Travel Shuttle, Tips Naik Travel Shuttle Dengan Nyaman, Jurnal Suzannita
Tips,  Transportasi,  Travelling

Tips Naik Travel Shuttle Dengan Nyaman

Sharing is caring!

Ada banyak transportasi antarkota yang bisa dipilih saat bepergian, salah satu bisa naik travel shuttle. Biasanya para penumpang bisa diuntungkan mulai dari waktu kedatangan, harga tiket yang bersaing dan bisa menikmati perjalanan darat.

Jika melakukan perjalanan menggunakan bus tentu saja kita harus datang terminal bus karena keberangkatan hanya dari terminal bus saja, sedangkan jika naik travel shuttle, penumpang bisa berangkat  dari titik penjemputan dan pengantaran dari mana saja sehingga penumpang bisa dengan mudah mencapai  tujuan terdekat.

Apalagi lokasi travel shuttle biasanya di lokasi strategis termasuk di pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Bahkan travel shuttle ini mudah ditemukan  termasuk di bandara yang tentunya semakin memudahkan kita menuju tujuan langsung dari  Bandara Soekarno Hatta.

Agar perjalanan semakin nyaman berikut ini tips naik travel shuttle:

  1. Tentukan Travel Shuttle yang Digunakan

Ada banyak jenis shuttle bus yang melayani perjalanan antarkota sehingga kita harus memilih travel agar perjalanan lebih  aman, nyaman. Pasalnya armada yang banyak dipilih dan direkomendasikan banyak orang, tentunya karena nyaman digunakan dan aman di jalan. Sehingga kita bisa mendapatkan perjalanan yang menyenangkan.

Karena travel yang direkomendasikan banyak orang dan menjadi pilihan banyak orang biasanya tidak akan jauh berbeda dengan apa yang nantinya kita rasakan selama perjalanan. Salah satunya seperti Xtrans.

Travel Shuttle, Tips Naik Travel Shuttle Dengan Nyaman, Jurnal Suzannita

  1. Jam keberangkatan

Meskipun travel memberikan jam keberangkatan yang lebih flexible, namun sebaiknya pilih jam keberangkatan yang membuat kita tidak kerepotan sampai di kota tujuan. Jika kita bisa menghitung waktu perjalanan termasuk waktu toleransi jika terjadi kemacetan, kita bisa mengetahui jam tiba di kota tersebut. Kita bisa bertanya pada teman ataupun pada internet  untuk mengestimasi waktu.

Seperti jika menuju Bandara Soekarno Hatta, dengan menghitung waktu kita bisa memperkirakan jam tiba di bandara dan waktu check-in agar tidak ketinggalan penerbangan. Pasalnya banyak yang salah perhitungan waktu dan akhirnya gagal terbang karena  konter check-in sudah ditutup. Jika untuk ke bandara, pastikan kita menyediakan waktu cadangan, setidaknya 2 jam dari waktu keberangkatan sudah berada di bandara  untuk meminimalkan keterlambatan perjalanan.

  1. Lakukan Pemesanan Dengan Cermat

Saat melakukan pemesanan, sebaiknya kita melakukan book travel shuttle ini secara online. Pasalnya saat ini sudah banyak OTA yang sudah menyediakan  jasa layanan pemesanan travel shuttel ini. Sehingga jika sudah mendapatkan tiket perjalanan, kita akan aman dan nyaman selama perjalanan karena tidak khawatir kehabisan tiket. Apalagi jika di musim liburan dan akhir pekan, layanan travel ini juga digemari banyak orang. Sehingga semakin banyak yang menggunakan travel sebagai salah satu moda transportasi mereka.

Travel Shuttle, Tips Naik Travel Shuttle Dengan Nyaman, Jurnal Suzannita

  1. Usahakan Pilih Tempat Duduk Yang Nyaman

Saat melakukan pembelian sebaiknya juga kita langsung memilih nomor bangku. Pasalnya  tempat duduk yang nyaman akan membuat perjalanan kita juga nyaman. Usahakan untuk tidak berada di bangku paling belakang tepat berada diatas roda kendaraan. Karena hentakan atau goncangan selamam perjalanan bisa membuat kita mabuk  perjalanan. Sebaiknya memilih bangku di samping pengemudi atau berada di belakang pengemudi. Karena biasanya kita bisa mendapatkan ruang gerak kaki yang lebih leluasa.

  1. Pilih Lokasi antar-jemput kedatangan dan keberangkatan

Saat melakukan perjalanan dengan travel kita bisa memilih lokasi antar jemput untuk kedatangan dan keberangkatan sesuai pilihan kita. Biasanya travel akan langsung memberikan opsi lokasi antar jemput . Tentunya jika harus sudah berada di lokasi antar jemput agar tidak terlambat dan ditinggalkan oleh mobil travel. Usahakan untuk mencatat data perjalanan kita seperti nomor kendaraan, nomor pengemudi termasuk warna mobil. Data ini bisa kita berikan kepada keluarga sebagai tindakan pencegahan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga dan tentunya memudahkan kita  melacak kendaraan.

Travel Shuttle, Tips Naik Travel Shuttle Dengan Nyaman, Jurnal Suzannita

  1. Sesuaikan Barang Bawaan dengan Bagasi Yang Tersedia

Karena ini merupakan  moda transportasi umum dan bukan merupakan mobil sewaan, kita harus menyesuaikan barang barawan dengan bagasi yang tersedia karena penumpang lain juga membawa barang bawaan. Sebaiknya bawa barang bawaan secukupnya sesuai aturan dan tidak berlebihan sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain karena barang bawaan orang lain tidak muat.

Selain itu pisahkan barang-barang berharga dari pakaian, jangan meletakkan barang-barang berharga seperti laptop atau kamera di bagasi perjalanan. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan barang-barang tersebut termasuk menghindari faktor lain seperti kehilangan.

  1. Utamakan Keselamatan

Selama perjalanan hal paling utama adalah keselamatan dan kesehatan kita. Karena fisik setiap orang berbeda dan kita sendiri yang mengetahui kondisi tubuh. Sebaiknya kita siapkan obat-obatan untuk mengantisipasi mabuk atau sakit dalam perjalanan. Siapkan pouch berisikan  minyak angin dan pil anti-mabuk. Usahakan juga kita untuk makan atau mengisi perut kita dengan makan satu jam sebelum perjalanan untuk mencegah mabuk perjalanan.

Selama perjalanan kita juga bisa mengingatkan pengemudi untuk berhati-hati, tidak ngebut dan menjaga kondisi pengemudi tetap fit dan tidak mengantuk. Kita bisa mengajak pengemudi ngobrol bahkan meminta berhenti untuk beristirahat agar pengemudi bisa  istirahat demi keselamatan perjalanan.

Itu tadi tips agar perjalanan menggunakan travel shuttle ini semakin aman dan nyaman. Semoga nyaman selama perjalanan dengan travel shuttle ya.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

34 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com