Star Entrance Kowloon Park
Hongkong,  Lifestyle,  Travelling

Menikmati Keindahan Kowloon Park Hong Kong

Sharing is caring!

Hong Kong memang terkenal dengan wisata belanja, salah satu kawasan wisata belanjanya adalah Kowloon. Di kawasan ini juga terdapat Kowloon Park Hong Kong yang terkenal. Sehingga selain bisa menikmati wisata belanja di beragam kompleks perbelanjaan serta brand ternama disini juga bisa berwisata mengelilingi taman yang menjadi oase di tengah tingginya gedung pencakar langit Hong Kong.

Wisata di Kowloon Park

Kowloon Park merupakan salah satu taman terbesar  yang ada Hong Kong, taman ini berada di kawasan Kowloon, tepatnya di zona pusat Tsim Sha Tsui, Hong Kong. Taman ini terkenal sebagai “paru-paru hijau” di Hong Kong dengan luas area taman yakni 13,5 hektar.

Kowloon Park Hong Kong
Kowloon Park Hong Kong

Taman bertema China klasik ini diresmikan oleh Gubernur, Sir David Trench pada 24 Juni 1989. Kowloon Park ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh masyarakat lokal Hong Kong maupun turis dari mancanegara.

Taman ini terkenal dengan keindahannya disini terdapat air mancur, bunga, kolam ikan, aneka jenis hewan mulai dari unggas, burung, flamingo, kura-kura hingga tempat olahraga seperti sepakbola dan kolam renang.

Kowloon Park Entrance
Kowloon Park Entrance

Ada banyak entrance atau pintu masuk ke Kowloon Park, ada yang langsung menuju kawasan Swimming Pool  disini juga terdapat area bermain sepakbola. Ada juga pintu masuk yang berhadapan Nathan Road disini terdapat pintu masuk yang mengarah langsung ke Avenue of Comic Stars.

Jika masuk melalui pintu ini kita bisa berjalan di Avenue of Comic Stars sambil menikmati  30 patung karakter kartun di sepanjang jalan 100 meter dengan tinggi patung bervariasi mulai 1,8 hingga 3 meter.

Hong Kong Avenue of Comic Stars
Hong Kong Avenue of Comic Stars

Ada juga entrance yang langsung menuju ke taman kawasan hijau. Karena area taman ini sangat luas lebih baik perhatikan  map terlebih dahulu agar mengetahui berada di zona mana sehingga tidak tersasar.

Para pengunjung bisa masuk ke kawasan Kowloon Park ini sejak pukul 5 pagi hingga pukul 12 malam dan tidak dikenakan biaya sepeser pun. Hanya saja pengunjung diharapkan tetap mengikuti peraturan yang berlaku disini.

Star Entrance Kowloon Park
Star Entrance Kowloon Park

Pengunjung yang datang ke taman ini bisa melakukan jogging, senam maupun tai chi. Mulai dari yang sendirian hingga berkelompok.

Taman ini juga sangat bersih dan tersedia toilet. Jika datang di hari minggu kita akan bertemu para TKW asal Indonesia yang berkumpul dan tentunya kita bisa membeli makanan khas indonesia di sini.

Senam Taichi

Hal yang bisa dilakukan di Kowloon Park

Di Kowloon Park ini hampir segalanya ada. Kawasan ini terbagi antara taman dan area lainnya. Disini kita bisa menemukan Chinesse Garden Pond yakni taman dengan nuansa pagoda Cina kecil dan danau kecil.

Chinese Garden Kowloon Park
Chinese Garden Kowloon Park

Bagi yang ingin menikmati kawasan hijau, bisa masuk ke dalam labirin yang terawat baik disini. Ada beberapa jalur labirin yang membuat kita bisa berjalan dan mencari pintu keluar dari labirin tersebut.

Di area Kowloon Park ini terdapat banyak tempat duduk untuk para pengunjung sehingga bisa istirahat sebelum melanjutkan mengeksplore wilayah ini.

Kowloon Park Hong Kong
Kowloon Park Hong Kong

Para pengunjung bisa mengunjungi taman burung di Aviary yang memamerkan berbagai macam burung yang dilindungi negara. Kicauan suara burung bisa dinikmati secara gratis alias tanpa biaya ya.

Salah satu yang paling dicari di Kowloon Park adalah tentunya melihat flamingo merah muda di sekitar danau. Hanya saja pengunjung tidak bisa memberi makan hewan-hewan yang berada disini.

