Foodie,  Review,  Travelling

Nasi Briyani

Sharing is caring!

Nasi briyani bisa dimakan di Palembang. Tidak perlu jauh-jauh ke Negeri Arab atau India. Nasi kaya rempah yang nikmat disantap saat makan siang. Bahkan Nasi briyani kerap disajikan saat pesta resepsi pernikahan di Palembang. Bagi masyarakat Palembang, nasi briyani ini juga kerap disebut dengan nama nasi minyak juga. Nasi briyani yang kaya rempah disajikan komplet dengan sajian lauk pauk.

Briyani atau biryani merupakan nasi yang dimasak secara khusus dengan campuran rempah-rempah dan minyak samin. Citarasa lezat dari rempah-rempah, sayuran dan lauk-lauk. Jenis lauknya sendiri seperti malbi, ayam kecap dan kari kambing hingga sambal nanas dan salad. Dan untuk beras yang digunakan untuk nasi briyani ini bisa menggunakan jenis beras biasa. Atau jika ingin benar-benar mendapati nasi briyani dengan rasa spesial menggunakan jenis beras khusus seperti beras basmati yang butirannya jauh lebih panjang. 

Untuk membuat Nasi Briyani pertama cuci beras lalu masukkan kedalam panci yang sudah diberikan air atau susu kedalamnya. Masak hingga beras setengah matang. Kemudian tambahkan kaldu berbumbu tutup panci rapat-rapat masak hingga matang hingga kaldu meresap kedalam nasi. Nasi Briyani cara memasaknya berbeda dengan Pullao (pilaf) atau nasi berbumbu. Jika memasak Pullao, beras ditumis bersama rempah-rempah dengan menggunakan minyak samin kemudian langsung dimasak hingga matang.

Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak nasi briyani mulai dari minyak samin atau minyak zaitun, safron , bawang bombay, bawang putih, kayu manis, daun salam, ketumbar, daun mint, jintan, cengkeh, kapulaga, jahe.

Nasi briyani ini diperkenalkan oleh kaum pedagang dari Bangsa Persia kepada orang India dan Pakistan. Hidangan Nasi Briyani ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, namun juga sangat populer di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh termasuk kaum muslim Srilangka.

Duh sudah tidak sabar lagi yang mencoba Nasi Briyani

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com