Uncategorized

Sehat “Tanpa Obat” Sehat

Sharing is caring!

Apa yang kita cari saat sakit menghantam tubuh  :cystg

Sehat “Tanpa Obat” Sehat
obat

Ya, betul sekali “obat”. Entah itu obat yang dijual bebas di pasaran, seperti saat sakit kepala kita langsung menuju merek P*****X , B****X  atau juga A*****N. Atau juga obat yang didapatkan dari resep dokter, benar kan ?

Tapi apakah kita pernah berpikir jika setiap hal yang masuk ke dalam tubuh kita akan memberikan dampak bagi tubuh kita suatu saat. Banyak juga yang berpikir “ah, itu juga nanti, masih lama, yang penting bagaimana menghilangkan rasa sakit ini” .

Terkait masalah obat itu, tema peringatan Hari Kesehatan Internasional Anti-microbial resistance: no action today, no cure tomorrow atau WHO Indonesia menggunakan tema senada Gunakan Antibiotik Secara Tepat untuk Mencegah Kekebalan Kuman“.

Sehat "Tanpa Obat" Sehat
antibiotik

Karena penggunaan obat-obatan Anti-microbial atau Antibiotik (obat yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme, termasuk bakteri, jamur, parasit, dan virus) dalam jumlah besar dan lama akan menyebabkan tubuh resisten atau kebal terhadap Anti-microbial atau Antibiotik. Atau disebut kekebalan terhadap obat, sehingga penggunaannya tidak efektif lagi dalam mengobati infeksi.

Jika mikroorganisme kebal terhadap obat ini, mereka akan bermutasi dan menjadi sulit bahkan tidak dapat disembuhkan. Hal ini sangat membahayakan, karena infeksi berasal dari mikroorganisme termutasi dapat membunuh dan menyebar kepada orang.

Sehingga dengan memahami hal tersebut, kita harus berhati-hati dalam memilih obat, tidak asal pilih dan tidak berlebihan.

Tapi dibalik itu semua hal yang terpenting adalah bagaimana mensyukuri nikmat kesehatan yang kita dapatkan itu dengan menjaga kesehatan. Toh banyak yang bilang “Sehat itu Mahal” tapi kalau saya bilang sih “Sakit itu Mahal” , karena kalau sakit biayanya mahal. “Tapi sekarang ada berobat gratis” .

Aduh, esensinya bukan seperti itu loh, maksudnya apa mau berbaring di rumah sakit, dengan bau obat-obatan, tak bisa melakukan aktivitas. Tapi jika berpikir tidur di rumah sakit adalah liburan “ya, silakan saja sakit”.

Rasulullah bersabda “Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Al-quran.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim).

Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik obat yang kamu gunakan adalah berbekam, atau: Berbekam adalah obat yang paling baik bagimu.” (HR Muslim).

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada jintan hitam (Habbatus Saudah) terdapat obat untuk segala penyakit kecuali mati.” (HR Muslim).

Note: Hari Kesehatan Internasional ditetapkan pada 7 April yang merupakan hari lahir World Health Organization (WHO).

Dari berbagai sumber.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar