Tips Memilih Baju Lebaran

L.Tru Palembang Icon

Sharing is caring!

Tampil serba baru di hari raya Idul Fitri seolah sudah menjadi tradisi salah satunya baju baru. Bahkan banyak yang memilih baju lebaran dari  buatan designer, brand ternama hingga unbranded. Istilah baju lebaran ini seolah melekat dan menjadi tradisi, tak lengkap rasanya lebaran tanpa baju lebaran.

Karena hari raya Idul Fitri memang menjadi hari yang paling dinantikan setelah berpuasa selama 30 hari. Bahkan tradisi Idul Fitri mengunjungi rumah keluarga, kerabat dan handai taulan. Sehingga banyak yang memanfaatkan hari spesial ini bisa tampil luar biasa. Salah satu dengan membeli baju baru di hari raya lebaran agar penampilan semakin maksimal mengikuti tren terkini.

Saat ini pemilihan baju lebaran sudah pada trend pakaian dengan cutting minimalis dan nyaman dipakai sepanjang hari. Agar penampilan makin maksimal di hari raya Idul Fitri, berikut ini tips memilih baju lebaran.

Pilih pakaian yang nyaman

Sebelum membeli pakaian, sebaiknya pilihlah pakaian yang nyaman untuk digunakan sepanjang hari. Karena saat lebaran, kita akan berkunjung dari satu rumah ke rumah yang lain. Pilih model dan warna yang aman untuk digunakan sepanjang hari dan pastinya sesuaikan dengan budget untuk membeli baju yang diinginkan. Sehingga agar penampilan maksimal, jangan hanya tergoda oleh harga yang murah, model yang bagus ataupun sekedar mengikuti trend semata.  Tapi pastikan kenyamanan pakaian tersebut digunakan.

 

Jangan tergoda diskon

Pastikan membandingkan harga pakaian yang akan dibeli terlebih dahulu. Pasalnya banyak pakaian yang di diskon ternyata harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu dan kualitas juga tidak baik. Jangan memaksakan diri membeli barang hanya karena sedang diskon sehingga ketika kita melihat harga yang ditawarkan jauh lebih murah padahal bisa jadi harga tersebut merupakan harga sebenarnya. Atau bisa jadi barang tersebut merupakan stok lama, pakaian yang dijadikan contoh di etalase, barang cacat, ataupun modelnya sudah tidak up to date.

Hati-hati sebelum membeli

Sebaiknya hati-hati sebelum membeli pakaian bahkan lakukan jauh sebelum lebaran sehingga buka hanya karena menuruti keinginan saja. Ada yang banyak menyesal menghabiskan banyak uang hanya untuk pakaian yang akhirnya jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan karena tidak benar-benar dibutuhkan. Sebaiknya pikirkan kembali sebelum memilih baju lebaran yang akan digunakan agar tidak menyesal di akhir.

Baca juga : Make up Saat Lebaran dengan Wardah Instaperfect

Jangan menjadi korban mode

Sebelum memilih baju lebaran jangan hanya tergoda oleh trend mode saja, karena biasanya baju yang sedang trend tidak bertahan lama dan hanya sesaat saja.  Bahkan nantinya pakaian tersebut sudah tidak cocok digunakan karena modelnya terlalu berlebihan. Sebaiknya pilihlah pakaian yang sesuai dengan kepribadian.  Karena sejatinya momen Idul Fitri, yang terpenting adalah menggunakan pakaian sopan dan rapi untuk silaturahmi di depan keluarga, kerabat, dan teman dekat.

Jaket Kulit dress
Jaket Kulit dan Rok Tutu

Hindari pakaian sekali pakai

Ada baiknya kita memilih pakaian yang bisa digunakan setiap saat tanpa terbatas oleh trend sesaat. Jadi sebaiknya tidak membeli pakaian yang hanya bisa digunakan sekali saja di momen lebaran saja. Jika ini terjadi kita akan menambah jumlah pakaian di lemari yang tidak digunakan. Hal ini juga tidak tepat dilakukan karena mubazir dan membuang-buang uang saja.

