Skip to toolbar
Event Mebo Mederma
Health,  Lifestyle,  Tips

Bebas Beraktivitas di Rumah dengan Mebo-Mederma

Saat memasak ada saja kejadian tidak terduga seperti tersenggol panci, terkena minyak panas ataupun tersiram air panas. Beruntung sekarang ada Mebo – Mederma, jadi bisa aman dan bebas beraktivitas di rumah tanpa takut terkena luka bakar.

Padahal seorang wanita ataupun ibu rumah tangga tidak bisa lepas dari dapur. Berbagai aktivitas dilakukan di dapur mulai dari menyiapkan sarapan, makan siang hingga makan malam.

event Mebo Mederma
Event Mebo Mederma

Apalagi seperti saya, sejak kecil selalu dimanjakan oleh masakan ibu mulai dari hidangan utama hingga cemilan. Bahkan kebiasaan itu terbawa hingga saat ini. Kami terbiasa memasak sendiri untuk dimakan bersama seluruh anggota keluarga.

Saat menghadiri event Mebo-Mederma Womens Community di Hotel Santika Radial Palembang, saya baru mengetahui jika 2,2 % penduduk di Indonesia mengalami luka bakar dan membutuhkan tindakan medis setiap tahunnya. Dan yang mengejutkan 69% luka bakar terjadi di rumah dan sebenarnya 80% kejadian tersebut bisa dicegah.

Event Mebo Mederma Palembang
Event Mebo Mederma Palembang

Kenali Luka Bakar dan Penanganannya

Apa itu Luka Bakar

Menurut dr.Setiagung Ambari Bowo SpBP luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh karena suhu yang ekstrim baik panas maupun dingin sehingga menyebabkan kerusakan jaringan seperti:
✔ Kulit memerah
✔ Kulit mengelupas
✔ Luka melepuh
✔ Kulit hangus
✔ Pembengkakan

Event Mebo Mederma Palembang
Event Mebo Mederma Palembang

Penyebab Luka Bakar di Rumah

Ada banyak penyebab luka bakar di rumah yang harus diwaspadai seperti :

1. Api

Luka bakar yang sering terjadi di rumah adalah karena api kompor yang digunakan saat memasak. Selain itu luka bakar karena api bisa juga disebabkan karena api rokok, api lilin hingga api saat membakar sampah.

2. Cairan panas

Luka bakar yang sering terjadi adalah karena cairan panas, uap panas maupun minyak panar. Mulai dari air panas yang digunakan sebagai campuran air untuk mandi, terutama digunakan untuk memandikan bayi atau anak-anak. Sehingga pastikan suhu air sebelum memandikan bayi. Selain itu makanan dan minuman yang disajikan juga diperhatikan suhunya. Karena 21,5% kejadian luka bakar pada anak-anak biasanya disebabkan oleh air panas dan 57% karena minuman panas.

3. Listrik

Listrik juga menjadi penyebab luka bakar di rumah seperti karena kontak dengan listrik atau akibat sambaran petir. Jika terjadi sengatan listrik jangan berusaha untuk menghentikan listrik ataupun langsung memberikan bantuan  tanpa perlindungan pada tangan.

4. Radiasi

Paparan sinar ultra violet, sinar X-Ray, dan terapi radiasi bisa menyebabkan luka bakar. Sehingga pastikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar radiasi yang terlalu lama bisa membakar kulit tanpa disadari.

Baca juga : Cukupi Kebutuhan Zat Besi Untuk Anak dan Wanita

5. Bahan kimia

Bahan kimia yang ada di rumah seperti cairan pembersih lantai, pembersih kamar mandi bisa menyebabkan luka bakar karena zat kimia ini mengandung basa kuat ataupun asam kuat yang bisa melukai kulit. Sehingga usahkan untuk menyimpan bahan kimia tersebut jauh dari jangkauan anak-anak. Dan gunakan pelindung seperti sarung tangan ataupun kaca mata saat menggunakannya.

Pembicara dr.Setiagung Ambari Bowo SpBP
Pembicara dr.Setiagung Ambari Bowo SpBP

Tata Laksana Luka Bakar

Penanganan awal atau pertolongan pertama luka bakar sangat penting karena menentukan hasil proses penyembuhan luka bakar. Waktu krusialnya terletak pada 4 jam pertama sebelum bertambah parah dan terinfeksi.

Menurut dr.Setiagung Ambari Bowo SpBP, sebaiknya setiap orang mengetahui bagaimana cara menangani luka bakar yang benar agar tidak menimbulkan efek samping ataupun komplikasi akibat luka bakar seperti timbulnya bekas luka, infeksi dan kontraktur.  Sehingga lupakan segala cara penanganan luka bakar yang sesuai dengan medis.

