Uncategorized

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Sharing is caring!

Pernahkah kita mensyukuri nikmat kesehatan, oksigen yang kita hirup mengaliri darah, masuk ke setiap rongga tubuh, ataupun air kita teguk setiap hari.

Jika belum, saatnya kita mulai menyadari dan mensyukuri nikmat yang kita rasakan itu. Coba perhatikan, betapa susahnya mereka yang terkapar tak berdaya di rumah sakit, dengan jarum yang menusuk di tubuh atau selang oksigen yang harus dipasang karena sudah tak sanggup menghirup udara.

Rasulullah bersabda, “Dua nikmat yang sering tidak diperhatikan oleh kebanyakan manusia yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. Bukhari yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas).

Jika kesadaran itu muncul di setiap jiwa manusia Indonesia, tentu alangkah indahnya negeri ini. Karena dengan begitu setiap insan akan bertanggung jawab terhadap kesehatan dan lingkungan.

Kenapa lingkungan?

Karena dari lingkungan yang bersih dan sehat akan mewujudkan kesehatan. Persoalan kesehatan yang dihadapi masyarakat tak akan bisa ditanggulangi jika lingkungan tidak mendukung.

Terlebih saat ini perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan termasuk kesehatan. Karena lihat saja, akibat perubahan iklim, siklus cuaca menjadi tidak teratur, petani kesulitan untuk menentukan masa tanam, karena perubahan iklim berdampak besar pada udara dan air. Lihat saja dampak cuaca ekstrim badai, gelombang panas, kekeringan dan banjir.

Kembali ke permasalahan kesehatan, terutama karena setiap 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Internasional (World Health Day) sekaligus HUT World Health Organization (WHO) mari kita mulai melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Kini saatnya kita memulai gaya hidup sehat karena hasilnya kita sendiri yang akan merasakannya.

Apa saja perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) itu :

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan.
2. Memberi ASI eksklusif
3. Menimbang bayi dan balita
4. Menggunakan air bersih
5. Mencuci tangan dengan air bersih
6. Menggunakan jamban sehat
7. Memberantas jentik di rumah
8. Makan buah dan sayur setiap hari
9. Melakukan aktifitas fisik setiap hari
10. Tidak merokok di dalam rumah.

Rasulullah sendiri sangat menjaga kesehatannya dengan menjaga pola makan dan tidurnya.

Beliau bersabda, ”Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan.” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar