Skip to toolbar
Menebar Kebaikan Berbagi Sembako
Lifestyle,  Personal

Mari Berlomba-lomba Menebar Kebaikan

Pandemi Covid-19 memberikan hikmah besar bagi kita semua agar terus menebar kebaikan. Semua orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Alhamdulillah, saya bersyukur sekali bisa mengambil peran untuk berbuat kebaikan. Kali ini saya berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa  Sumatera Selatan untuk ikut ambil bagian dalam program Sumsel Lawan Corona.

Saya bersama Komedian Palembang, Cek Maria dan Presiden Mahasiswa UGM, Fathur mengajak semua masyarakat di Sumatera Selatan untuk bersama-sama melawan Corona dengan menyalurkan donasi mereka. Ada banyak program dari Dompet Dhuafa yang bisa dipilih mulai dari mendirikan Hand Wash Station, bantuan APD hingga bahan pangan.

Sumsel Lawan Corona
Sumsel Lawan Corona

Apalagi wabah Coronavirus ini memberikan dampak yang sangat luar biasa. Ada banyak yang terkena imbas tidak bisa bekerja sehingga tidak ada penghasilan bagi keluarga mereka. Sehingga kita perlu mengatasinya besama-sama.

Kebaikan Berbagi

Mata saya terbuka lebar ketika turun langsung memberikan donasi  untuk mereka yang terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Saat itu kami datang di Jalan Faqih Usman, Lorong Sintren, RT 01, RW 01, Kelurahan 2 Ulu, Palembang. Di wilayah ini, banyak sekali warga dhuafa yang terkena imbas dari Corona, mereka tidak memiliki pendapatan lagi, tidak bisa bekerja lagi karena banyak sektor ekonomi yang menurun drastis.

Hari itu bersama puluhan relawan lainnya disalurkan 256 paket pangan keluarga yang terdiri dari beras, gula, minyak goreng, sayuran, telur, ikan lele, susu hingga multi vitamin. Tentunya bantuan ini sangat dibutuhkan bagi warga dhuafa di Palembang, Banyuasin dan Ogan Ilir.

Pembagian Sembako
Relawan Dompet Dhuafa di lokasi

Ma Syaa Allah Tabarakallah, Allah mengajarkan saya untuk lebih banyak bersyukur dan bisa ikut membantu mereka yang sedang sangat membutuhkan pertolongan saat ini. Karena dengan berbagi bisa membantu mengurangi beban mereka.

Sejatinya kita umat Islam dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan ‘fastabiqul khairat’. Ajakan ini jelas ada didalam Al-Qur’an yakni surah Al-Baqarah ayat 148 dan surah Al-Maidah ayat 48.

“Maka, berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan.” (QS Al-Baqarah: 148). 

“Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. (QS. Al-Maidah:48)

Menebar Kebaikan Berbagi Sembako
Menebar Kebaikan Dompet Dhuafa

Sehingga sangat jelas kita semua dianjurrkan untuk berlomba-lombalah berbuat kebaikan. Tentunya hal ini tidak semata berlomba-lomba tapi juga bersegera melakukan amal kebaikan. Tidak menunda-nunda untuk beramal baik.

Dan saya melihat saat ini semua orang berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk saling menolong sesama.

Penerima Manfaat Dompet Dhuafa
Penerima Manfaat Dompet Dhuafa

Menebar Kebaikan bersama Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat milik masyarakat mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) untuk melayani kaum dhuafa. Dompet Dhuafa mengajak kita untuk selalu menebar kebaikan, karena bersama Dompet Dhuafa, In Syaa Allah donasi kita akan tersalurkan dengan baik untuk mereka yang benar-benar membutuhkan.

Sejak tahun 1993 hingga 2019 berhasil menghimpun dana hingga Rp 378.580.000.000,- dan sudah menyalurkan dana Rp 353.070.000.000,- kepada 21.788.903 jiwa penerima manfaat yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia hingga ke 20 negara di seluruh dunia. Dana yang terhimpun ini dari ZISWAF, dana kemanusiaan hingga kurban dan CSR. Meskipun nilai donasi yang diterima berbeda-beda namun jika dikumpulkan ternyata bisa memberdayakan banyak orang.

Penghimpunan dan Penyaluran Dompet Dhuafa
Penghimpunan dan Penyaluran Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa merupakan lembaga filantropi Islam yang cabangnya tersebar di berbagai wilayah baik di Indonesia hingga ke luar negeri. Ada 27 cabang dalam negeri yang tersebar dari Aceh hingga Papua sedangkan untuk 5 cabang luar negeri yakni di USA, Jepang, Korea, Hong Kong dan Australia. Dompet Dhuafa memiliiki 157 zona layanan yang tersebar di 31 provinsi di Indonesia. Sedangkan untuk layanan luar negeri, ada 29 mitra strategis di 22 negara.

Program Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa sendiri memiliki  5 pilar program utama yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan.  Mulai dari pendidikan, kesehatan,  ekonomi, sosial & dakwah hingga budaya.

Program Pendidikan Dompet Dhuafa
Program Pendidikan Dompet Dhuafa

Pendidikan

Dompet Dhuafa berkomitmen menyediakan akses pendidikan seluas-luasnya untuk kaum dhuafa. Ada 8 Unit Pendidikan diantaranya SMART Ekselensia Indonesia, E-Tahfizh School, Beastudi Indonesia, Makmal Pendidikan, Sekolah Guru Indonesia, Institut Kemandirian, Pusat Belajar Anti Korupsi, Komunitas Filantropi Pendidikan, School Of Refugees, Sekolah Kreatif Serang, PAUD Pengembangan Insani

Program Kesehatan Dompet Dhuafa
Program Kesehatan Dompet Dhuafa

Kesehatan

Dompet Dhuafa memiliki 15 program unggulan kesehatan dan sudah mendirikan berbagai fasilitas kesehatan diantaranya 19 klinik Gerai Sehat, 71 pos sehat,  satu klinik terapung, dua ambulans terapung hingga delapan Rumah Sakit. Pada tahun 2019 berhasil memberikan manfaat untuk 326.207 jiwa.

Program Ekonomi Dompet Dhuafa
Program Ekonomi Dompet Dhuafa

Ekonomi

Dompet Dhuafa juga memiliki 14 Unit Bisnis dan tujuh daymart serta memberdayakan masyarakat agar semakin mandiri. Di tahun 2019 ada 579 keluarga yang menerima manfaat, terdiri dari satu program peternakan dan 16 program UMKM kreatif, sementara di pemberdayaan petani kopi terdapat penerima manfaat sebanyak 268 keluarga.

Sosial Kemanusiaan

Dompet Dhuafa merespon cepat permasalahan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Seperti pada 2019, tim Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) dan Disaster Managemet Center (DMC) menebar manfaat kepada 109.968 jiwa. Sedang di Pusat Bantuan Hukum (PBH) penerima manfaat mencapai 311 layanan.

Program Dakwah Budaya Dompet Dhuafa
Program Dakwah Budaya Dompet Dhuafa

Dakwah dan Budaya

Dompet Dhuafa juga ikut memperhatikan budaya dengan berbagai layanan mulai dari Da’i ambassador, Pesantren Mualaf hingga Kampung Silat Jampang.

Sehingga dengan seluruh layanan ini tentunya bisa memberikan pelayanan secara  menyeluruh hingga ke lapisan masyakarat paling bawah. Tentunya nilai-nilai kebaikan ini bisa dirasakan oleh banyak orang yang membutuhkan jika kita semua bersama-sama ikut memberikan dukungan donasi  baik dalam zakat, infak, sedekah dan wakaf.

Membayar Zakat 

Di bulan Ramadan ini tentunya kita akan meningkatkan amal ibadah kita termasuk juga dengan memperbanyak amal kebaikan. Salah satu amal kebaikan yang bisa kita lakukan adalah dengan membayar zakat fitrah di awal waktu.

Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional mengajak kita semua untuk membayar zakat lebih awal. Karena dengan menunaikan kewajiban zakat di awal waktu tentu semakin banyak mustahiq (penerima zakat) yang bisa terbantu.  Zakat bisa menjadi salah satu cara kita membantu sesama apalagi di masa sulit seperti saat ini. Sehingga selayaknya bagi kita yang lebih mampu, wajib hukumnya untuk membantu yang tidak mampu terutama bagi mereka yang terdampak Corona.

