Travelling

Masjid Agung An-Nur “Taj Mahal” di Pekanbaru

Sharing is caring!

Ini adalah kunjungan kedua ke Pekanbaru. Saat pertama kali berkunjung di tahun 2008, saya begitu terpesona dengan keindahan Masjid Agung An-Nur Pekanbaru. Kala itu saya hadir sebagai tamu undangan pernikahan, sehingga bisa menyaksikan akad nikah di Masjid Agung An-Nur ini.

Idul Adha di Pekanbaru

Di liburan Pekanbaru kali ini saya meminta kepada adik dan suaminya untuk mengantarkan kami berkunjung ke Masjid Agung An-Nur. Jadi ini adalah ketiga kali saya bertamu ke masjid ini.

Idul Adha di Pekanbaru

Taj Mahal Pekanbaru 

Masjid Agung An-Nur desainnya mirip seperti Taj Mahal. Tentu tidak bisa dipungkiri, jika kita melihat arsitektur Masjid Agung An-Nur ini, mirip seperti Taj Mahal, India. Terutama jika kita berkunjung di malam hari, pasti kita akan melihat Masjid An-Nur ini sama seperti bangunan yang dibangun oleh Sultan Shah Jahan sebagai bukti kecintaan kepada istrinya Mumtaz Mahal.

Masjid An-Nur yang berdiri pada 1964 mengalami renovasi besar-besaran pada 2002. Mulai dari kolam yang dibangun mirip Taj Mahal, menara masjid yang menjadi pilar di kiri kanan Masjid An-Nur membuat kita seolah-olah seperti di India. Hal ini menjadikan Masjid ini sebagai objek wisata religius yang wajib dikunjungi jika ke Pekanbaru.

Masjid Agung An-Nur1

Masjid yang terletak di pusat kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Hangtuah ini, setiap harinya ramai dikunjungi masyarakat baik untuk beribadah maupun untuk berwisata, bermain di taman atau di kolam masjid.  Sayang saat kami berkunjung air mancur di depan masjid  ini tidak dinyalakan.

Jika berkunjung di hari Minggu pagi, yang akan ditemukan aktivitas jual beli, karena banyak yang menggelar dagangan di halaman masjid. Aktivitas akan semakin meningkat di bulan Ramadhan, disini banyak yang menjual tajil, hidangan untuk buka puasa.

Jadi sekarang tidak harus ke India untuk melihat Taj Mahal, di Indonesia pun ada. So, bagi yang berwisata ke Pekanbaru, jangan lupa memasukkan dalam list itinerary mengunjungi objek wisata religius ini.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar