Belanja Online
Lifestyle,  Tips

Cerdas Memilih Promo Belanja Online Jelang Lebaran

Sharing is caring!

Menjelang lebaran seluruh toko, supermarket dan berbagai merchant menawarkan program diskon yang menggiurkan. Tidak ketinggalan juga e-commerce yang ikut menawarkan promo belanja online. Apalagi diskon yang ditawarkan hingga mencapai 90 persen. Tentunya promo belanja tersebut begitu menggiurkan. Apalagi saat ini belanja online sudah menjadi salah satu gaya hidup tersendiri, bahkan saat ini banyak yang mengisi waktu dengan berburu promo khusus Ramadan dan Lebaran.

Belanja online memang menawarkan kepraktisan dan  tidak repot untuk datang langsung ke toko. Hanya saja jika tidak ahli dalam memilih produk dan toko, banyak yang terjebak dalam belanja online bahkan tertipu dengan toko online yang tidak mengirimkan barangnya.

Promo Belanja Online
Promo Belanja Online

Tidak hanya itu jika tidak cerdas memilih promo belanja online, bisa jadi bukan hemat malah lebih boros karena barang yang dibeli terkadang dibutuhkan ataupun malah membeli lebih banyak barang dari kebutuhan. Perilaku konsumtif ini pun akhirnya membuat kondisi keuangan terganggu mulai jumlah tabungan yang berkurang hingga menimbun hutang kartu kredit.

Ada beberapa langkah cerdas melihat promo belanja online diantaranya 

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Saat bulan Ramadan promo belanja online seperti promo Sahur dan Buka Puasa yang ditawarkan oleh market place begitu menggoda.  Pastikan saat membuka e-commerce tersebut kita sudah bisa memilah-milah barang yang dibutuhkan daripada sekedar memenuhi keinginan karena godaan diskon besar.

Belanja Online
Belanja Online

2.  Selektif menentukan tempat belanja online

Selain itu usahakan selektif dalam menentukan tempat belanja online, kita bisa membandingkan harga, diskon atau promo lainnya antara satu market place dengan market place lainnya. Bahkan kita bisa membandingkan kualitas produk yang ditawarkan.

3. Pilih toko online yang menawarkan diskon lebih banyak

Pastikan kita memilih toko online yang menawarkan diskon yang lebih banyak dibandingkan toko online lainnya. Bahkan jika perlu catat harga dan diskon yang ditawarkan market place A  dengan market place B. Pasalnya dengan mendapatkan diskon yang lebih banyak tentunya kita mendapatkan harga yang lebih murah sehingga lebih ekonomis.

Kartu Kredit Belanja Online
Kartu Kredit dan Belanja Online

4. Gunakan fasilitas bebas ongkos kirim

Beberapa toko online terkadang menawarkan fasilitas bebas biaya pengiriman. Hal ini juga menjadi faktor pertimbangan yang menjadi pilihan saat belanja online. Pasalnya ongkos kirim bisa menjadi tambahan biaya tidak terduga saat belanja online. Bahkan biayanya bisa mendapatkan satu produk lain.

5. Pastikan belanja di e-commerce terpercaya

Hal terpenting saat belanja online adalah keamanan dari e-commerce, usahakan kita memilih toko online yang terpercaya dan branding besar sehingga kita bisa terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan. Jika belanja online menggunakan kartu kredit usahakan market place tersebut sudah menggunakan 3D Secure by Visa sehingga pesanan kita bisa diverifikasi dengan menggunakan One Time Password (OTP). Nomor sandi akan dikirimkan langsung ke nomor yang terdaftar sehingga kita akan merasa lebih aman dalam bertransaksi.

Credit Card Online Shopping
Belanja Online 

Sehingga dengan lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi saat belanja online dan lebih teliti memilih toko online dan promo, kita bisa menyelamatkan kantong dari tindakan konsumtif yang berujung dengan pengeluaran yang membengkak. Selamat berburu promo jelang Lebaran ya

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com