Tips berpuasa untuk anak kecil, Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil, Jurnal Suzannita
Lifestyle,  Tips

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Sharing is caring!

Setiap orangtua memiliki cara tersendiri mengajarkan berpuasa bagi sang buah hati. Berikut ini tips berpuasa untuk anak kecil.

Cara mengajarkan anak-anak untuk berpuasa memang tidaklah mudah karena puasa artinya memberikan tantangan bagi anak-anak untuk menahan rasa lapar dan haus dari makanan favorit mereka. Tips berpuasa untuk anak kecil agar puasa sang anak lancar hingga waktu berbuka.

1. Kenalkan puasa kepada anak-anak sejak dini

Puasa mengajarkan anak-anak untuk bisa menahan rasa lapar dan haus. Dengan mengajarkan berpuasa untuk anak-anak akan membuat mereka bisa disiplin, sabar, mau berbagi, dan mengendalikan diri. Puasa dikenalkan kepada anak-anak mulai dari usia empat atau lima tahun.

Apalagi anak-anak belum memahami manfaat berpuasa baik  bagi mereka seperti menguatkan iman, disiplin, menyehatkan tubuh dan bisa berbagi dengan orang lain. Agar anak-anak bersemangat menjaga puasanya buat agar puasa ini menyenangkan bagi mereka bukan membebani mereka.

Tips berpuasa untuk anak kecil, Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil, Jurnal Suzannita
Suzannita Bersama Keponakan

2. Lakukan secara bertahap

Mengenalkan puasa kepada anak-anak harus dilakukan secara bertahap. Sesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak karena setiap anak memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. Latih anak makan sahur bersama dan berpuasa selama beberapa jam, misalnya puasa setengah hari hingga pukul 12 siang dilaksanakan selama beberapa hari.

Mengajarkan anak-anak berpuasa untuk pertama kalinya tidaklah mudah dan memerlukan kesabaran. Setelah anak kuat melakukan puasa setengah hari selama beberapa hari lalu coba anak untuk berpuasa selama sehari penuh.

Tips berpuasa untuk anak kecil, Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil, Jurnal Suzannita

3. Isi puasa dengan kegiatan yang menyenangkan

Agar anak-anak tidak terbebani melakukan puasa. Ajak anak mengalihkan diri jika sang anak berpuasa dengan  melakukan hal yang menyenangkan. Seperti bermain yang tidak berlebihan dan membuat mereka lelahnya.  Mengajak mereka menonton a acara televisi yang disukainya juga bisa membuat anak bersemangat untuk berpuasa. Ataupun mengajak anak-anak  untuk membuat ataupun membeli takjil agar semangat  hingga waktu berbuka.

Tips berpuasa untuk anak kecil, Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil, Jurnal Suzannita
Menu Sahur

4. Buat menu sahur dan berbuka yang menarik dan disukai

Agar anak-anak senang melakukan ibadah puasa, buatlah menu makanan sahur yang disukai. Tanyakan pada anak-anak apa yang ingin dimakan saat sahur. Buat suasana Sahur menyenangkan baginya.

Untuk menu sahur, usahakan semua kebutuhan nutrisi sang anak bisa terpenuhi. Pilih karbohidrat yang disukai mereka seperti kentang atau spageti sehingga bisa memperpanjang rasa kenyang. Usahakan menyertakan buah dan sayuran yang kaya serat.

Hal yang sama untuk menu buka puasa juga dibuat menarik. Sajikan makanan atau minuman manis agar energi anak bisa kembali lebih cepat. Hindari makanan yang terlalu pedas ataupun terlalu asam. Usahakan makanan dan minuman yang disajikan tidak terlalu panas atau dingin.

Tips berpuasa untuk anak kecil, Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil, Jurnal Suzannita
Shalat Tarawih

5. Berikan pujian

Hal yang menyenangkan bagi kita semua adalah mendapatkan apresiasi atau penghargaan atas apa yang dicapai. Sehingga bagi anak-anak yang bisa berpuasa berikanlah pujian kepada mereka.  Jangan marah kepada anak-anak jika dia tidak bisa berpuasa sepanjang hari. Sebaliknya, berikan motivasi untuk mereka berpuasa. Tidak ada salahnya memberikan hadiah bagi mereka.

Itu tadi tips berpuasa untuk anak kecil,  kalau kalian melakukan tips yang mana?

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com