Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh tapi terkadang kita meremehkan hal tersebut. Ini kisah nyata liburan yang berubah menjadi pengalaman sakit.
Temukan tips untuk menjaga tubuh tetap sehat agar dapat menikmati momen berharga dalam hidup.

Kisah Liburan yang Berakhir di Rumah Sakit

Pengalaman Tak Terlupakan di Bandung

Liburan ke Bandung seharusnya menjadi momen yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama teman-teman kantor. Namun, pengalaman saya di Bandung justru menjadi pelajaran penting tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Tidak seperti film **From Bandung With Love** yang diperankan oleh Marsha Timothi, kisah ini lebih tepat disebut **From Bandung With Sickness**, diperankan oleh saya sendiri, Suzan Oktaria. Berikut cerita lengkapnya.

Tangkuban Perahu

Ketika Liburan Berubah Menjadi Musibah

Liburan yang direncanakan pada 8-10 Desember 2009 seharusnya menjadi penutup tahun yang sempurna.

Hari pertama di Bandung berjalan lancar, meskipun saya merasa perjalanan kali ini lebih melelahkan dari biasanya. Ini aneh, mengingat saya pernah menghadapi perjalanan yang lebih melelahkan saat meliput Final Liga Indonesia di Soreang pada tahun 2007.

Setelah mengunjungi Tangkuban Perahu dan Pemandian Air Panas Sari Ater, tubuh saya mulai demam tinggi. Perjalanan ke Ciwalk menjadi sangat tidak nyaman karena badan terasa terbakar dan mulut kering seperti cerobong kereta api.

Malam itu, saya minum paracetamol yang diberikan oleh Kak Aan, Manager Marketing PALTV, tetapi suhu tubuh tidak turun. Paginya, Bunda (Yuk Een – Manager Program PALTV) membantu saya dengan metode “kerokan”, salah satu cara tradisional untuk meredakan tubuh yang tidak enak.

Kondisi Makin Memburuk

Setelah makan pagi dan minum paracetamol lagi, saya merasa sedikit lebih baik. Namun, kondisi ini tidak bertahan lama.

Dalam perjalanan menuju Jakarta, keadaan saya makin memburuk. Teman-teman kantor sibuk berbelanja, sementara saya harus beristirahat di mobil.

Beruntung, Pak Tatang, sopir minibus, membantu dan merawat saya dengan sabar, layaknya seorang ayah.

Opname Saat Tiba di Palembang

Ketika akhirnya kami kembali ke Palembang, suhu tubuh saya mulai turun meskipun tubuh masih lemas.

Dokter Budi menyarankan saya untuk diopname di RS RK Charitas Paviliun Lukas, di mana saya harus dirawat dan diinfus.

Hikmah di Balik Sakit

Pengalaman ini memberi banyak pelajaran berharga. Dalam sakit, saya merasakan bahwa Allah lebih dekat dengan kita.

“Wahai manusia, si fulan hamba-Ku sakit dan engkau tidak membesuknya. Ingatlah seandainya engkau membesuknya niscaya engkau mendapati-Ku di sisinya.” (HR Muslim dari Abu Hurairah).

Sakit juga menguji kesabaran kita. Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Tidak ada penyakit, kesedihan, dan bahaya yang menimpa seorang mukmin hingga duri yang menusuknya melainkan Allah akan mengampuni kesalahan-kesalahannya dengan semua itu.” (HR Bukhari).

Menjaga Kesehatan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Menghindari Sakit

Dengan menjaga kesehatan, kita dapat menghindari penyakit yang tidak diinginkan dan tetap menikmati aktivitas sehari-hari.

2. Kesejahteraan Mental dan Fisik

Kesehatan yang baik memberikan kesejahteraan fisik dan mental, memungkinkan kita untuk menjalani hidup dengan lebih produktif dan bahagia.

3. Menikmati Momen Berharga

Tubuh yang sehat memungkinkan kita untuk menikmati momen-momen berharga dalam hidup tanpa terganggu oleh masalah kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan

1. Makan Seimbang

Konsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral.

2. Olahraga Teratur

Lakukan aktivitas fisik secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh.

3. Istirahat Cukup

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup setiap malam untuk memulihkan energi.

4. Hindari Stres

Kelola stres dengan baik melalui meditasi, hobi, atau aktivitas relaksasi lainnya.

5. Periksakan Kesehatan Secara Berkala

Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi dini masalah kesehatan.

Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah aset paling berharga yang kita miliki. Pengalaman saya yang jatuh sakit di Bandung menjadi pengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan agar dapat menikmati hidup sepenuhnya.

Nah dengan hidup sehat, kita dapat menghindari penyakit, meningkatkan kesejahteraan, dan menikmati setiap momen berharga dalam hidup tanpa hambatan.

Menjaga kesehatan bukanlah tugas yang mudah, tetapi sangat penting. Semoga kisah ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih peduli terhadap kesehatan kita sendiri.

Ingatlah, kesehatan adalah kunci utama untuk mencapai kehidupan yang bahagia dan produktif.

Related Posts

  • 69
    Hidup Sehat dan BahagiaHidup sehat dan bahagia adalah keinginan semua orang ya. Ada banyak cara tips hidup sehat dan menjaga kesehatan. Tapi bagaimana cara menjalankan dan konsisten, itu yang agak sulit ya. Salah…
    Tags: dan, kesehatan, yang, hidup, untuk, kita, dengan, saya
  • 62
    Selamat Datang di Blog SuzannitaSelamat Datang di Blog Suzannita.com, kalian bisa temukan inspirasi, cerita perjalanan,  review produk, pengalaman, dan tips menarik. Blog ini adalah wadah untuk berbagi cerita, pandangan, dan pengetahuan yang bermanfaat bagi…
    Tags: dan, saya, yang, di, untuk, ini
  • 61
    Standard Chartered Hong Kong Marathon 2018 Penuh CeritaStandard Chartered Hong Kong Marathon 2018 ini merupakan race pertama saya di tahun 2018 ini. Sejak awal target saya hanya bisa finish sebelum COT (cut of time). Pengalaman Mengikuti Standard Chartered HK…
    Tags: saya, yang, di, dan, ini, untuk, menjadi, dengan
  • 60
    #MSS2011 Bermalam di Awana Long House & Blind TrailPengalaman bermalam di udara terbuka di Awana Long House bukan menjadi pengalaman pertama bagi saya. Pasalnya  saya pernah  naik gunung bersama teman-teman semasa kuliah. Jadi saya sudah punya pengalaman tidur…
    Tags: saya, dan, di, yang
  • 58
    Tokyo Marathon 2018 Senangnya Bawa Medali PulangTokyo Marathon 2018 menjadi pengalaman World Major Marathon yang pertama bagi saya. Alhamdulillah saya beruntung bisa menjadi salah satu peserta. Tidak mudah untuk ikut sebagai peserta karena harus melewati ballot…
    Tags: saya, yang, di, dan, untuk

2 thoughts on “Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh”

  1. Aku barusan baca Sumeks Minggu kemaren, trus lihat liputan PAL TV ke Bandung. Kok kayaknya kenal sama yang pake JIlbab. Ternyata eh ternyata…… itu emang kamu.
    Oleh-olehnya mana?

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com