Cara Menetapkan Target Blogging

Ada beberapa cara menetapkan target blogging untuk mencapai kesuksesan. Dari branding blog hingga konten berkualitas, tentunya dengan strategi efektif untuk meningkatkan performa blog kita.

Menetapkan Target Blogging: Panduan untuk Sukses

Jujur saya belum pernah menetapkan satu target apapun bagi blog saya. Sejak saya mengawali menulis blog di tahun 2007 kala itu masih di suzannita.wordpress.com. Hingga akhirnya saya pindah rumah ke Suzannita.com, semuanya berjalan apa adanya saja.

Tidak ada target muluk harus naik rating di Alexa ataupun page rank blog yang juga naik. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai bertanya pada diri sendiri apa yang saya lakukan dengan blog Suzannita.com ini dan target seperti apa yang ingin saya capai di tahun mendatang.

Buat yang mau menulis blog, ini panduan lengkap memulai menulis blog

Suzannita

Tentunya ada dua hal utama yang harus saya lakukan: branding blog dan konten di Suzannita.com.

Branding Blog

Branding Suzannita.com bertujuan untuk menggambarkan identitas unik dari blog saya. Karena dengan branding yang kuat, orang akan lebih mudah mengenali tulisan di Suzannita.com dan membedakannya dari blog atau situs lainnya.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan branding blog:

1. Tentukan Gaya Penulisan

Identitas tulisan adalah kunci. Pastikan gaya penulisan Anda konsisten dan mencerminkan kepribadian Anda.

2. Desain Visual

Gunakan desain yang konsisten, termasuk logo, warna, dan tata letak yang mudah dikenali.

3. Kualitas Konten

Buat konten yang relevan dan bermanfaat untuk audiens Anda. Konten yang bermutu tinggi akan membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pembaca.

Branding Konten

Selain branding blog, target utama saya adalah branding konten. Traffic blog akan meningkat dengan hadirnya konten baru yang berkualitas dan banyak dibaca serta dibagikan oleh orang. Berikut strategi untuk branding konten:

1. Konten Orisinal

Pastikan konten yang di tulis adalah asli dan unik. Hindari plagiarism dan fokus pada pembuatan konten yang otentik.

2.SEO-Friendly

Gunakan teknik SEO untuk meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari. Ini termasuk penggunaan kata kunci yang tepat, meta description, dan struktur artikel yang baik.

3. Promosi di Media Sosial

Bagikan konten kita di berbagai platform media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Interaksi di media sosial dapat membantu meningkatkan traffic blog kita.

4. Engagement dengan Pembaca

Ajak pembaca untuk berkomentar dan berdiskusi di blog kita. Balas komentar mereka untuk membangun komunitas yang solid.

5. Giveaway dan Kontes

Buat giveaway atau kontes menarik untuk meningkatkan interaksi dan traffic ke blog kita. Ini juga dapat membantu meningkatkan visibilitas blog di media sosial.

Target Blogging

Menetapkan Target Blogging

1. Meningkatkan Traffic Blog

Fokus pada pembuatan konten berkualitas dan promosi efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog Suzannita.com.

2. Membangun Komunitas

Berinteraksi dengan pembaca melalui komentar dan media sosial untuk membangun komunitas yang loyal.

3. Monetisasi Blog

Tingkatkan pendapatan dari blog melalui paid posting, sponsor post, dan program afiliasi.

4. Mengikuti Tren dan Pembaruan

Selalu mengikuti tren terbaru dalam dunia blogging dan SEO untuk memastikan blog tetap relevan dan up-to-date.

5. Konsistensi Posting

Tetapkan jadwal posting yang konsisten untuk menjaga keterlibatan pembaca dan meningkatkan traffic.

Target Blogging Lebih Baik

Menetapkan target blogging sangat penting untuk mengarahkan dan mengukur kesuksesan blog kita. Dengan fokus pada branding blog dan konten, serta strategi promosi yang efektif, kita dapat meningkatkan traffic, membangun komunitas yang kuat, dan mencapai tujuan blogging kita.

Mari sambut tahun baru dengan semangat baru dan target yang jelas untuk blog kita. Terima kasih Blogger Perempuan atas tantangan 30 hari menulis yang telah memberi saya dorongan untuk menetapkan target yang lebih jelas.

Selamat menulis dan sukses selalu!

Related Posts

  • 75
    Selamat Datang di Blog SuzannitaSelamat Datang di Blog Suzannita.com, kalian bisa temukan inspirasi, cerita perjalanan,  review produk, pengalaman, dan tips menarik. Blog ini adalah wadah untuk berbagi cerita, pandangan, dan pengetahuan yang bermanfaat bagi…
    Tags: dan, saya, yang, di, blog, untuk
  • 74
    Cara Membuat Blog dari Nol, Panduan untuk PemulaMembuat blog dari nol juga begitu mudah. Hanya beberapa langkah saja tapi memang butuh sedikit usaha ya. Bagi yang suka menulis, tidak ada salahnya menyalurkan dengan menulis di blog. Tulisan…
    Tags: dan, yang, blog, untuk, di, dengan
  • 63
    #MSS2011 Bermalam di Awana Long House & Blind TrailPengalaman bermalam di udara terbuka di Awana Long House bukan menjadi pengalaman pertama bagi saya. Pasalnya  saya pernah  naik gunung bersama teman-teman semasa kuliah. Jadi saya sudah punya pengalaman tidur…
    Tags: saya, dan, di, yang
  • 63
    Tokyo Marathon 2018 Senangnya Bawa Medali PulangTokyo Marathon 2018 menjadi pengalaman World Major Marathon yang pertama bagi saya. Alhamdulillah saya beruntung bisa menjadi salah satu peserta. Tidak mudah untuk ikut sebagai peserta karena harus melewati ballot…
    Tags: saya, yang, di, dan, untuk
  • 62
    Wisata di Manali Surga di HimalayaWisata di Manali, destinasi wisata populer di Himalaya menjadi tujuan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ada banyak atraksi wisata menarik di Manali dengan beragam aktivitas seru. Dan tentunya membuat…
    Tags: yang, dan, di, untuk

15 thoughts on “Cara Menetapkan Target Blogging”

  1. Kalo aku targetnya bisa nulis lebih banyak aja tahun depan (mungkin 50 post dalam setahun). Mengingat sepertinya aku dikit bener update blog tahun-tahun terakhir.

    Reply
  2. Aih nggak pernah kepikiran bakal ada target blogging mba. Jadi terinspirasi, buat bikin target, biar semakin bagus ngeblognya dan nulis konten-konten bermutu. Memang kalau ada target, nulisnya lebih semangat ya. Branding konten sama identitas blog itu ide bagus.

    Reply
  3. Keren target2 bloggingnya mbak 😀
    Iya nih pencarian organik harus diperbesar ya supaya blog kita pun makin dikenal. Brandingnya jg kudu dikuatin lg. AKu jg mau aaahh 😀

    Reply
  4. Aku juga bikin target kecil-kecilan di tahun 2019 ini, mba.
    Yang penting ngeblognya tetap semangat. Walo sponsorpost tetap ditulis pake hati.
    Semoga di tahun 2019 ini kita semua lebih produktif yay ngeblognya. Yeyeyey!

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com