Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia

Views: 1390

Pesona Sumatera Selatan memukau dunia dengan kekayaan alam, budaya, sejarah, dan kuliner yang luar biasa. provinsi ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Pesona Sumatera Selatan Yang Memukau

Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Sumatera Selatan berhasil menarik perhatian dunia dengan segala pesona dan potensi yang dimilikinya.

Palembang, ibu kota provinsi ini, menjadi pusat perhatian berbagai perhelatan event olahraga, menunjukkan kemampuannya dalam menggelar acara bertaraf internasional.

Tentu hal ini bukan suatu hal main-main yang bisa diraih dengan sekejap mata. Karena membutuhkan perjuangan keras untuk bisa membangun beragam venues bertaraf internasional.

"</a

Potensi Pariwisata Sumatera Selatan

Sumatera Selatan memiliki beragam destinasi wisata yang memukau, mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga alam. Kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang pernah menjadi kerajaan maritim terbesar di Nusantara meninggalkan jejak sejarah yang kaya.

Bumi Sriwijaya adalah pusat kerajaan Sriwijaya dengan masa kejayaan pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi. Sebagai kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara, Kerajaan Sriwijaya tersiar gaungnya hingga ke Madagaskar (Afrika).

Sumatera Selatan memiliki beragam destinasi wisata yang memukau, mulai dari situs sejarah di Palembang hingga keindahan alam yang menakjubkan di berbagai daerah.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Selatan:

Tempat Wisata di Palembang

Kota Palembang dikenal sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya ini menawarkan berbagai situs bersejarah yang menarik:

1. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang adalah tempat sakral peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Tempat ini menawarkan pemandangan indah serta suasana yang tenang, cocok untuk refleksi dan mengenang sejarah.

2. Masjid Agung Palembang

Salah satu saksi sejarah di Palembang adalah Masjid Agung yang terkenal dengan arsitektur megah yang memadukan gaya tradisional dan modern. Masjid ini merupakan salah satu ikon di kota Palembang.

Pagoda di Pulau Kemaro

3. Pulau Kemaro

Pulau kemaro adalah pulau kecil yang berada di tengah Sungai Musi yang terkenal dengan legenda cinta tragis. Di pulau ini, terdapat pagoda dan vihara yang menjadi daya tarik wisatawan.

4. Kawah Tekurep

Kawah Tekurep adalah tempat pemakaman raja-raja Palembang. Situs ini memiliki nilai sejarah tinggi dan menawarkan pengalaman yang mendalam tentang masa lalu kerajaan.

5. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

Monpera adalah monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan. Monumen ini menawarkan pemandangan indah kota Palembang dari ketinggian.

Mau berwisata ke Monpera, baca panduan ini ya

Danau Ranau

Wisata Alam di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan juga dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Beberapa destinasi wisata alam di Sumatera Selatan yang wajib dikunjungi meliputi:

1. Gunung Dempo di Pagaralam

Gunung Dempo terkenal dengan kebun teh yang mempesona dan pemandangan alam yang menakjubkan. Pendakian Gunung Dempo menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta alam.

Kebun Teh Pagaralam

2. Danau Ranau di OKU Selatan

Sebagai danau terbesar kedua di Sumatera. Danau Ranau menawarkan panorama alam yang indah dan air yang jernih, serta berbagai aktivitas seperti berperahu dan memancing.

Mau tahu wisata Danau Ranau Sumatera Selatan baca disini ya

Sunset di Danau Ranau

3. Bukit Serelo di Lahat

Sumatera Selatan memiliki bukit yang berbentuk unik yang sering disebut sebagai “Bukit Jempol”. Bukit ini menjadi destinasi favorit untuk trekking dan menikmati pemandangan alam yang spektakuler.

Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia
Kekayaan Seni dan Budaya

Sumatera Selatan juga kaya akan seni dan budaya yang beragam. Setiap kabupaten/kota di Sumatera Selatan memiliki keunikan tersendiri dan berbeda-beda. Ada banyak jenis tari di Sumsel yang sangat indah dan memukau loh.

Beberapa tarian tradisional yang terkenal antara lain:

1. Tari Gending Sriwijaya

Tarian penyambutan tamu kehormatan.

2. Tari Tanggai

Tarian khas Palembang.

3. Tari Tenun Songket

Tarian yang menggambarkan keindahan kain songket.

Kesenian tradisional seperti Dul Muluk dan wayang Palembang juga menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Sumatera Selatan. Beragam dialek bahasa dari berbagai daerah di provinsi ini menunjukkan kekayaan budaya yang dimiliki.

Mulai dari bahasa Palembang, Ogan, Komering, Musi, Lematang, Pagaralam, Lahat hingga Sekayu. Sehingga jika kita berpindah ke satu wilayah akan menemui perbedaan bahasa tersebut. Setidaknya lebih dari 385 bahasa dimiliki provinsi yang memiliki moto “Bersatu Teguh” ini.

