Rujak Mie Palembang Kuliner Unik

Rujak mie Palembang adalah kuliner yang unik dan menggugah selera. Karena mie disajikan dengan kuah cuko yang pedasa dan dipadukan dengan irisan pempek, tahu dan kerupuk mereka.

Wong Palembang itu bisa makan apapuj dengan cuko, tidak hanya pempek ya. Biea nasi dengan cuko hingga pisang goreng dan cuko. Untuk membuat rujak mie juga sangat mudah ya.

Rujak Mie Palembang

Rujak Mie Palembang: Kuliner Unik yang Menggugah Selera

Ketika mendengar kata “rujak”, mungkin yang terbayang di benak Anda adalah potongan buah-buahan segar yang disiram saus kacang pedas manis.

Namun, di Palembang, ada rujak yang berbeda dari yang biasa Anda temui. Rujak mi Palembang adalah sajian khas yang menggabungkan mi kuning, tahu, pempek, dan mentimun dengan kuah cuka yang khas.

Kombinasi unik ini menciptakan rasa yang menggugah selera dan pastinya akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Bahan dan Cara Membuat Rujak Mi Palembang

Untuk yang ingin mencoba membuat rujak mi Palembang di rumah, berikut adalah resep sederhana yang bisa di ikuti:

Bahan:

  • 150 gr mi kuning / mi basah
  • 25 gr suun (bihun), seduh dengan air mendidih dan tiriskan
  • 100 gr mentimun, potong dadu kecil
  • 25 gr taoge, buang akarnya
  • 1 buah tahu putih, potong kotak dan goreng hingga matang
  • 1 pempek lenjer kecil, potong-potong
  • 250 gr gula merah
  • 50 gr ebi, rebus dengan air panas dan tiriskan

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 10 buah cabai merah
  • 1 sdt ebi
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Siapkan Kuah Cuka

Masak air dan gula merah sampai mendidih dan gula larut. Angkat dan saring untuk mendapatkan larutan gula yang bersih. Didihkan kembali air gula merah, masukkan bumbu halus dan masak sampai matang. Angkat dan dinginkan.

2. Persiapkan Bahan-Bahan

Masukkan mi, suun, mentimun, tahu, pempek yang telah dipotong-potong, dan taoge dalam mangkuk.

3. Penyajian

Sirami campuran tersebut dengan kuah cuko dan tambahkan ebi di atasnya.

4. Sajikan

Rujak mi Palembang siap dinikmati.

Rujak Mie Palembang

Sensasi Rasa Rujak Mie Palembang

Menikmati makanan khas Palembang Rujak mie ini menawarkan sensasi rasa yang unik. Kombinasi mi kuning yang kenyal, tahu goreng yang gurih, segarnya potongan mentimun, dan pempek yang khas dengan kuah cuka manis pedas menciptakan harmoni rasa yang sempurna. Ebi yang ditaburkan di atasnya menambah cita rasa gurih yang khas.

Popularitas dan Kecintaan Akan Rujak Mie

Meskipun rujak mi bukanlah hidangan yang disukai semua orang, namun bagi sebagian besar warga Palembang, rujak mi adalah makanan yang sangat digemari.

Di berbagai kedai pempek di Palembang, Anda bisa menemukan variasi pempek yang disajikan bersama mi, termasuk pempek kapal selam yang diisi dengan mi di dalamnya.

Meski bukan hanya makanan sehari-hari, rujak mie tetapi juga bagian dari budaya kuliner yang kaya di Palembang. Setiap suapan rujak mi membawa kenangan dan rasa khas yang selalu dirindukan oleh pecinta kuliner lokal maupun wisatawan.

Menikmati Rujak Mie

Kuliner khas Palembang rujak mie adalah bukti bahwa kuliner tradisional Indonesia sangat beragam dan penuh kejutan.

Keunikan rasa dan kesederhanaan dalam penyajiannya menjadikan rujak mi sebagai salah satu ikon kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Palembang.

Jadi, jika ingin merasakan sensasi kuliner yang berbeda, jangan ragu untuk mencoba dan menikmati rujak mi Palembang. Selamat mencoba!

Related Posts

  • 66
    Menikmati Lezatnya Jajanan Khas Ramadan: Tradisi Kuliner Palembang Menggoda SeleraPalembang menjadi pusat kuliner yang memikat hati para pecinta makanan khas tradisional. Jajanan khas Ramadan di Palembang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menghadirkan nostalgia akan tradisi dan kebersamaan di bulan…
    Tags: yang, dan, di, dengan, palembang
  • 63
    5 Tempat Makan Favorite Ini Wajib Kalian CobaBagi yang berkunjung ke Palembang ada banyak tempat makan di Palembang. Baik restoran atau warung yang wajib kalian kunjungi saat berada disini. Tempat makan di Palembang yang banyak dikunjungi, karena…
    Tags: palembang, yang, di, dan, pempek, dengan, mie
  • 62
    Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata DuniaPesona Sumatera Selatan memukau dunia  dengan kekayaan alam, budaya, sejarah, dan kuliner yang luar biasa. provinsi ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Pesona Sumatera Selatan Yang Memukau Sebagai salah…
    Tags: yang, di, dan, dengan, palembang
  • 60
    Inilah 7 Pesona Wisata di Palembang yang Membuat Anda Enggan PulangPesona wisata di Palembang menarik minat wisatawan untuk datang. Ada banyak hal menarik di kota tertua di Indonesia ini. Temukan informasi selengkapnya disini ya. Pesona Wisata di Palembang Eksotis, itulah…
    Tags: di, yang, palembang, dan
  • 59
    Menjelajah Fairy Forest di Parvati Valley, Pulga, IndiaMenjelajah Fairy Forest di Parvati Valley, Pulga, India menawarkan keindahan hutan pinus, air terjun menakjubkan, dan pengalaman alam yang memukau. Kita bisa menikmati banyak aktivitas seru di hutan ajaib ini.…
    Tags: yang, di, dan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com