Flamingo di Kowloon Park
Flamingo di Kowloon Park

Di kawasan ini juga terdapat Piazza yang biasa menjadi pusat acara reguler dan pertunjukan langsung, termasuk berbagai festival yang digelar disini Tiongkok. Bahkan jika berkunjung pada hari Minggu, antara 02.30 dan 04.30 sore, kita bisa melihat demonstrasi tarian naga dan berbagai seni bela diri.

Jika kita terus berjalan kita akan bertemu dengan taman yang memamerkan aneka jenis bunga mawar warna warni mulai dari yang masih kuncup hingga yang sudah mekar. Selain itu yang tidak kalah seru ada playground untuk anak-anak bermain.

Playground Kowloon Park
Playground Kowloon Park

Fasilitas Olahraga Taman Kowloon

Kawasan Kowloon Park Hong Kong ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga Kowloon Park Sports Centre, mulai dari kolam renang indoor maupun kolam renang outdoor.

Kolam Renang di Kowloon Park
Kolam Renang di Kowloon Park

Untuk kolam renangnya terdapat tiga kolam berbeda terdiri dari berbagai kedalaman dan termasuk juga untuk area berjemur. Kawasan ini juga sangat bersih dan ramai dikunjungi saat musim panas.

Ada juga taman bermain Discovery Park terletak di tengah-tengah canon dan turret. Di kawasan ini juga terdapat Underground zone untuk area bermain sepakbola.

Area Sepakbola Kowloon Park
Area Sepakbola Kowloon Park

Park Lane Shopper’s Boulevard Kowloon 

Bagi yang berada di kawasan Kowloon Park, jangan melewatkan untuk berbelanja di Park Lane Shopper’s Boulevard. Salah satu tempat utama berbelanja di Tsim Sha Tsui ini berdiri berbagai jenis pusat perbelanjaan mulai dari merek internasional dan lokal.

Di jalan sepanjang 300 meter ini terdapat sekitar 50 toko mulai dari toko fashion, aksesoris, pakaian olahraga, sepatu, tas, koper hingga barang elektronik seperti kamera atau ponsel.  Kawasan pertokoan ini buka setiap hari mulai dari pukul 10:30 pagi hingga 11:00 malam.

Park Lane Shopper's Boulevard Kowloon 
Park Lane Shopper’s Boulevard Kowloon

Setelah di akhir “boulevard” ini, kita bisa melihat pintu masuk Kowloon Park. Sehingga bagi yang ingin beristirahat atau bersantai setelah berbelanja, bisa langsung berjalan-jalan dan menjelajahi Kowloon Park.

Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong

Di sudut Kowloon Park ini terdapat Masjid Kowloon yang menjadi pusat ibadah umat Islam terbesar di Hong Kong. Masjid dengan arsitektur khas yakni empat menara dan kubah berwarna putih mampu menampung hingga 3500 jamaah. Sehingga bagi umat Islam bisa beribadah disini sembari bertemu dengan sesama Muslim di Hong Kong.

Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong
Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong

Baca juga : Wisata Religi di Masjid Kowloon dan Islamic Center Hong Kong

Hong Kong Heritage and Discovery Centre

Bagi yang berwisata sejarah, di kawasan Kowloon Park ini terdapat barak Inggris. Bangunan kolonial dengan arsitektu yang indah kini menjadi Hong Kong Heritage and Discovery Centre.  Di sini kita bisa mengetahui asal-usul Hong Kong hingga melihat harta karun arkeologis yang berasal dari 6000 tahun.

Hong Kong Heritage and Discovery Centre
Hong Kong Heritage and Discovery Centre

Cara ke Kowloon Park Hong Kong 

Jika tinggal di kawasan Tsim Sha Tsui, kita bisa berjalan saja ke Kowloon Park. Namun jika tidak tinggal di kawasan ini, kita bisa naik kereta MTR, dengan tujuan Tsim Sha Tsui lalu kita turun di Exit A MTR Tsim Tsa Tsui.  Selain itu kita juga bisa naik bus dan turun pas di halte yang persis berada di depan masjid Masjid dan berjalan saja menuju Kowloon Park.

Kowloon Park ini memang jadi tempat favorite masyarakat Hong Kong maupun turis untuk menikmati sisi lain dari Hong Kong. Udara yang bersih, segar dan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Taman ini bisa menjadi salah satu wisata yang cocok dilakukan bersama anak-anak atau keluarga.

Star Entrance Kowloon Park
Star Entrance Kowloon Park

Tentunya menarik untuk dijelajahi, jika sedang berada di Hong Kong sempatkan mengeksplore keindahan Kowloon Park.

Kowloon Park Hong Kong
Alamat : Kowloon Park Sports Centre, Austin Rd, Tsim Sha Tsui, Hong Kong
Jam Buka: 05:00 – 00:00
HTM: Free

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com