New Normal Virus Corona

Pandemi Virus Corona membuat kita semua menjalani gaya hidup baru. Pemerintah sudah menggaungkan hidup New Normal Virus Corona. Setelah WHO mengumumkan Novel coronavirus disease Covid-19 ini tidak akan hilang di muka bumi. Sehingga kini kita dihadapkan dengan kenyataan harus hidup berdampingan dengan virus corona.

New Normal
New Normal

Seperti Apa Hidup New Normal

Hidup new normal membuat kita mengubah pola hidup sehari-hari selama pandemi corona masih terjadi di Indonesia. Gaya hidup new normal di tengah pandemi Covid-19 ini membutuhkan peran seluruh pihak mulai dari Pemerintah, tokoh agama hingga masyarakat.  Bagaimana cara mengubah gaya hidup sehari-hari dan tentu saja menyiapkan kesehatan fisik dan mental.

New Normal Virus Corona
Hidup New Normal dengan Virus Corona

Dalam new normal kita tetap harus rajin cuci tangan menggunakan sabun dibawah air mengalir, selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer didalam tas serta mengikuti protokol kesehatan. Karena itu kita harus tetap melakukan pembatasan fisik dan menghindari kerumunan massa serta  mengurangi kegiatan di publik. Selain itu kita juga melaporkan secara mandiri jika terinfeksi virus corona.

MRT Corona
MRT

Dalam hidup new normal, tentunya banyak yang berubah seperti sistem sekolah dan perkuliahan. Setelah melakukan sekolah dan kuliah dari rumah termasuk ujian. Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar dilonggarkan tentu harus ada sistem sekolah dan kuliah dari rumah dan pembatasan aktivitas di sekolah maupun kampus.

Bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah

Begitupun untuk yang bekerja di perusahaan harus ada manual yang mengatur bekerja dari rumah dan melakukan  pembatasan di tempat kerja. Peningkatan kebersihan di kantor, harus menggunakan masker, melakukan disinfeksi ruangan, menjaga jarak fisik hingga mengurangi tugas luar kota atau luar negeri. Begitupun mengurangi kontak kerja dengan pihak luar.

Covid19 - Corona

Tidak hanya perkantoran, dunia usaha juga harus beradaptasi dengan new normal ini dan harus mengikuti protokol kesehatan dengan menyiapkan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer hingga  pemeriksaan suhu tubuh.

Masjid New Normal
Masjid New Normal

Begitupun dengan tempat ibadah yang juga harus menjalankan protokol kesehatan. Seperti tidak ada jabat tangan,  membatasi jumlah jamaah yang ingin salat berjemaah termasuk juga menjaga jarak juga akan diterapkan dan membawa alat shalat sendiri.

Soori Bali View

Begitupun dengan tempat wisata yang juga akan dibuka, bagi pelaku usaha dan harus  mengikuti protokol kesehatan. Seperti menyediakan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, rutin melakukan  disinfektan, memastikan kebersihan layanan yang diberikan termasuk petugas dalam keadaan sehat saat bekerja. Begitupun dengan wisatawan, wajib memakai masker, tetap jaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Apa Yang Harus Dilakukan Dalam New Normal

Dalam hidup new normal ini ada hal yang harus kita lakukan dan perhatikan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan.  Selain rajin mencuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir,  memakai masker, membawa hand sanitizer, melakukan pembatasan sosial dan fisik.  Tentunya kita harus mengetahui seperti apa gejala jika terinfeksi  virus corona. Agar kita bisa lebih waspada, melapor secara mandiri termasuk tindakan sebelum berobat ke rumah sakit.

Demam Virus Corona
Demam

Ada beragam gejala yang timbul pada setiap penderita tergantung jenis virus corona yang menyerang, sistem kekebalan tubuh seseorang, penyakit penyerta hingga seberapa serius infeksi yang disebabkan oleh virus corona. Bahkan ada orang yang positif tetapi tidak menunjukkan gejala sakit.

Untuk gejala ringan seperti demam,  batuk, sakit tenggorokan, hidung beringus, sakit kepala hingga tidak enak badan. Sedangkan gejala yang parah, infeksi menjadi bronkitis dan pneumonia seperti demam tinggi,  batuk berlendir, nyeri dada hingga sesak nafas.

Lalu bagaimana kalau kita merasa sakit, sebaiknya kita jangan terburu-buru bertemu dokter atau bahkan ke rumah sakit untuk menghindari kontak dan infeksi.  Pasalnya dokter maupun rumah sakit adalah yang terdepan menghadapi pasien yang terinfeksi corona.

Konsultasi Dokter Online
Konsultasi Dokter Online

Di era teknologi yang canggih ini kita bisa melakukan konsultasi secara online baik melalui line telpon, pesan hingga konsultasi online gratis dari layanan aplikasi kesehatan. Sehingga kita bisa benar-benar mengetahui apakah terinfeksi virus corona atau tidak. Mulai dari periksa lab di rumah termasuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan. Jika gejala masih ringan dan daya tahan tubuh kuat,  kita bisa melakukan isolasi mandiri dan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa dikirimkan ke rumah.

Jadi sudah siap belum menghadapi new normal hidup berdampingan dengan virus corona?

Related Posts

  • 47
    Tips Hadapi Ancaman Virus CoronaKasus Novel Coronavirus -Covid19 di Indonesia saat ini sudah di fase Darurat Nasional. Lalu adakah tips hadapi ancaman virus corona ini. Pasalnya masyarakat sudah panik dengan penyebaran Coronavirus. Bahkan kepanikan sudah terjadi sejak awal Maret lalu Pemerintah mengumumkan kasus yang menjadi Pandemi Global ini. Mulai dari masker, hand sanitizer hingga…
    Tags: yang, dan, virus, dengan, di, kita, corona, juga, dari, tidak
  • 43
    Waspada Covid19 - Coronavirus IndonesiaSejak terekspos Desember 2019 kasus Novel Coronavirus (Covid19) di Wuhan, China. Semua sudah waspada Covid19 - Coronavirus, Indonesia pun kini demikian. Mata dunia langsung tertuju memberikan perhatian terhadap virus yang menyebar secara massiv. WHO memberikan statement Covid19 sebagai Pandemi Global, berbeda dengan kasus MERS & SARS yang bukan pandemi. Hal…
    Tags: yang, corona, di, virus, dan, dari, dengan, tidak, hingga
  • 35
    Alasan Mengapa Banyak Pasien dari Indonesia Memilih Berobat ke MalaysiaNah, buat kalian yang belum pernah berobat ke Malaysia, pasti bakal bertanya-tanya: Rumah Sakit mana yang harus dituju ketika Berobat ke Malaysia? Mencari second opinion bukan hal yang baru di dunia medis. Mengapa? Ketika berkonsultasi dengan Dokter terutama untuk masalah kesehatan yang sifatnya kritikal atau serius, tentunya pasien menginginkan diagnosis…
    Tags: yang, di, dan, dengan, sakit, rumah, dari
  • 31
    Day 3 : Sehari Bermain di ShenzhenDi hari ketiga, tujuan kami adalah melihat Shenzhen. Ini adalah sebuah kota District yang di Selatan Republik Rakyat Tiongkok. Jika pemegang paspor Indonesia ingin masuk ke China harus mengajukan atau apply visa di Kedutaan Besar RRC di Jakarta. Namun untuk masuk Shenzhen cukup dengan Visa on Arrival (VOA) di keimigrasian Shenzhen. Shenzen…
    Tags: di, yang, dan, dari, dengan

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers