New Normal Virus Corona
Health,  Lifestyle,  Personal

New Normal Hidup Berdampingan dengan Virus Corona

Pandemi Virus Corona membuat kita semua menjalani gaya hidup baru. Pemerintah sudah menggaungkan hidup New Normal Virus Corona. Setelah WHO mengumumkan Novel coronavirus disease Covid-19 ini tidak akan hilang di muka bumi. Sehingga kini kita dihadapkan dengan kenyataan harus hidup berdampingan dengan virus corona.

New Normal
New Normal

Seperti Apa Hidup New Normal

Hidup new normal membuat kita mengubah pola hidup sehari-hari selama pandemi corona masih terjadi di Indonesia. Gaya hidup new normal di tengah pandemi Covid-19 ini membutuhkan peran seluruh pihak mulai dari Pemerintah, tokoh agama hingga masyarakat.  Bagaimana cara mengubah gaya hidup sehari-hari dan tentu saja menyiapkan kesehatan fisik dan mental.

New Normal Virus Corona
Hidup New Normal dengan Virus Corona

Dalam new normal kita tetap harus rajin cuci tangan menggunakan sabun dibawah air mengalir, selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer didalam tas serta mengikuti protokol kesehatan. Karena itu kita harus tetap melakukan pembatasan fisik dan menghindari kerumunan massa serta  mengurangi kegiatan di publik. Selain itu kita juga melaporkan secara mandiri jika terinfeksi virus corona.

MRT Corona
MRT

Dalam hidup new normal, tentunya banyak yang berubah seperti sistem sekolah dan perkuliahan. Setelah melakukan sekolah dan kuliah dari rumah termasuk ujian. Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar dilonggarkan tentu harus ada sistem sekolah dan kuliah dari rumah dan pembatasan aktivitas di sekolah maupun kampus.

Bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah

Begitupun untuk yang bekerja di perusahaan harus ada manual yang mengatur bekerja dari rumah dan melakukan  pembatasan di tempat kerja. Peningkatan kebersihan di kantor, harus menggunakan masker, melakukan disinfeksi ruangan, menjaga jarak fisik hingga mengurangi tugas luar kota atau luar negeri. Begitupun mengurangi kontak kerja dengan pihak luar.

Covid19 - Corona

Tidak hanya perkantoran, dunia usaha juga harus beradaptasi dengan new normal ini dan harus mengikuti protokol kesehatan dengan menyiapkan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer hingga  pemeriksaan suhu tubuh.

Masjid New Normal
Masjid New Normal

Begitupun dengan tempat ibadah yang juga harus menjalankan protokol kesehatan. Seperti tidak ada jabat tangan,  membatasi jumlah jamaah yang ingin salat berjemaah termasuk juga menjaga jarak juga akan diterapkan dan membawa alat shalat sendiri.

Soori Bali View

Begitupun dengan tempat wisata yang juga akan dibuka, bagi pelaku usaha dan harus  mengikuti protokol kesehatan. Seperti menyediakan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer, rutin melakukan  disinfektan, memastikan kebersihan layanan yang diberikan termasuk petugas dalam keadaan sehat saat bekerja. Begitupun dengan wisatawan, wajib memakai masker, tetap jaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Apa Yang Harus Dilakukan Dalam New Normal

Dalam hidup new normal ini ada hal yang harus kita lakukan dan perhatikan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan.  Selain rajin mencuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir,  memakai masker, membawa hand sanitizer, melakukan pembatasan sosial dan fisik.  Tentunya kita harus mengetahui seperti apa gejala jika terinfeksi  virus corona. Agar kita bisa lebih waspada, melapor secara mandiri termasuk tindakan sebelum berobat ke rumah sakit.

Demam Virus Corona
Demam

Ada beragam gejala yang timbul pada setiap penderita tergantung jenis virus corona yang menyerang, sistem kekebalan tubuh seseorang, penyakit penyerta hingga seberapa serius infeksi yang disebabkan oleh virus corona. Bahkan ada orang yang positif tetapi tidak menunjukkan gejala sakit.

Untuk gejala ringan seperti demam,  batuk, sakit tenggorokan, hidung beringus, sakit kepala hingga tidak enak badan. Sedangkan gejala yang parah, infeksi menjadi bronkitis dan pneumonia seperti demam tinggi,  batuk berlendir, nyeri dada hingga sesak nafas.

Lalu bagaimana kalau kita merasa sakit, sebaiknya kita jangan terburu-buru bertemu dokter atau bahkan ke rumah sakit untuk menghindari kontak dan infeksi.  Pasalnya dokter maupun rumah sakit adalah yang terdepan menghadapi pasien yang terinfeksi corona.

Konsultasi Dokter Online
Konsultasi Dokter Online

Di era teknologi yang canggih ini kita bisa melakukan konsultasi secara online baik melalui line telpon, pesan hingga konsultasi online gratis dari layanan aplikasi kesehatan. Sehingga kita bisa benar-benar mengetahui apakah terinfeksi virus corona atau tidak. Mulai dari periksa lab di rumah termasuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan. Jika gejala masih ringan dan daya tahan tubuh kuat,  kita bisa melakukan isolasi mandiri dan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa dikirimkan ke rumah.

Jadi sudah siap belum menghadapi new normal hidup berdampingan dengan virus corona?

Related Posts

  • 47
    Tips Hadapi Ancaman Virus CoronaKasus Novel Coronavirus -Covid19 di Indonesia saat ini sudah di fase Darurat Nasional. Lalu adakah tips hadapi ancaman virus corona ini. Pasalnya masyarakat sudah panik dengan penyebaran Coronavirus. Bahkan kepanikan sudah terjadi sejak awal Maret lalu Pemerintah mengumumkan kasus yang menjadi Pandemi Global ini. Mulai dari masker, hand sanitizer hingga…
    Tags: yang, dan, virus, dengan, di, kita, corona, juga, dari, tidak
  • 43
    Waspada Covid19 - Coronavirus IndonesiaSejak terekspos Desember 2019 kasus Novel Coronavirus (Covid19) di Wuhan, China. Semua sudah waspada Covid19 - Coronavirus, Indonesia pun kini demikian. Mata dunia langsung tertuju memberikan perhatian terhadap virus yang menyebar secara massiv. WHO memberikan statement Covid19 sebagai Pandemi Global, berbeda dengan kasus MERS & SARS yang bukan pandemi. Hal…
    Tags: yang, corona, di, virus, dan, dari, dengan, tidak, hingga

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

17 Comments

  • Suciarti Wahyuningtyas

    Beneran gak pernah terfikirkan sebelumnya bakalan menjalani kehidupan ditengah pandemi seperti sekarang ini. Kebayang sih kalau new normal ini berjalan, aku malah mikir ke anak-anak. Mungkin kalau orang dewasa masih okelah ya, kalau anak-anak di sekolah dan yang gak bisa ke kontrol itu sih.

  • Cilya

    Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus menghadapi era baru dalam hidup kita yaitu Era New Normal. Sisi baiknya kita jadi lebih memiliki gaya hidup sehat dan tebiasa dengan dunia digital sehingga ilmu kita pun jadi di ‘paksa’ untuk di upgrade. Negative nya jadi sedikit-sedikit parno menghadapi corona yang kasat mata ini

  • Mei

    semoga pandeminya segera berakhir ya mba dan kembali normal, karena new normal ini artinya kita tetap berdampingan dan pastinya merasa ga tenang juga ngejalanin semuanya pasti ada perasaan was-was deh

  • Hairun Nisa

    Emang lagi rame banget orang-orang membahas new normal ini ya. Kalau aku pribadi sih insya Allah siap dengan segala bentuk perubahan. Soalnya, ada ataupun tidak corona, perubahan itu nyata. Kita sebagai manusia, sifatnya harus bisa beradaptasi.

  • nyi Penengah Dewanti

    Belajar tetep positif thingking dalam menjalani hidup new normal saat pandemi ini ya mba
    protokol kesehatan covid pokoknya jangan sampai dilupakan, patokanku saat ini demikian dan menghindari kerumunan

  • April Hamsa

    Terus terang dengan aturan yang geje kyk skrng masih takut2 mbak. Masih liat2 ke depannya gmn, khususnya buat anak2 sekolah sih. Ya paling kita udah gak ngemol sebebas dulu, kalau kerja kan wajib ya, yg penting ya jaga kebersihan ya

  • lendyagasshi

    Harusnya Indonesia belum bisa New Normal Life siih…
    Masing sangsi.
    Tenaga nakes pun mengeluhkan hal yang sama.

    Semoga Allah segera angkat pandemi ini dari atas bumiNya.
    Aamiin~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar