Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong
Hongkong,  Lifestyle,  Travelling

Wisata Religi di Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong

Sharing is caring!

Masjid Kowloon Hong Kong menjadi saksi sejarah perkembangan agama Islam di negara berjuluk Mutiara dari Timur ini. Bagi muslim yang berwisata ke Hong Kong ataupun melakukan perjalanan bisnis dan tinggal negeri ini bisa mengunjungi masjid yang terletak di 105 Nathan Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong.

Masjid Kowloon Hongkong Tampak Depan
Masjid Kowloon Tampak Depan

Ketika mengunjungi wilayah Kowloon saya mengunjungi masjid ini untuk beribadah shalat Zuhur dan Ashar. Masjid yang di wilayah ini dikenal dengan Kowloon Mosque and Islamic Center Hong Kong ini merupakan salah satu masjid terbesar di Hong Kong yang bisa menampung hingga 3.500 jamaah.

Perpaduan desain modern tradisional dengan model persegi menghiasi arsitektur masjid yang pertama kali dibangun di tahun 1896. Ciri khas masjid ini adanya empat menara yang menjulang tinggi dan kubah yang berada di atas masjid.

Sejarah Masjid Kowloon & Islamic Center Hong Kong

Menurut prasasti yang terpasang di bagian dinding masjid, masjid ini pertama kali didirikan tahun pada tahun 1896 dan di renovasi tahun 1902. Masjid mulai direnovasi pada 1974 dan selesai pada tahun 1984. Setelah itu dilakukan kembali renovasi pada 2005-2008.

Baca juga : Jalan-Jalan ke Hongkong, Macau, Shenzhen

Kini masjid sudah dilengkapi perpustakaan, kantor dan dua aula serbaguna yang bisa menampung 100-150 jamaah untuk shalat. Di ruangan ini juga kerap dilakukan kegiatan komunitas, kuliah, atau pengajian. Masjid  ini kini sudah memiliki daya tampung hingga 3,500 jemaah.

Kubah Masjid Kowloon
Kubah Masjid dengan empat menara

Arsitektur Masjid Kowloon & Islamic Center Hong Kong

Saat memasuki masjid kita akan menaiki anak tangga di bagian sisi kanan terdapat tempat wudhu wanita dan disisi lain sebaliknya. Di bagian depan biasanya menjadi tempat pertemuan atau menunggu anggota keluarga yang sedang shalat. Biasanya disini para suami akan menunggu sang istri selesai shalat.

Tangga Masjid Kowloon
Tangga Masjid Kowloon

Meski tidak memilih lahan parkir namun tidak menjadi halangan orang untuk datang ke masjid yang berlokasi di pinggir jalan utama di Hong Kong.

Ada dua pintu besar terbuat kayu di lengkapi dengan ornamen yang menghiasinya untuk masuk ke dalam masjid. Bangunan masjid ini didominasi warna broken white dari granit.  Di lantai pertama masjid tak ada hiasan dinding.

Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong
Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong

Bangunan masjid ini memiliki sirkulasi udara dari kisi-kisi di dinding dengan ornamen yang menghiasi masjid sehingga membuat masjid ini tidak memiliki A/C atau kipas angin. Di bagian depan masjid ini terdapat meja informasi.

Ruang Tengah Masjid
Ruang Tengah Masjid

Dinding ruangan masjid ini memang berasal granit putih, ada bagian ruang utama di lantai dan lantai 2 yang khusus untuk jamaah laki-laki. Sehingga jamaah wanita dilarang masuk kedalam ruang utama shalat. Ornamen masjid yang menambah keindahannya adalah dua lampu kristal yang tergantung sejajar di tengah ruangan masjid.

Lampu Hias di Bagian Tengah Masjid
Lampu Hias di Bagian Tengah Masjid

Masjid ini memberikan kemudahan bagi seluruh jamaahnya termasuk menyediakan  kursi yang bisa digunakan para lansiauntuk shalat. Selain itu di bagian tempat wudhu juga tersedia tempat duduk yang memudahkan jamaah yang akan berwudhu.

Buku-buku di Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong
Buku-buku Islam berbagai bahasa yang bisa dibaca

Belajar Islam di Masjid Kowloon & Islamic Center Hong Kong

Sebagai Islamic Center di Hong Kong, masjid ini memang sangat membantu bagi semua Muslim yang berada di Hong Kong. Umat muslim datang dari berbagai negara mulai dari muslim Tiongkok, Indonesia ada juga muslim Filipina, Bangladesh, Pakistan, Malaysia dan Singapura.

 

Pihak masjid pun menguasai beberapa bahasa sehingga memudahkan untuk berkomunikasi dengan semua jamaah yang hadir, termasuk bagi para mualaf yang masih mempelajari Islam dan seluruh ibadahnya disini.

Tempat Shalat Wanita di Masjid Kowloon
Tempat Shalat Wanita

Saat saya memasuki ruang shalat khusus wanita, disini para muslimah Indonesia sedang melakukan pengajian, ada seorang ustadzah yang sedang memberikan tausyiah. Kita tidak diizinkan untuk mengambil foto dan video disini.

Sebagai pusat peradaban Islam di Hong Kong, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah namun disini juga menjadi tempat seluruh umat Islam bertemu dan berinteraksi. Bagi siapa saja yang tertarik mempelajari Islam bisa langsung datang kapan saja dan mereka akan langsung diterima dengan baik tanpa dibedakan.

Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong
Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong

Masyarakat Hong Kong di kawasan masjid ini juga sangat menjaga toleransi dan menghormati aktivitas yang dilakukan di masjid ini. Apalagi di saat Ramadhan, berbagai kegiatan dilakukan mulai dari pengajian, kajian Islam, buka bersama hingga pelaksanaan shalat tarawih.

Cara ke Masjid Kowloon & Islamic Center Hong Kong

Jika ingin menuju ke Masjid Kownloon ini bisa naik kereta MTR, ada dua exit masuk/keluar ke stasiun MTR Tsim Tsa Tsui yang sangat dekat dengan masjid, kita tinggal berjalan menuju Masjid Kowloon.  Ataupun bisa juga naik bus dan turun pas di halte yang persis berada di depan masjid.

Suzan di depan Masjid

Menariknya jika berkunjung ke Masjid ini kita bisa menemukan banyak makanan Halal. Apabila keluar dari masjid, ada banyak pusat perbelanjaan lengkap dengan beragam restoran yang menjual makanannya halal untuk dikonsumsi.

Jika berada di Hong Kong, sempatkan untuk berkunjung dan shalat disini ya.

Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong
Alamat : 105 Nathan Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong
Jam Buka: 05:00 – 22:00
HTM: Free

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

17 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com