak terlupakan di Qutub Minar. Dari keindahan salah satu warisan dunia ini.

Semoga sudah punya gambaran yang jelas tentang Qutub Minar, keunikannya, dan berbagai hal menarik yang bisa dinikmati selama wisata disini ya.

Jangan lupa untuk merencanakan kunjungan dengan baik agar perjalanan jadi lebih menyenangkan. Untuk destinasi wisata di New Delhi lainnya bisa dibaca selengkapnya disini ya.

Sudah siap menjelajahi Qutub Minar dengan mudah dan menikmati setiap momen di salah satu situs paling ikonik di India.

Related Posts

  • 61
    Menjelajahi Wisata di India Dari Delhi ke Spiti ValleyMenjelajahi wisata di India dari New Delhi ke Spiti Valley bisa menjadi bucket list kalian ya.  Bagi yang ingin menikmati keindahan alam di India,  sekaligus menyelam budaya dan sejarah di…
    Tags: yang, dan, di, ini
  • 58
    Eksplor Keindahan Grand Palace ThailandJika wisata di Bangkok, salah satu atraksi yang bisa dilakukan adalah eksplor keindahan Grand Palace. Bangunan ikonik Thailand ini adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dan kaya sejarah. Wisata…
    Tags: yang, dan, di, ini, untuk
  • 58
    Selamat Datang di Blog SuzannitaSelamat Datang di Blog Suzannita.com, kalian bisa temukan inspirasi, cerita perjalanan,  review produk, pengalaman, dan tips menarik. Blog ini adalah wadah untuk berbagi cerita, pandangan, dan pengetahuan yang bermanfaat bagi…
    Tags: dan, yang, di, untuk, ini
  • 57
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama…
    Tags: yang, dan, di, untuk, bisa
  • 52
    Panduan Lengkap Cara Membuat Visa IndiaBagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis. Apakah India masuk dalam daftar…
    Tags: yang, dan, untuk, di

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com