Event

Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia

Sharing is caring!

Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia

Pesona Sumatera Selatan semakin tak terbantahkan setelah provinsi ini didaulat menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga se-Asia Tenggara, SEA Games XXVI, November 2011 silam. Selama lebih dari 11 hari perhelatan SEA Games XXVI, seluruh mata dunia tertuju pada Sumatera Selatan. Provinsi yang sebelumnya tak begitu banyak diketahui dan dilirik sebagai tujuan wisata akhirnya bisa menyihir semua orang.

Closing SEA Games XXVI Luar Biasa

Perhelatan SEA Games XXVI di Palembang ini menjadi cerita  bagi Palembang, Indonesia dan bagi kita semua tentunya. Sumsel pun didaulat menjadi tempat pembinaan olahraga tingkat nasional dan regional Asia Tenggara. Tentu hal ini bukan suatu hal main-main yang bisa diraih dengan sekejap mata. Karena membutuhkan perjuangan keras untuk bisa membangun beragam venues bertaraf internasional. Betapa hal tersebut menjadi suatu prestasi yang membanggakan tidak hanya bagi provinsi ini tapi juga Indonesia.

Ayo Dukung Indonesia

Mata dunia mulai mencari tahu apa dan bagaimana Sumatera Selatan. Sumatera Selatan juga menjadi bagian dari sejarah tak terlupakan tentang kebesaran nama Kerajaan Sriwijaya. Bumi Sriwijaya yang menjadi  pusat kerajaan Sriwijaya  dengan masa kejayaan pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi merupakan  kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara yang tersiar gaungnya hingga ke Madagaskar (Afrika).

Kini tak hanya berbagai event olahraga bertaraf internasional digelar di Sumsel tapi juga berbagai kegiatan internasional juga berhasil dihelat diantaranya sebut saja Parlemen Negara Islam, pada Januari 2012 kemarin.

Potensi Sumatera Selatan

Sumsel memiliki beragam potensi kekayaan tidak hanya pada Sumber Daya Alam (SDA) maupun kekayaan seni dan budaya hingga potensi pariwisata. Seluruh potensi tersebut menjadi hal yang mendukung Sumsel sebagai provinsi terkaya no. 5 di Indonesia. Berjuta-juta potensi itu menunggu dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat Sumsel.

Sebagai provinsi terkaya no. 5 di Indonesia, kekayaan potensi alam Sumatera Selatan sangat besar mulai dari minyak bumi, gas alam, batubara hingga panas bumi menjadi daya tarik tersendiri bagi masuknya investor ke Sumsel.

Provinsi ini pun membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di mulut tambang. Sumsel pun menjadi pemasok listrik dan gas terbesar bagi kawasan Jawa maupun Singapura. Karena hal tersebut Sumsel pun dinobatkan sebagai Lumbung Energi.

Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia
Jembatan Ampera dan Sungai Musi Sumber: Musi

Potensi  Sumsel tak terbatas bidang energi, masih banyak potensi alam lainnya.  Meski tak memiliki laut dan pantai. Nyatanya Sumsel tetap eksotis di mata para pelancong. Dengan 15 kabupaten/kota, provinsi  ini memiliki beragam potensi wisata baik wisata budaya,  hingga kuliner.

Di Palembang saja ada wisata sejarah Bukit Siguntang, Kedukan Bukit, Kawah Tekurep, Masjid Agung, Kampung Kapitan, Pulau Kemaro, Monpera, hingga Sungai Musi. Selain itu masih banyak wisata lainnya seperti wisata alam di Pagaralam dengan Gunung Dempo, Danau Ranau di OKU Selatan,  maupun Bukit Serelo di Lahat.

Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia
Tari Gending Sriwijaya Sumber: Jurnal Ap

Seni dan budaya di setiap kabupaten/kota Sumsel pun berbeda-beda. Ada tari gending sriwijaya dan tanggai yaitu bentuk tari untuk menyambut tamu-tamu,  ada juga tari tenun songket, rodat cempako, mejeng besuko hingga tari Nindai. Seni budaya Sumsel hingga kini terus dilestarikan salah satunya kesenian Dul Muluk, pentas  seni yang menghibur  dan kerap tampil di panggung tradisional ataupun panggung hiburan. Ada juga wayang Palembang yang diadaptasi dari seni wayang Jawa namun dengan bahasa Palembang.

Sumsel pun kaya akan dialek bahasa. Sebut saja bahasa Palembang,  Ogan, Komering, Musi, Lematang, Pagaralam, Lahat hingga Sekayu.  Sehingga jika kita berpindah ke satu wilayah akan menemui perbedaan bahasa tersebut. Setidaknya lebih dari 385 bahasa dimiliki provinsi yang memiliki moto “Bersatu Teguh” ini.

Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia
Pindang Patin

Pempek, model, tekwan, pindang patin, pindang tulang, sambal jokjok, brengkes dan tempoyak menjadi makanan khas. Jika berbicara pindang pun akan berbeda di setiap kabupaten kota, mulai dari pindang Musi Rawas, pindang Pegagan hingga pindang Sekayu. Perbedaannya terletak baik dari sisi rasa, warna kuah hingga kekentalan kuah tersebut.

Kekayaan khasanah ini belum ditambah oleh para pendatang dan kini menjadi bagian dari Sumatera Selatan, mulai dari suku Jawa, Madura, Batak, Sunda, Padang, Papua hingga etnis China yang ikut menjadi bagian dari kehidupan dan menambah warna Sumsel serta menjadi kekayaan yang tak ternilai harganya.

Prestasi Sumatera Selatan

Torehan prestasi Sumatera Selatan semakin tak terbantahkan. Sukses sebagai tuan rumah SEAGames XXVI. Provinsi Sumsel juga sukses memberikan  kesejahteraan bagi masyarakat dengan program “Berobat Gratis dan Sekolah Gratis”. Program ini pun dicontoh oleh banyak provinsi di Indonesia.

Tentu dengan jaminan berobat gratis dan sekolah gratis ini memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi masyarakat. Karena keberhasilan suatu daerah ditentukan oleh faktor kesehatan dan pendidikan. Jika penduduknya sehat dan berpendidikan, berhasil-lah pembangunan daerah tersebut.

Bahkan torehan prestasi terbaru Sumsel yakni provinsi tercepat dalam penyelesaian KTP Elektronik dengan jumlah penduduk terbesar. Program nasional ini berhasil diselesaikan oleh Sumsel dalam tempo waktu 5 bulan. Jika saat  ini  Sumsel menjadi provinsi terdepan bukan tidak mungkin nantinya Sumsel menjadi provinsi teladan di Indonesia.

Raihan prestasi Sumsel tersebut tak lepas dari dukungan semua pihak, tak hanya Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kabupaten/Kota tapi juga seluruh masyarakat Sumsel. Kini Sumsel sedang menyongsong diri sebagai provinsi Sejahtera, Terdepan Bersama Masyarakat Cerdas dan Berbudaya. Dan tugas kita bersama mewujudkannya. Selamat HUT ke-66 tahun Sumatera Selatan. Bersinarlah dan terus pancarkan pesonamu.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar