Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Jurnal Suzannita
Lifestyle,  Personal

Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih

Sharing is caring!

Hari Raya Idul Fitri sudah datang didepan mata karenanya kita diajak menyambut lebaran dengan hati yang bersih. Meskipun kesedihan begitu dalam saat Ramadan  meninggalkan kita.

Idul Fitri berarti kembali bersih dan suci karena berhasil meraih kemenangan setelah sebulan penuh berhasil melawan hawa nafsu dengan berpuasa. Sehingga di hari yang Fitri ini kita diajak menyambut Lebaran dengan hati yang bersih agar ibadah puasa kita diterima dan tidak sia-siap.

Bagaimana cara kita menyambut lebaran dengan hati yang bersih dan menyucikan hati dari semua keburukan yang kita lakukan.

Membenahi diri sendiri

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membenahi diri sendiri baik dari perilaku tutur kata dan sikap serta penampilan maupun cara berpakaian. Jika selama ini masih menggunakan pakaian terbuka mulai dengan menggunakan pakaian sopan yang tertutup atau hijrah menggunakan jilbab. Jika selama ini shalat lima waktu masih bolong-bolong.  Setelah Ramadan berlalu bisa menjaga sholat 5 waktu nya lebih tepat waktu lagi dan lebih baik sesuai anjuran agama.

Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Jurnal Suzannita
Tilawah Al Quran

Membersihkan rumah

Salah satu tanda iman adalah menjaga kebersihan tidak hanya kebersihan diri namun juga kebersihan rumah. Sehingga setelah Ramadhan berlalu kita diajak untuk bisa menjaga kebersihan rumah agar lebih rapi dan tertata Tidak ada salahnya untuk membenahi rumah dan menata kembali rumah.

Perbanyak ibadah

Setelah Ramadhan berlalu selayaknya kita tetap melakukan dan memperbanyak ibadah seperti layaknya melakukan ibadah terakhir dalam hidup kita. Jika kita melakukan ibadah seperti kita menghadapi ibadah terakhir tentu kita akan memberikan yang terbaik dengan terus membersihkan hati dan mendekatkan diri kepada Allah. Ada baiknya kita juga mencari ilmu agama dengan mengikuti kajian Islam memperbanyak zikir, menjaga shalat lima waktu, melakukan shalat dhuha dan tahajud.

Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Jurnal Suzannita
Mengikuti kajian Islam

Meminta Maaf dan memaafkan orang lain

Terkadang kita tidak menyadari  jika perbuatan atau ucapan kita membuat orang tersinggung ataupun sakit hati. Sehingga selayaknya kita bisa meminta maaf dan menyadari kesalahan serta bisa memaafkan kesalahan orang lain.  Karena hati yang bersih adalah hati yang mengikhlaskan diri untuk bisa meminta maaf kepada orang lain terlebih dahulu dan memaafkan kesalahan orang.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menerima semua ibadah yang kita lakukan, mengampuni dosa kita, dan menjadikan kita termasuk orang yang bertaqwa. Semoga kita masih bisa berjumpa dengan Ramadan berikutnya. Mohon maaf lahir dan batin, atas segala salah dan khilaf.

Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Menyambut Lebaran dengan Hati Yang Bersih, Jurnal Suzannita
Suzannita

Selamat Hari Raya Idul Fitri  1 Syawal 1440 H

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَا وَ مِنْكُمْ صِيا منا وَ صِيَامكم كُلُّ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ

Barakallahu fiikum

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com