Pilih pakaian yang tepat

Pastikan memilih pakaian yang sesuai dengan kepribadian dan tidak ketat yang bisa menonjolkan lekuk tubuh.  Sehingga sebaiknya jika kehabisan stok tidak usah membeli pakaian yang ukurannya lebih kecil karena hanya ingin mengikuti tren saja.

Tampil menarik di hari Idul Fitri memang tidak ada salahnya, tapi pastikan memilih baju lebaran yang nyaman digunakan, tidak menjadi korban mode hanya untuk mengikuti trend semata maupun karena tergoda oleh diskon. Serta yang paling utama sesuaikan dengan kepribadian. Selamat memilih baju lebaran ya

19 comments

  1. Mpo Ratne Reply

    Keren modifikasi fashion perpaduan macho dan girly , jaket kulit dan rok tutu. Diskon bikin Mpo suka kalap.lebih baik makan dulu sebelum belanja

  2. Mellisa Reply

    Tips nya bermanfaat bgt nih kak. Biasanya diskon besar2an itu menggiurkan bgt, padahal sebenarnya kualitasnya juga harus dipertimbangkan.

  3. Tori Reply

    bgus nih mba tips berburu baju lebarannya , klo ak jg lebih pilih yg nyaman dan bisa dipake selain pas buat lebaran aja, kn sayang cm dipake sekali aja pdhl mahal 😂😂

    • Vicky Laurentina Reply

      Aku juga begini. Aku beli baju Lebaran yang bisa dipakai setiap hari, bisa untuk acara casual bersama kawan-kawan, bukan cuma sekedar baju modest doang.

  4. Andiyani Achmad Reply

    Kalo diskonan aku masih suka nyari mba hahahah tapi alhamdulillah gak sampe jadi korban mode. Karena aku cukup selektif milih-milih baju yang sesuai sama bentuk tubuh.

  5. Indah Nuria Reply

    Aku juga prefer baju yang nyaman dan ngg panas. Biasanya baju lebaran suka ngg pas bahannya untuk dipakai seharian

  6. herva yulyanti Reply

    diskon nih yang suka bikin aku kepincut mba padahal iya juga kadang udah dinaikin juga yah halah jadi sama bae beli harga aslina wkwkwk

  7. Tiaranab Reply

    Waahhahaha aku banget suka jadi korban diskon, dan memang sih jarang beli karena yang lama masih ada~ hihihi makasih sarannya mba 🙂

  8. Desy Yusnita Reply

    Setuju nih, jangan sampai beli baju yang cuma sekali pakai. Selain boros uang, boros pakaian juga trus jadi numpuk ga jelas den.

  9. ivonie Reply

    Kalau lebaran biasa beli kain dan jahitin ke penjahit karena musti sarimbitan gitu deh. jarang ada yg pas sarimbit lengkap buat keluarga. tipsnya bermanfaat terutama yang jangan beli baju sekali pakai ini memang benar adanya.

  10. lendyagasshi Reply

    Aku pernah kak…tergoda diskon.
    Hhuuhu…ternyata di badanku enggak banget.
    Mana beli 2 pcs pula…

    Karena Ibuku bisa jahit, jadi di ubah sedikit agar lebih pantas aku pakai…
    Tetep iih…nyesel banget kalau inget itu…

  11. Grandys Reply

    Nah noted mbaaa, lebaran tahun ini aku udah belajar buat ga beli baju yg cuma sekali pakai doang. Lucu bangeeet ya emang jakcet kulit plus rok tutunya ini.

  12. Nur Arviani Reply

    wah thankyou baget ni infonya, emang bener si baiknya ga tergoda diskonnya, apalagi kebanyakan yg di diskon itu ya udah di mark up dulu atau kalo ga ya model lamaa

  13. Rizka Reply

    kalo aku.. baju lebaranku udah mamaku yang nentuin dan siapin sih, aku tinggal terima jadi aja. gak macem2 anaknya hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.