Kita bisa menunaikan membayar zakat fitrah di awal waktu dengan program Tebar Zakat Fitrah dari Dompet Dhuafa. Caranya dengan membayar  zakat fitrah Rp 50.000,-/jiwa kita sudah bisa berbagi beras premium.

Apalagi dengan membayar zakat di lembaga resmi seperti Dompet Dhuafa tentunya sesuai dengan syari’at dan In Syaa Allah akan disalurkan kepada mustahiq ke seluruh daerah. Tidak hanya itu Dompet Dhuafa juga memiliki banyak program pengentasan kemiskinan.

Selain itu tentu ini menjaga kita seorang muzzaki (pemberi zakat) dari rasa sombong karena tidak bertemu langsung dengan mustahiq.

Cara Donasi/Zakat melalui Dompet Dhuafa

Bagi yang ingin melakukan donasi ataupun membayar zakat fitrah melalui Dompet Dhuafa caranya mudah sekali bisa melalui wesbite https://donasi.dompetdhuafa.org/

1. Pilih donasi/zakat yang akan dibayar lalu isi nominal yang akan dibayarkan.

Jika ingin melakukan pembayaran Zakat Maal ataupun Zakat Penghasilan dan bingung berapa nominal yang harus dibayar, tidak perlu karena cukup buka Kalkulator Zakat Dompet Dhuafa dan hitung nilai zakat yang akan dibayarkan.

Zakat Dompet Dhuafa
Bayar Zakat melalui Dompet Dhuafa

2. Setelah isi profil donatur dan pilih metode pembayaran

Donasi Zakat Dompet Dhuafa
Donasi/Zakat melalui Dompet Dhuafa

3. Setelah mendapatkan ringkasan donasi kita bisa melakukan pembayaran dan jika selesai lakukan konfirmasi dengan memasukkan bukti transfer.

Konfirmasi Donasi Dompet Dhuafa
Konfirmasi Donasi Dompet Dhuafa

Atau bisa juga melalui transfer bank:
BCA 237.7878.783
Bank Muamalat 340.0000.482.
A.n Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Selain itu bisa juga melalui scan QRIS yang membuat kita bisa membayar melalui alat pembayaran digital.

Kwitansi Donasi
Kwitansi Donasi

Nantinya setelah pembayaran donasi atau zakat, kita akan mendapatkan invoice bukti pembayaran yang sudah kita lakukan.

Dompet Dhuafa juga memiliki fitur lain yang bisa membantu dalam berdonasi seperti layanan penjemputan zakat, kalkulator zakat hingga konsultasi.

Jangan Takut Berbagi

Yakinlah, bahwa kita tidak akan terjatuh dan bersedih karena berbagi. Karena hal kecil yang kita bagikan bisa jadi suatu yang sangat berarti dan membahagiakan bagi orang lain.

Mari kita terus melakukan kebaikan dan terus istiqomah dalam menebar kebaikan.

Untuk informasi tentang program Dompet Dhuafa  bisa kunjungi

Website: https://www.dompetdhuafa.org/
Instagram: https://www.instagram.com/dompetdhuafaorg/
Twitter: https://www.twitter.com/dompetdhuafaorg
Youtube : https://www.youtube.com/user/DhuafaDompet
Facebook: https://m.facebook.com/DompetDhuafaID/

Dompet Dhuafa Republika

Philantrophy Building
Jl. Warung Jati Barat No.14 Jakarta Selatan 12540, Indonesia

  • +62 21 7821292
  • layandonatur@dompetdhuafa.org
IG POST POSTER MENEBAR KEBAIKAN
MENEBAR KEBAIKAN

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

Related Posts

  • 33
    Ramadan #Dirumahaja Penuh Berkah Bersama ShopeeSudah lebih dari dua bulan kita menjalani aktivitas #dirumahaja termasuk Ramadan #Dirumahaja Ramadan tahun ini terasa sangat berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.  Kemeriahan ibadah Ramadan kali ini memang jauh berkurang dari biasanya. Pandemi Covid-19 membuat semua berubah, kita harus menjaga jarak baik social distancing maupun physical distancing. Sehingga bulan yang…
    Tags: bisa, yang, kita, di, dan, tidak, ini, dengan, ramadan, hingga

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

23 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com