Cara penanganan luka bakar yang benar yakni dengan :

  1. Hentikan proses luka bakar dengan segera menjauhkan dari sumber panas
  2. Lepas semua perhiasan yang melekat di tubuh  seperti kaca mata, jam, kalung, gelang, cincin.
  3. Jangan pernah mencoba menghentikan listrik dengan tangan tanpa perlindungan
  4. Secepatnya dinginkan luka dengan air bersih yang mengalir selama 15-20 menit agar mencegah panas masuk ke dalam lapisan kulit lebih dalam.
  5. Jangan oleskan luka bakar dengan bahan lain seperti kecap, margarin, pasta gigi, es batu ataupun putih telur karena akan menyulitkan penanganan luka bakar. Luka menjadi lebih dalam dan sulit untuk dibersihkan. belum lagi resiko infeksi pada luka bakar karena terkontaminasi bakteri dan zat-zat kimia.
  6. Jika luka bakar menimbulkan gelembung, tidak boleh sembarang dikelupas atau dipecahkan. Biarkan dokter yang menangani luka bakar tersebut dengan alat yang steril.
  7. Jangan tutup luka bakar dengan tissue atau kapas karena akan membuat luka menempel di tissue atau kapas sehingga susah diberikan.
  8. Berikan salep untuk luka bakar.
Hermawan Helmi - Brand Manager Mebo
Hermawan Helmi – Brand Manager Mebo

Sedia Mebo Obat Luka Bakar

Sebaiknya kita semua mengetahui seperti apa kondisi luka bakar agar bisa memberikan pertolongan pertama. Luka bakar sendiri ada 3 derajat, yaitu:

  • Luka bakar derajat 1. Luka bakar ini yang paling ringan dan terjadi hanya pada lapisan kulit luar (epidermis). Cirinya timbul kemerahan, bengkak dan sakit. Untuk derajat bisa mengobati sendiri,jika terjadi lebih luas cari bantuan profesional.
  • Luka bakar derajat 2. Luka bakar ini lebih serius terjadi di lapisan kulit lebih dalam (dermis) dengan tanda kulit merah, putih atau mengelupas, bengkak, sakit dan kulit melepuh. Jika luas luka bakar tidak mencapai 7cm bisa diobati sendiri hanya saja jika terjadi lebih luas segera cari pertolongan medis.
  • Luka bakar derajat 3. Luka bakar ini paling serius karena merusak jaringan kulit, lapisan lemak, syaraf, pembuluh darah, otot hingga tulang. Umumnya sudah mengalami kesulitan bernapas, keracunan karbon monoksida dan efek keracunan lain

Mebo

Brand Manager Mebo, Hermawan Helmi mengajak untuk selalu menyediakan Mebo untuk P3K di rumah untuk penanganan luka bakar di rumah. Mebo sudah hadir di Indonesia sejak 2006 dan menjadi pilihan terpercaya untuk menangani luka bakar. Mebo memberikan rasa nyaman dan melembabkan area luka bakar sehingga mempercepat penyembuhan luka bakar.

Mebo merupakan salep luka bakar dengan aroma minyak wijen dan mengandung bahan alami tanpa antibiotik kimia yang dapat menyembuhkan dan meminimalisir luka bakar ringan dan luka bakar berat.

Mebo mengandung Phellodendri chinensis Coptidis rhizome, Scutellariae radix, Minyak Wijen dan Beeswax. Didalam Minyak Wijen terdapat kandungan β-sitosterol yang bisa mengurangi peradangan pada luka bakar mulai dari meredakan nyeri, gatal, kemerahan hingga pembengkakan. Minyak wijen juga bisa mengurangi tingkat keparahan luka bakar dengan menyerap sisa panas di area luka bakar.

Kandungan lipid serta vitamin E dan K bisa menutrisi sel-sel pada kulit dan mempercepat pemulihan jaringan kulit sehingga meminimalisir potensi timbulnya bekas luka.

Mebo
Mebo Obat Luka Bakar

Cara pemakaian Mebo adalah dioleskan pada luka dengan ketebalan 1 mm (dioles tipis saja) setiap 4 – 6 jam sekali.

Mederma Obat Penghilang Bekas Luka

Selama masa penyembuhan luka bakar akan menimbulkan bekas luka, parut atau skar. Meski merupakan proses alami, namun sayangnya tidak enak dilihat dan mengurangi rasa percaya diri. Bekas luka atau parut  ini ada yang normal, namun ada juga parut tidak normal seperti hipertrofik, keloid, dan hipotrofik.