Kuliner Khas Sumatera Selatan

Tidak lengkap rasanya membahas Sumatera Selatan tanpa menyinggung kekayaan kulinernya. Ada beberapa makanan khas di Sumsel yang terkenal antara lain:

1. Pempek

Pempek adalah makanan berbahan dasar ikan yang sangat populer. Tidak hanya di Palembang namun hingga mancanegara. Ada banyak jenis pempek mulai dari pempek adaan, pempek lenjer, pempek telor hingga pempek kulit dan kapal selamat.

 Pempek Palembang

2. Model dan Tekwan

Selain pempek, ada hidangan berbahan dasar ikan dengan kuah kaldu. Yakni model dan tekwan, makanan berkuah ini sangat cocok di santap saat udara dingin.

3. Pindang Patin dan Pindang Tulang

Hidangan berkuah dengan rasa asam dan pedas. Rasa pindang pun akan berbeda di setiap kabupaten kota, mulai dari pindang Musi Rawas, pindang Pegagan hingga pindang Sekayu. Perbedaannya terletak baik dari sisi rasa, warna kuah hingga kekentalan kuah tersebut.

Pindang Udang RM Sri Melayu

Mau tahu rasanya sensasi makan di pindang di warung terapung di Sungai Musi baca disini ya.

4. Sambal Jokjok

Sambal jokjok dibuat dengan cita rasa pedas yang khas bercampur buah.

5. Brengkes dan Tempoyak

Sumsel terkenal sebagai sentra buah durian. Masyarakat mengawetkan buah durian itu dengan di fermentasi menjadi tempoyak. Brengkes adalah salah satu jenis makanan berbahan dasar ikan dengan cara dimasak seperti dipepes dengan dibungkus daun pisang dan fermentasi durian.

Setiap kabupaten/kota di Sumatera Selatan memiliki variasi tersendiri dari pindang, baik dari segi rasa, warna, maupun kekentalan kuahnya.

Air Terjun Curub Embun

Tips Berwisata di Sumatera Selatan

Buat kalian yang ingin menjelajahi pesona Sumatera Selatan, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

1. Rencanakan perjalanan dengan baik

Tentukan destinasi yang ingin dikunjungi dan buat rencana perjalanan yang detail.

2. Cicipi kuliner lokal

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Sumatera Selatan.

3. Kunjungi situs bersejarah

Luangkan waktu untuk mengunjungi situs-situs bersejarah yang ada di Palembang dan sekitarnya.

4. Nikmati keindahan alam

Jangan lupa untuk mengunjungi destinasi alam seperti Gunung Dempo dan Danau Ranau.

5. Hormati budaya lokal

Selalu hormati adat istiadat dan budaya lokal yang ada di setiap daerah.

Pesona Sumatera Selatan Memukau

Sumatera Selatan, provinsi yang sejahtera, terdepan, dan berbudaya akan memberi pengalaman berwisata yang menyenangkan.

Sumatera Selatan adalah destinasi wisata yang menawarkan berbagai keindahan, baik dari segi sejarah maupun alam.

Jangan lupa untuk menjelajahi semua pesona ini dan menikmati keindahan yang ditawarkan. Selamat berwisata di Sumatera Selatan ya.

Related Posts

  • 70
    Menikmati Lezatnya Jajanan Khas Ramadan: Tradisi Kuliner Palembang Menggoda SeleraPalembang menjadi pusat kuliner yang memikat hati para pecinta makanan khas tradisional. Jajanan khas Ramadan di Palembang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menghadirkan nostalgia akan tradisi dan kebersamaan di bulan…
    Tags: yang, dan, di, dengan, palembang
  • 70
    Menjelajahi Wisata di India Dari Delhi ke Spiti ValleyMenjelajahi wisata di India dari New Delhi ke Spiti Valley bisa menjadi bucket list kalian ya.  Bagi yang ingin menikmati keindahan alam di India,  sekaligus menyelam budaya dan sejarah di…
    Tags: yang, dan, di, ini
  • 68
    Asian Games 2018 Ayo Dukung BersamaAsian Games 2018, Ayo Dukung Bersama. Kurang dari seratus hari lagi, pesta olahraga bangsa asia, Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, INASGOC bakal menggelar karnaval secara serentak. Asian Games…
    Tags: dan, ini, palembang, di, sumatera, yang, selatan
  • 68
    Palembang Rajuters Komunitas Merajut di PalembangPalembang Rajuters adalah komunitas merajut yang berdiri pada tanggal 12 Mei 2012 di Palembang. Komunitas ini didirikan oleh Tata Halim dan Iventy Efendy bersama beberapa crocheter lainnya di Palembang. Sejak…
    Tags: dan, di, palembang, yang, ini, dengan
  • 65
    Eksplor Keindahan Grand Palace ThailandJika wisata di Bangkok, salah satu atraksi yang bisa dilakukan adalah eksplor keindahan Grand Palace. Bangunan ikonik Thailand ini adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dan kaya sejarah. Wisata…
    Tags: yang, dan, di, ini, dengan

11 thoughts on “Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata Dunia”

  1. Semoga apa yang telah ada dan diraih Sumatera Selatan pada pentas yang membanggakan Indonesia dapat terawat dengan baik. Dan menjadi landasan untuk terus menyuarakan pariwisata Indonesia.
    : )

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com