Proses penyembuhan luka sendiri ternyata tidak hanya bergantung dari seberapa luas atau dalam luka kita, tapi juga bergantung pada Usia, Jenis Kulit, Kondisi Hormonal, Lokasi luka, Komplikasi lainnya

Mederma Obat Penghilang Bekas Luka

Mederma adalah Produk Pilihan untuk perawatan bekas luka oleh Dokter Indonesia (Sumber IMDI 2013)

Baca juga : Cara Ampuh Atasi Jerawat

Combiphar sejak tahun 2002 sudah memasarkan Mederma di Indonesia. Mederma terbukti bisa membantu proses penyembuhan luka dalam 8 minggu pemakaian untuk bekas luka baru. (Hasil bisa berbeda-beda setiap individu)

Mederma bekerja memperbaiki bekas luka hingga ke lapisan kulit terdalam sehingga perawatan bekas luka bisa lebih efektif dan sudah terbukti efektif serta aman bagi kulit orang Asia.

Beda Mederma dan yang lain
Beda Mederma dan yang lain

Gel Mederma berbeda dengan gel silikon. Gel silikon hanya bekerja untuk menjaga kelembaban luka, sementara Mederma bekerja secara aktif di bawah lapisan dalam kulit yang terluka.

Gel Mederma mengandung bahan alami ekstrak Onion, Allantonin, dan Aloe Vera yang bermanfaat untuk:

  • Mempercepat proses penyembuhan
  • Mengurangi warna kemerahan
  • Membuat luka lebih halus dan tersamarkan
  • Mederma digunakan segera setelah luka kering.

Cara menggunakan Mederma untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Mederma hanya digunakan ke luka yang sudah benar-benar tertutup (tidak ada lagi cairan).
  • Dimulai dari tengah luka ke sisi luar, dan dipijat lembut pada luka.
  • Dilanjutkan dengan gerakan memutar kecil sampai Mederma diserap oleh kulit seluruhnya.
  • Untuk luka baru: Gunakan 3 sampai 4 kali sehari selama sekurangnya 8 minggu.
  • Untuk luka lama: Gunakan 3 sampai 4 kali sehari selama sekurangnya 3 sampai 4 bulan.

Jadikan Dapur Tempat Yang Aman 

Dapur menjadi salah satu tempat yang aman untuk seluruh anggota  keluarga. Chef Budi Irawan dari Santika Hotel Palembang memberikan informasi tentang tata laksana dapur yang baik dan cara menghindari/ meminimalisir terjadinya kecelakaan di dapur. Tidak hanya itu Chef Budi juga memasak Black Pepper Beef.

Event Mebo Mederma

Event Mebo Mederma

Tata Laksana Dapur

Dapur yang menjadi tempat penting ternyata penuh resiko. Karena di dapur terdapat kompor, ada alat elektronik seperti microwave dan oven dan pisau benda tajam yang bisa sangat berbahaya jika tidak berhati-hati.

Sehingga harus berhati-hati dengan benda-benda tersebut. Seperti untuk pisau, usahakan pisau disimpan jauh dari jangkauan anak-anak, simpan pada tempat yang kokoh dengan bagian tajam mengarah ke bawah. Begitupun saat menggunakan untuk memotong, pegang pisau dengan jari menekuk ke dalam untuk menghindari teriris pisau.

Tata Laksana Dapur
Tata Laksana Dapur

Usahakan dapur memiliki ventilasi yang baik agar sirkulasi udara juga baik. Letakkan kompor pada tempat yang kokoh. Yang tidak kalah penting kebersihan kompor harus diperhatikan terutama terutama burner kompor, tetesan minyak bisa memicu api. Hindari kebocoran  selang gas dengan mengganti selang yang retak atau tercium gas.

Sedangkan microwave letakkan di tempat yang kokoh dan beri ruang dengan dinding. Tidak meletakkan benda apa pun diatas microwave. Hindari benda berbahaya yang dimasukkan ke dalam microwave seperti kaleng ataupun kemasan alumnium, gunakan wadah khusus microwave. Pastikan kebersihan microwave. dengan membersihkan sisa makanan yang menempel.

Untuk melindungi diri dari kecelakaan di dapur sebaiknya anak-anak jangan bermain di dapur karena resiko tertabrak meja kompor ataupun panci dan wajan saat sedang memasak.

Lindungi tubuh dari  luka bakar saat berada didapur dengan melindungi diri dengan menggunakan alat pelindung dari suhu tinggi seperti lap kering. Gunakan trik tertentu saat memasak seperti saat menggoreng, usahakan air tidak ikut masuk atau berkurang. Begitupun saat membuka panci yang memiliki uap panas dari arah berlawanan dengan muka.

Jika terjadi kebakaran sebaiknya tetap tenang dan tidak panik, selalu sedia handuk tebal dan lembab di area dapur untuk memadamkan api. Selain itu sebaiknya ada Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dapur.

Lengkapi Kotak P3K dengan Mebo dan Mederma

Siapkan Mebo dan Mederma sebagai pertolongan pertama mengatasi luka bakar dan bekas luka. Tentunya bisa semakin tenang dan nyaman beraktivitas di rumah terutama di dapur.

#mebocombiphar

#medermacombiphar

#mebomedermawomenscommunity

#combiphar

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com